Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tenggorokan Kering: Penyebab & Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Tenggorokan kering adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari yang ringan hingga serius. Berikut adalah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi gangguan tenggorokan ini!

Penyebab Tenggorokan Kering dan Cara Mengatasinya

Tenggorokan Anda menjadi kering karena beberapa alasan berikut:

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama tenggorokan kering adalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Beberapa gejala dehidrasi yang dapat muncul antara lain:

  • Mulut kering
  • Rasa haus yang berlebihan
  • Urine berwarna lebih gelap
  • Kepala pusing
  • Tubuh terasa lelah

Cara mengatasi tenggorokan kering akibat dehidrasi adalah sebagai berikut:

  • Minum air putih secara cukup
  • Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air
  • Hindari minuman berkafein atau bersoda sementara waktu

2. Membuka Mulut saat Tertidur

Tenggorokan kering juga bisa disebabkan oleh kebiasaan membuka mulut saat tidur. Hal ini dapat mengeringkan liur di dalam mulut dan menimbulkan beberapa gejala, seperti napas bau dan mendengkur.

Cara mengatasi keringnya tenggorokan akibat membuka mulut saat tidur adalah sebagai berikut:

  • Jika disebabkan oleh hidung tersumbat, gunakan obat pelega pernapasan
  • Jika disebabkan oleh sleep apnea, lakukan terapi CPAP

3. Alergi

Reaksi alergi dapat menyebabkan tenggorokan kering. Beberapa gejala alergi yang mungkin muncul antara lain hidung berair, bersin, batuk, dan gatal pada mata, mulut, dan kulit.

Cara mengatasi tenggorokan kering akibat alergi adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan rumah secara rutin agar tidak ada debu yang menempel
  • Tempatkan hewan peliharaan di tempat khusus
  • Ganti sprei secara berkala
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan antihistamin, dekongestan, dan obat tetes mata

4. Pilek dan Flu

Pilek dan flu juga dapat menyebabkan tenggorokan kering. Beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi pilek dan flu serta keringnya tenggorokan adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi obat pereda nyeri, permen hisap, minum air hangat, berkumur air garam, dan menggunakan alat pelembap udara
  • Istirahat yang cukup

5. Refluks Asam Lambung (GERD)

Refluks asam lambung atau GERD dapat menyebabkan tenggorokan kering. Beberapa cara mengatasi GERD adalah dengan mengonsumsi antasida, H2 inhibitors, dan proton pump inhibitors. Selain itu, hindari makanan dan minuman pemicu refluks, makan dalam porsi kecil, menjaga berat badan, menggunakan pakaian yang longgar, tidak merokok, dan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh.

6. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri dan menyebabkan tenggorokan kering dan sakit. Cara mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik, obat pereda nyeri, berkumur air garam, dan menghisap permen pelega tenggorokan.

7. Tonsilitis

Tonsilitis dapat menyebabkan tenggorokan kering dan sakit. Cara mengatasi tonsilitis adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik atau antiviral, obat pereda nyeri, banyak minum air, berkumur air garam, dan istirahat yang cukup. Pada kasus yang parah, tonsilitis mungkin memerlukan operasi pengangkatan amandel.

8. Mononukleosis

Mononukleosis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menyebabkan tenggorokan kering. Cara mengatasi mononukleosis adalah dengan banyak minum air, istirahat yang cukup, mengonsumsi obat pereda nyeri, dan menghisap permen pelega tenggorokan.

9. Obat-Obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan tenggorokan kering sebagai efek sampingnya. Jika kondisi ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter.

10. Merokok

Kebiasaan merokok dapat membuat tenggorokan menjadi kering. Hentikan kebiasaan merokok untuk mengatasi masalah ini dan menghindari dampak negatif lainnya seperti peningkatan risiko kanker dan serangan jantung.

Referensi

  1. Anonim. Dry Throat. [sumber](https://www.healthgrades.com/right-care/ear-nose-and-throat/dry-throat) (Diakses pada 24 Maret 2020)
  2. Burgess, L. 2018. How do you cure a dry throat? [sumber](https://www.medicalnewstoday.com/articles/321201) (Diakses pada 24 Maret 2020)
  3. Valeo, T. Get to the bottom of your sore throat. [sumber](https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/get-to-the-bottom-of-your-sore-throat#1) (Diakses pada 24 Maret 2020)
  4. Watson, S. 2017. What Causes Dry Throat, and How Is It Treated? [sumber](https://www.healthline.com/health/dry-throat) (Diakses pada 24 Maret 2020)

About The Author

Mengenal Mansplaining dan Dampaknya pada Kesehatan Mental Wanita