Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Amankah Pijat Ibu Hamil Dilakukan? Ini Tipsnya

Myles Bannister

Ibu hamil biasanya merasakan pegal-pegal, badan terasa kaku, dan tidak nyaman. Pijat dapat membantu mengatasi hal tersebut dan membuat tubuh lebih rileks. Namun, apakah pijat aman dilakukan saat hamil? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Bolehkah Melakukan Pijat Pada Ibu Hamil?

Jika ibu hamil merasa tidak nyaman, kaku, dan pegal-pegal karena perubahan bentuk tubuh saat hamil, sebaiknya menghindari penggunaan obat penghilang nyeri. Alternatifnya adalah melakukan pijat kehamilan untuk membantu mengatasi perubahan tersebut.

Dengan pijat prenatal, selain meredakan nyeri otot, juga dapat mengatasi stres dan pembengkakan pada tangan dan kaki. Pijat ini dapat dilakukan kapan saja selama trimester kehamilan.

Terapis biasanya tidak akan memijat wanita yang hamil muda atau pada trimester pertama karena risiko keguguran. Pijat prenatal biasanya dilakukan mulai dari trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Meskipun pijat saat hamil diperbolehkan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, terutama untuk ibu hamil dengan risiko kehamilan. Masih belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan bahwa pijat saat hamil sepenuhnya aman.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti sakit kepala parah, preeklampsia, komplikasi kehamilan, hipertensi, atau pembengkakkan yang parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pijat kehamilan.

Sejumlah Manfaat Pijat untuk Ibu Hamil

Penelitian mengenai manfaat pijat untuk ibu hamil masih terbatas, namun berikut beberapa manfaat yang mungkin dirasakan:

  • Membantu tidur lebih nyenyak
  • Meningkatkan aliran darah
  • Membantu perbaikan sistem limfatik
  • Membantu mengendurkan otot yang tegang
  • Mengurangi cemas dan stres

Di samping manfaat di atas, pijat saat hamil juga dapat meningkatkan kadar oksitosin, endorfin, dopamin, dan serotonin yang dapat memengaruhi tingkat kebahagiaan.

Tips Aman Pijat Pada Ibu Hamil

Jika Anda ingin melakukan pijat saat hamil, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelumnya:

  • Berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi kesehatan Anda aman
  • Pilihlah terapis yang berpengalaman dan bersertifikasi
  • Pijat swedia dapat menjadi pilihan untuk mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan hormon. Pijat ini juga dapat mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah dengan tekanan ringan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum mencoba pijat. Jika setelah pijat kondisi Anda tidak membaik atau terjadi kesalahan yang membahayakan kehamilan, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi

  1. Anonim. Prenatal Massage Therapy. [https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/is-it-safe/prenatal-massage/]. Diakses pada 23 Mei 2023.
  2. Anonim. Pampering in pregnancy: massages, facials and spas. [https://www.nct.org.uk/pregnancy/exercise-and-fitness/pampering-pregnancy-massages-facials-and-spas]. Diakses pada 23 Mei 2023.
  3. Anonim. Is massage safe during pregnancy?. [https://utswmed.org/medblog/massage-pregnancy-guidelines/#]. Diakses pada 23 Mei 2023.

About The Author

Manfaat Konsumsi Labu Siam untuk Ibu Hamil

Kifosis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, Pencegahan, dll