Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Aman atau Tidak Ibu Hamil Makan Pedas?

Myles Bannister

Menjaga makanan selama hamil penting untuk ibu hamil. Lantas, boleh atau tidak ibu hamil makan pedas? Untuk mengetahui aman atau tidaknya makanan pedas selama hamil, yuk simak pembahasan di artikel ini!

Risiko Berbahaya Makanan Pedas bagi Ibu Hamil

Berikut ini beberapa efek samping jika ibu hamil mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan:

1. Sakit Perut

Mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak bisa menyebabkan ibu hamil merasakan sakit perut. Terlebih lagi jika diketahui makanan pedas juga dapat menghasilkan gas sehingga perut akan terasa kembung setelah makan pedas.

Jika ibu hamil memiliki riwayat radang usus sebelumnya, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

2. Heartburn

Merasakan heartburn, perih, dan panas merupakan hal yang wajar terjadi selama kehamilan. Kondisi tersebut juga dapat terjadi ketika ibu hamil mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak.

Apalagi jika ibu hamil tidak terbiasa mengonsumsi makanan pedas sebelumnya. Jika merasakan heartburn setelah makan pedas, sebaiknya berhenti mengonsumsi makanan pedas atau mengurangi porsi makanan pedas.

3. Morning Sickness

Mengalami rasa mual di pagi hari (morning sickness) dapat terjadi setelah ibu hamil mengonsumsi makanan pedas. Hal tersebut juga dapat disebabkan perubahan kadar hormon yang mengakibatkan rasa mual, sakit perut, dan muntah selama hamil.

Untuk itu, ibu hamil perlu mengenali setiap perubahan rasa seperti rasa pedas untuk mencegah atau memicu munculnya atau memperparah morning sickness.

Bolehkah ibu makan pedas saat hamil?

Selama kehamilan, ibu hamil perlu menjaga makanan yang akan dikonsumsi karena makanan tertentu dapat membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Namun, apakah makanan pedas saat hamil boleh dilakukan?

Makanan pedas tidak termasuk dalam daftar makanan yang perlu dihindari selama hamil. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan pedas saat hamil. Meskipun boleh mengonsumsi makanan pedas, ibu hamil perlu ingat untuk tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi agar pertumbuhan dan perkembangan janin tetap terjaga.

Selain itu, sampai saat ini belum ada penelitian yang mendukung bahwa makan pedas saat hamil berbahaya bagi ibu hamil dan dapat menyebabkan keguguran atau lahir prematur.

Mitos mengenai makanan pedas saat ibu hamil tua dapat menyebabkan proses persalinan lebih cepat juga belum terbukti kebenarannya. Oleh karena itu, ibu hamil tidak perlu takut atau ragu untuk mengonsumsi makanan pedas selama tidak berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak dapat memengaruhi kondisi ibu hamil.

Apakah makan pedas saat hamil memengaruhi bayi?

Bayi dapat merasakan asam, pahit, manis, dan pedas melalui cairan ketuban. Terutama ketika kehamilan sudah memasuki trimester kedua, di mana indera perasa janin sudah berkembang. Oleh karena itu, bayi sudah dapat mencicipi berbagai rasa dari setiap makanan yang dikonsumsi ibunya.

Meski begitu, ibu hamil tidak perlu khawatir karena belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makan pedas berbahaya bagi perkembangan janin di kandungan.

Justru dengan makan pedas, dapat membantu mengembangkan toleransi indera pengecap pada janin ketika ia dewasa nanti.

Tips makan pedas untuk ibu hamil

Apabila ibu hamil ingin makan pedas, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Memastikan tidak memiliki masalah kesehatan dan diperbolehkan untuk makan pedas
  2. Menjaga pola makan tetap seimbang selama hamil agar bayi di dalam kandungan tetap mendapatkan nutrisi penting
  3. Menyediakan segelas susu sebelum makan pedas untuk membantu meminimalisir rasa mual akibat asam lambung
  4. Mengonsumsi satu sendok makan madu untuk mencegah maag setelah ibu hamil selesai makan pedas
  5. Sebelum mencoba makan dalam porsi besar, mencicipi terlebih dahulu makanan yang akan dimakan. Apabila ibu hamil kuat menghadapi rasa pedasnya, baru mencoba makan dalam porsi penuh

Nah, itulah pembahasan mengenai bahaya makanan pedas bagi ibu hamil hingga tips makan pedas yang aman untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu hamil yang ingin makan pedas selama hamil.

Apabila setelah ibu hamil merasakan efek samping akibat mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi makanan pedas. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Referensi

  1. McDonald, Edwin. 2018. A hot topic: Are spicy foods healthy or dangerous?. https://www.uchicagomedicine.org/forefront/health-and-wellness-articles/spicy-foods-healthy-or-dangerous. (Diakses pada 7 Juni 2023).
  2. Anonim. 2019. How Can I Deal With Heartburn During Pregnancy?. https://kidshealth.org/en/parents/heartburn.html. (Diakses pada 7 Juni 2023).
  3. Anonim. Diet During Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/diet-during-pregnancy/. (Diakses pada 7 Juni 2023).
  4. Anonim. 2022. 1st trimester pregnancy: What to expect. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20047208. (Diakses pada 7 Juni 2023).

About The Author

Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan Intim

25 Makanan Tinggi Kalori & Cara Menghitung Kebutuhan Kalori