Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab dan Cara Mengatasi Pipi Tembem

Myles Bannister

Mengenali Penyebab Pipi Tembem

Pipi tembem sering kali membuat penampilan seseorang terlihat lebih gemuk. Salah satu penyebab pipi tembem adalah berat badan berlebih. Jika berat badan Anda di atas batas normal, wajah Anda akan terlihat gemuk.

Berikut adalah beberapa penyebab pipi tembem lainnya:

1. Asupan garam berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bukanlah satu-satunya penyebab pipi tembem. Asupan garam berlebihan juga dapat menyebabkannya. Selain mempengaruhi penampilan wajah, asupan garam berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti stroke atau penyakit jantung.

2. Retensi air

Retensi air pada wajah dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk, dehidrasi, sirkulasi darah yang tidak lancar, alergi, atau masalah medis lainnya. Kelebihan cairan di wajah dapat menyebabkan bengkak pada pipi.

3. Waktu tidur terbatas

Waktu tidur yang terbatas dapat membuat wajah kendur dan terlihat lelah serta bengkak.

4. Faktor keturunan

Penyebab pipi tembem juga dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Faktor keturunan berperan dalam membentuk wajah, termasuk kelebihan lemak di pipi.

5. Sindrom Cushing

Sindrom Cushing dapat menyebabkan wajah membulat, berbentuk bulan, kulit mudah memar, dan pertumbuhan bulu berlebih di beberapa area tubuh. Sindrom ini lebih umum terjadi pada wanita dan orang-orang yang menggunakan glukokortikoid.

Selain itu, sindrom Cushing juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti serangan jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan masalah lainnya.

6. Alergi

Alergi terhadap makanan, serbuk sari, obat-obatan, atau zat-zat tertentu dapat menyebabkan peradangan di wajah dan membuatnya membengkak.

7. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah. Menggunakan tabir surya atau lotion pelembap ringan dapat membantu menghindari pembengkakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

8. Selulitis

Selulitis adalah infeksi bakteri pada jaringan kulit yang bisa menyebabkan pembengkakan, kemerahan, kelembekan, dan rasa sakit di wajah jika terkena.

9. Gondongan

Gondongan dapat menyebabkan pembengkakan salah satu sisi wajah.

10. Rosacea

Rosacea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kemerahan, bintil, pembuluh darah tampak jelas, dan pembengkakan di pipi. Meredakan gejala rosacea dapat membantu mengurangi pembengkakan di pipi.

11. Konsumsi obat stereoid

Konsumsi obat stereoid dapat menyebabkan penahanan natrium di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh termasuk pipi.

12. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kelainan kelenjar tiroid yang bisa menyebabkan pipi tembem, kulit kering, berat badan meningkat, konstipasi, dan kelelahan.

13. Konsumsi makanan atau minuman manis berlebihan

Mengonsumsi makanan atau minuman manis dalam jumlah besar dapat menambah lemak tubuh dan membuat pipi terlihat lebih tembem.

14. Kurang berolahraga

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan lemak di pipi.

15. Infeksi sinus

Infeksi sinus dapat menyebabkan pembengkakan wajah dan membuat pipi terlihat tembem.

Cara Mengecilkan Pipi Tembem

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pipi tembem:

1. Tidur yang cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.

2. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dengan olahraga teratur dan mengubah pola makan dapat membantu mengecilkan pipi tembem.

3. Sedot lemak

Sedot lemak dapat menjadi pilihan untuk mengecilkan pipi tembem, namun perlu memperhatikan efek samping yang mungkin terjadi.

4. Gaya rambut

Mengubah gaya rambut dapat membantu memberikan kesan pipi yang lebih tirus.

About The Author

Tes Keperawanan, Adakah dalam Dunia Medis?

Resistance Training: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya