Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Amankah Konsumsi Teh Hijau Saat Hamil?

Myles Bannister

Minum teh hijau dapat menghidrasi dan menenangkan selama kehamilan, tapi hati-hati pada kandungan kafein di dalamnya. Bolehkah minum teh hijau saat hamil? Simak ulasan berikut ini!

Amankah Minum Teh Hijau Saat Hamil?

Teh hijau atau green tea adalah salah satu jenis teh yang dibuat dari tanaman yang sama dengan teh hitam biasa dan tidak dianggap sebagai teh herbal. Jenis teh ini rendah kafein daripada kopi.

Secangkir teh hijau atau setara 8 ons mengandung sekitar 25 – 45 miligram kafein, tergantung seberapa kuat diseduh. Di sisi lain, secangkir kopi mengandung antara 95 dan 200 miligram kafein.

Teh hijau mengandung tinggi antioksidan yang disebut polifenol. Antioksidan mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mencegahnya merusak DNA di sel Anda. Apakah aman minum teh hijau saat hamil?

Minum teh hijau termasuk aman selama kehamilan, asalkan mengonsumsinya tidak berlebihan. American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan agar mengonsumsi kafein di bawah 200 miligram per hari selama kehamilan.

Mengingat teh hijau mengandung sekitar 25 miligram kafein per cangkir, Anda dapat menikmati beberapa cangkir setiap hari – selama tidak minum lebih dari satu cangkir kopi.

Teh hijau juga menyimpan senyawa tumbuhan seperti antioksidan, flavonoid, polifenol, dan katekin yang menyehatkan untuk kehamilan dan pasca-kehamilan.

Katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), membantu memblokir pembentukan tumor, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan tekanan darah, yang penting untuk menghindari komplikasi kehamilan seperti preeklampsia.

Katekin juga meningkatkan kesehatan jantung, mengekang peradangan, menurunkan kolesterol, dan membantu mencegah diabetes tipe 2 dan penumpukan lemak tubuh berlebih.

Teh hijau juga dapat mengurangi stres dan kecemasan berkat asam amino L-theanine, yang bermanfaat bagi wanita hamil.

Bahaya Minum Teh Hijau Berlebihan Saat Hamil

Mengonsumsi teh hijau memberikan manfaat selama kehamilan. Namun, beberapa penelitian terbaru di tahun 2021 menunjukkan bahwa minum minuman berkafein selama kehamilan dapat menimbulkan efek samping yang perlu Anda waspadai.

Mengkonsumsi kafein tingkat tinggi mungkin terkait dengan efek samping berikut:

  • Keguguran.
  • Bayi lahir mati (stillbirth).
  • Berat badan lahir rendah (BBLR)
  • Bayi lahir prematur.
  • Leukemia akut anak.

Kafein dapat membantu Anda tetap terjaga, tetapi juga meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Saat kehamilan berlanjut, kemampuan tubuh untuk memecah kafein melambat. Anda mungkin mengalami gelisah, susah tidur, atau mulas jika minum terlalu banyak.

Kafein juga bersifat diuretik, yang berarti menyebabkan tubuh melepaskan air. Meskipun minum sedikit teh hijau selama kehamilan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter tentang batasan asupan kafein. Ini termasuk teh hijau dan minuman berkafein lainnya.

Cara Aman Minum Teh Hijau Saat Hamil

Dokter mungkin akan menganjurkan ibu hamil membatasi konsumsi kafein hingga kurang dari 200 mg per hari. Jika dokter memperbolehkan ini, Anda dapat minum satu atau dua cangkir teh hijau setiap hari.

Tetap membatasi asupan kafein keseluruhan agar tetap di bawah batas yang direkomendasikan dokter. Hindari makanan atau minuman berkafein seperti cokelat, minuman ringan, kopi, teh hitam, dan minuman berenergi.

Jika tubuh Anda sensitif terhadap kafein tetapi masih ingin menikmati teh hijau, seduh teh selama 30 detik, buang airnya, kemudian isi ulang cangkir dengan air panas, biarkan sejenak, dan nikmati teh hijau rendah kafein ini.

Minum teh hijau saat hamil termasuk aman jika tidak berlebihan dan dengan berkonsultasi dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

Referensi

  1. Cafasso, Jacquelyn. 2023. Can I Drink Green Tea While Pregnant?. https://www.healthline.com/health/pregnancy/green-tea-while-pregnant (Diakses pada 30 Juni 2023)
  2. Levine, Hallie. 2021. Pregnancy-safe tea. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/herbal-teas-during-pregnancy_3537#:~:text=Green%20tea%3A%20Green%20teas%2C%20including,green%20tea%20a%20day%2C%20though. (Diakses pada 30 Juni 2023)
  3. Marsh, Lorna. Tanpa Tahun. Is it safe to drink green tea during pregnancy?. https://www.babycentre.co.uk/x568596/is-it-safe-to-drink-green-tea-during-pregnancy (Diakses pada 30 Juni 2023)
  4. Sybertz, Alyssa. 2021. “Can I Drink Green Tea While Pregnant?”. https://www.verywellfamily.com/can-pregnant-women-drink-green-tea-5200881 (Diakses pada 30 Juni 2023)

About The Author

Empiema: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Tanda Penyakit Jantung: Telapak Tangan Berkeringat?