Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Telat Makan Bisa Menyebabkan Tipes? Ini Faktanya!

Myles Bannister

Kaitan antara telat makan dengan tipes

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhii.

Gejala tipes yang paling umum adalah demam tinggi namun dengan suhu yang naik turun. Perubahan suhu tubuh biasanya terlihat di sore dan malam hari. Penderitanya juga mengalami nyeri otot parah, tubuh menggigil, sakit perut, gangguan pencernaan, sensasi lelah berlebihan, dan sakit kepala.

Telat makan bukan penyebab tipes. Telat makan menyebabkan kenaikan asam lambung atau gangguan pencernaan lainnya.

Penyebab tipes yang perlu diwaspadai

Tipes biasanya baru menunjukkan gejala satu atau tiga minggu setelah infeksi awal terjadi. Kita harus waspada terhadap penyebab utama dari tipes.

Berikut adalah penyebab paling sering dari penyakit ini.

Jajan sembarangan

Tipes seringkali disebabkan oleh jajan sembarangan. Kebiasaan ini bisa membuat kita menelan bakteri salmonella typhi yang mencemari makanan atau minuman tersebut.

Bakteri penyebab penyakit ini biasanya ditemukan di air yang terkontaminasi dengan kotoran manusia. Bakteri ini bisa menempel pada makanan atau minuman. Anak kecil lebih rentan terkena tipes.

Tidak menjaga kebersihan makanan

Jika kita tidak menjaga kebersihan dari makanan yang kita masak sendiri, risiko terkena tipes akan meningkat. Makanan yang tidak ditutup atau ditempatkan di lokasi yang aman bisa tercemar bakteri.

Kita harus berhati-hati jika mengolah ikan dan makanan laut lainnya karena air yang digunakan pun bisa terkontaminasi bakteri salmonella typhi. Pastikan mencuci tangan setelah memegang makanan mentah dan membersihkan peralatan memasak setelah digunakan.

Minum air kotor

Hati-hati jika kita minum air yang dibeli di luar rumah, terutama jika es batunya tidak diolah dari air matang. Es batu bisa mengandung bakteri salmonella typhi yang menyebabkan tipes. Perhatikan juga cara pencucian peralatan makan yang digunakan. Jika tidak dicuci dengan air yang baik, bisa rentan terkena tipes atau gangguan pencernaan lainnya.

Sering menggunakan toilet kotor

Jika kita menggunakan toilet yang kotor atau tercemar kotoran penderita tipes yang tidak dibersihkan, berisiko terkena tipes. Jika tidak mencuci tangan dan bagian tubuh lainnya dengan sabun setelah menggunakannya, risiko semakin tinggi.

Tips mencegah tipes

Rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah menggunakan toilet.

Hindari jajan makanan atau minuman sembarangan. Pastikan mencuci buah atau sayuran yang akan dimakan dengan kondisi mentah.

About The Author

7 Obat Pelangsing yang Aman dan Tips Memilihnya

15 Titik Rangsang Ini Bikin Seks Menggairahkan, No. 11 Tak Disangka!