Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Gigi Tonggos: Penyebab, Risiko, dan Cara Mengatasi

Myles Bannister

Kondisi gigi tonggos dalam kehidupan sehari-hari

Gigi tonggos atau gigi yang tonggos pada banyak orang tidak membuat kesehatannya terganggu. Terkadang, kondisi ini hanya mengganggu penampilan. Beberapa orang memilih untuk hidup dengan biasa tanpa mempedulikan kondisi ini.

Salah satu contoh tokoh dunia yang memiliki overbite (gigi tonggos) adalah Freddie Mercury. Meski memiliki gigi tonggos, ia tetap bisa hidup dengan baik dan bahkan menjadi penyanyi terkenal. Hal ini membuktikan bahwa kondisi ini hanya mengganggu penampilan saja.

Walaupun hanya mengganggu penampilan, beberapa orang merasa terganggu dengan kondisi ini. Oleh karena itu, mereka melakukan beberapa metode penanganan agar rahang atas tidak terlalu maju dan bisa sejajar dengan rahang bawah. Proses penanganan biasanya memakan waktu bertahun-tahun.

Penyebab gigi tonggos

Gigi tonggos tidak terjadi begitu saja. Penyebab yang paling sering adalah faktor keturunan. Jika orang tua memiliki gigi tonggos, anak-anak mereka pun kemungkinan besar akan mengalami kondisi serupa. Selain itu, kondisi overbite juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya.

Inilah beberapa penyebab gigi tonggos:

Sering mengisap jari tangan

Jika saat balita anak sering mengisap jari tangannya saat lapar atau haus, kemungkinan besar ia akan mengalami overbite.

Hal ini disebabkan oleh tekanan kuat di rahang selama beberapa jam yang berlangsung bertahun-tahun saat menggigit jari tangan. Tulang anak-anak juga masih belum kuat seperti orang dewasa.

Jangan biarkan anak terus-menerus mengisap jari tangannya selama berjam-jam. Jika dibiarkan, kemungkinan terjadi overbite akan semakin besar. Meskipun pada awalnya tidak terlihat perubahan yang jelas, perbedaannya akan terlihat ketika anak tumbuh dewasa.

Tekanan kuat dari lidah

Tekanan kuat dari lidah ke rahang atas atau bawah sering terjadi pada anak-anak. Mereka yang sering memainkan lidahnya ke atas dan ke bawah berisiko mengalami overbite atau open bite (bagian bawah). Hindari anak memiliki kebiasaan ini jika tidak ingin mereka mengalami masalah gigi.

Genetik

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, faktor genetik juga berkontribusi pada kondisi overbite pada generasi berikutnya. Kondisi tonggos ini tidak dapat dicegah jika berasal dari orang tua. Namun, bisa diatasi saat masih anak-anak.

Masalah pada gigi

Masalah pada gigi seperti gigi yang tumbuh tidak sempurna dapat menyebabkan rahang agak maju ke depan. Misalnya, seseorang memiliki gigi yang tumbuh terlalu banyak atau tumbuh lebih sedikit sehingga ukurannya lebih besar. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja dan masih memungkinkan dilakukan penataan gigi. Orang dengan gigi tonggos ini dapat menjalani kehidupannya dengan baik selama gigi tidak sakit atau tidak ada masalah di area rahang.

Tumor atau kista di mulut atau rahang

Penyebab gigi tonggos lainnya adalah adanya kista atau tumor di dalam mulut atau rahang. Kista atau tumor akan membuat rahang tertekan ke depan akibat pembesaran jaringan baru. Jika kondisi ini terjadi pada anak yang masih muda, kemungkinan gangguan rahang akan semakin besar seiring waktu berjalan.

Berbeda dengan overbite yang disebabkan oleh faktor genetik, overbite ini dapat menyebabkan beberapa gangguan pada mulut, terutama rasa nyeri. Seseorang dapat merasakan nyeri yang kuat dan kadang tidak tertahankan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan operasi pengangkatan kista atau tumor.

Risiko gigi tonggos

Secara umum, tidak ada masalah atau risiko kesehatan yang signifikan yang muncul akibat gigi tonggos. Namun, terdapat beberapa kondisi yang perlu diwaspadai, yaitu:

  • Gangguan saat berbicara
  • Masalah pada pernapasan
  • Kesulitan saat mengunyah dan tidak efisien
  • Kemungkinan kerusakan pada gusi dan gigi lain akibat tidak sejajar. Perdarahan saat makan dapat terjadi
  • Nyeri saat mengunyah sehingga beberapa orang hanya mampu makan dalam porsi sedikit
  • Perubahan bentuk wajah. Kondisi ini menjadi perhatian bagi mereka yang ingin menjadi publik figur seperti artis, penyiar, atau model

Cara mengatasi gigi tonggos

Gigi tonggos dapat ditangani dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Memasang kawat gigi dan memberikan tekanan perlahan-lahan agar rahang tertarik ke belakang
  • Menggunakan Invisalign atau pemasangan alat di antara gigi dengan melakukan molding terlebih dahulu. Metode ini lebih mahal dibandingkan dengan penggunaan kawat gigi
  • Melakukan operasi rahang untuk memodifikasi rahang. Metode ini dilakukan jika beberapa metode sebelumnya tidak berhasil
  • Jika penyebab gigi tonggos ini adalah tumor, operasi juga harus dilakukan untuk mengangkat tumor yang berbahaya tersebut

Inilah beberapa ulasan tentang gigi tonggos yang sering terjadi pada beberapa orang. Meskipun tidak semua orang melakukan penanganan, kondisi gigi tonggos hanya mengganggu secara estetik. Selama gigi dirawat dengan baik, tidak akan menyebabkan masalah. Jika gigi tonggos disebabkan oleh gangguan penyakit tertentu, segera atasi agar tidak semakin parah.

Inilah beberapa ulasan tentang gigi tonggos yang sering terjadi pada beberapa orang. Meskipun tidak semua orang melakukan penanganan, kondisi gigi tonggos hanya mengganggu secara estetik. Selama gigi dirawat dengan baik, tidak akan menyebabkan masalah. Jika gigi tonggos disebabkan oleh gangguan penyakit tertentu, segera atasi agar tidak semakin parah.

About The Author

Tanda dan Penyebab Bengkak di Area Anus

Santa E – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping