Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tanda Lahir: Penyebab, Jenis, dan Cara Menghilangkan

Myles Bannister

Tanda lahir adalah perbedaan warna pada kulit yang muncul saat atau setelah lahir. Tanda tersebut dapat terjadi di mana saja pada tubuh dan bervariasi dalam warna, ukuran, penampilan, dan bentuk. Berikut ini adalah informasi tentang penyebab, jenis, dan cara menghilangkan tanda lahir.

Apa Itu Tanda Lahir?

Tanda lahir adalah perbedaan warna pada kulit yang muncul saat atau setelah lahir pada area tertentu tubuh. Kebanyakan tanda lahir tidak berbahaya, namun beberapa diantaranya menunjukkan adanya kondisi medis dasar. Beberapa tanda lahir dapat dihapus untuk alasan kosmetik.

Penyebab Tanda Lahir

Terdapat mitos yang menyatakan bahwa tanda lahir muncul karena keinginan ibu hamil selama masa mengidam tidak terpenuhi. Namun, tanda lahir tidak disebabkan oleh tindakan atau ketidaklakukan ibu hamil selama kehamilannya.

Pada kasus yang sangat jarang, bayi yang lahir dengan port-wine stains memiliki kondisi langka yang disebut Sindrom Klippel-Trenaunay. Kondisi ini disebabkan oleh mutasi genetik yang biasanya tidak diwariskan.

Kondisi langka lainnya adalah sindrom Sturge Weber, yang juga memiliki tanda port-wine stains dan disebabkan oleh mutasi gen yang berbeda. Kondisi ini tidak diwariskan.

Jenis Tanda Lahir

Tanda lahir terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu tanda vascular dan tanda berpigmen. Tanda vascular disebabkan oleh pembuluh darah yang tidak terbentuk dengan benar, sedangkan tanda berpigmen terjadi ketika ada lebih banyak sel pigmen di satu area kulit.

Tanda Lahir Vascular

Tanda lahir vascular disebabkan oleh pembuluh darah yang tidak normal di bawah kulit. Sekitar 40 persen bayi yang baru lahir mengalami tanda lahir ini. Tanda ini lebih sering terjadi di leher atau wajah dan memiliki beberapa jenis seperti patch salmon, hemangioma, dan port-wine stains.

Tanda Lahir Berpigmen

Tanda lahir berpigmen terjadi ketika ada lebih banyak pigmen di satu bagian kulit. Beberapa jenis tanda berpigmen meliputi tahi lalat (congenital nevi), café au lait spots, dan mongolian blue spots.

Cara Menghilangkan Tanda Lahir

Sebagian besar tanda lahir tidak berbahaya, tetapi bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang sehingga penghapusan menjadi opsi yang dipilih. Beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan tanda lahir adalah penggunaan beta-blocker, kortikosteroid, terapi laser, dan operasi.

  1. Obat beta-blocker seperti propranolol dapat digunakan untuk mengurangi ukuran atau penampilan hemangioma. Terapi laser juga dapat digunakan untuk menghilangkan tanda port-wine stains.
  2. Kortikosteroid dapat diminum atau disuntikkan langsung ke area kulit yang terdampak untuk membantu mengecilkan ukuran tanda lahir.
  3. Terapi laser dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada kulit dan mungkin memerlukan bius lokal. Metode ini lebih mahal dan harus dilakukan berulang kali.
  4. Pada kondisi yang merusak jaringan di sekitarnya, operasi pengangkatan mungkin diperlukan. Operasi juga dapat dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat.

Referensi

  1. Felman, Adam. 2019. What to know about birthmarks. https://www.medicalnewstoday.com/articles/174886. (Diakses pada 5 Juni 2020).
  2. Whelan, Corey. 2018. Everything You Need to Know About Birthmarks. https://www.healthline.com/health/birthmark#pictures. (Diakses pada 5 Juni 2020).

About The Author

8 Resep Minuman Segar untuk Menyegarkan Tubuh dan Pikiran