Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Zumba bagi Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Zumba adalah jenis senam kebugaran yang diperkenalkan di Amerika Serikat oleh seorang penari asal Kolombia bernama Alberto “Beto” Perez pada tahun 2001. Senam zumba memadukan gerakan aerobik dengan gerakan tarian Amerika Latin seperti salsa dan diiringi oleh musik yang ceria mulai dari lagu Latin hingga Hip-hop. Aktivitas ini mudah dan menyenangkan, sehingga banyak peminat di seluruh dunia.

Manfaat Zumba bagi Kesehatan Tubuh

Senam zumba memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Melatih Otot-Otot Tubuh

Gerakan zumba melibatkan hampir semua bagian tubuh, mulai dari lengan hingga kaki. Idealnya, gerakan zumba dilakukan secara perlahan dengan mengikuti arahan instruktur senam.

2. Melatih Kekuatan Jantung

Zumba dapat melatih jantung agar tetap kuat dan berfungsi baik. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan zumba bisa mencapai persentase detak jantung maksimal atlet profesional, serta persentase penyerapan oksigen maksimal atlet profesional.

3. Melatih Koordinasi Tubuh

Zumba melibatkan gerakan lengan dan kaki yang berbeda, sehingga membutuhkan koordinasi yang baik. Melakukan zumba secara rutin dapat meningkatkan koordinasi tubuh dan membuat Anda lebih nyaman dalam menggerakkan tubuh.

4. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Zumba dapat membuat tubuh lebih fit dan tidak mudah lelah. Namun, manfaat ini hanya bisa dirasakan jika senam zumba dilakukan secara rutin.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Zumba dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan zumba selama beberapa minggu dapat menurunkan tekanan darah.

6. Meredakan Nyeri pada Tubuh

Zumba dapat meredakan nyeri atau pegal-pegal pada tubuh. Melakukan zumba secara rutin dapat membuat tubuh lebih tangguh dan tidak mudah mengalami rasa nyeri.

7. Memperbaiki Mood

Zumba dapat membantu memperbaiki mood atau suasana hati. Aktivitas fisik yang dipadukan dengan musik ceria dapat meningkatkan pelepasan hormon endorfin alias hormon bahagia.

8. Menghilangkan Stres

Zumba dapat menghilangkan stres. Aktivitas ini dapat meredakan stres dan membuat Anda merasa lebih bahagia setelah seharian beraktivitas di kantor.

9. Menurunkan Berat Badan

Zumba dapat membantu menurunkan berat badan. Melakukan zumba akan membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Satu sesi zumba bisa membakar sekitar 369 kalori.

10. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh

Zumba dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh. Melakukan zumba secara rutin dapat menjaga metabolisme tubuh agar tetap baik.

11. Menambah Teman

Zumba dapat menjadi kesempatan untuk bertemu dan berteman dengan orang baru.

12. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Zumba dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan membentuk berat badan dan postur tubuh yang ideal.

13. Meningkatkan Kepedulian akan Kesehatan Tubuh

Zumba dapat meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan tubuh. Melakukan zumba secara rutin menunjukkan kepedulian terhadap kebugaran tubuh.

14. Meminimalisir Risiko Penyakit Kronis

Zumba dapat mencegah atau meminimalisir risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Melakukan zumba secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

15. Menjaga Fungsi Sistem Pernapasan

Zumba dapat melatih dan menjaga kesehatan serta fungsi sistem pernapasan. Melakukan zumba secara rutin dapat menjaga kerja sistem pernapasan yang optimal.

Zumba adalah aktivitas yang mudah dilakukan dan menyenangkan. Anda dapat mencoba zumba dan merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Referensi

  1. Piedmont.org. 7 Health Benefits of Zumba. https://www.piedmont.org/living-better/7-health-benefits-of-zumba
  2. CapCana. 2016. 15 Amazing Benefits of Zumba that Will Make You Dance Your Way to Weight Loss. http://capcana.com/news/15-amazing-benefits-of-zumba-that-will-make-you-dance-your-way-to-weight-loss/
  3. Iliades, C. 2011. Getting Fit With Zumba. https://www.everydayhealth.com/fitness/getting-fit-with-zumba.aspx
  4. Kelly, E. 2018. The Surprising Health Benefits of Zumba. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-zumba#3
  5. Williams, L. 2020. What is Zumba? https://www.verywellfit.com/zumba-pros-cons-and-how-it-works-4688722

About The Author

Kanker Serviks Stadium 2: Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

10 Penyebab Tubuh Menggigil dan Cara Mengatasinya