Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Micellar Water: Manfaat, Cara Pakai, Efek Samping, dll

Myles Bannister

Micellar water adalah salah satu tahapan dari perawatan kecantikan untuk membersihkan, melembapkan, dan menjaga kesehatan kulit. Ketahui manfaat micellar water untuk kulit serta kandungan dan cara menggunakannya.

Apa Itu Micellar Water?

Micellar water adalah salah satu produk perawatan kulit yang mengandung air murni, pelembap, dan surfaktan ringan untuk membersihkan kulit. Surfaktan ringan ini membentuk bola-bola mikroskopis yang dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih di kulit.

Usapan dari micellar water membersihkan bakteri atau kuman yang terjebak di pori-pori kulit tanpa membuat kulit menjadi kering. Produk micellar water juga melembapkan, membersihkan pori-pori, melembutkan, dan mengencangkan kulit.

Semua produk micellar water terbaik cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering dan kulit sensitif. Produk ini juga dapat digunakan tanpa dibilas. Produk micellar water direkomendasikan oleh ahli kecantikan sebagai produk perawatan kecantikan yang terbaik.

Kandungan Micellar Water

Pembersih micellar water mengandung air murni, pelembap seperti gliserin, serta surfaktan ringan yang berperan sebagai micelles. Beberapa merek juga menambahkan bahan kimia lain seperti ekstrak lidah buaya, ekstrak alga, dispropylene glycol, squalane, butylene glycol, isostearyl glycol, dan glyceryl stearate. Kandungannya dapat dilihat di kemasan produk micellar water terbaik.

Fungsi Micellar Water untuk Kulit

Produk micellar water juga dikenal sebagai Parisian water. Awalnya, ahli perawatan kulit di Paris mengembangkan Parisian water untuk membersihkan kulit dan perawatan rutin.

Manfaat micellar water lainnya antara lain:

1. Membersihkan Kulit

Micellar water membersihkan kulit dari bakteri, kotoran, kuman, dan minyak berlebih di kulit wajah. Pembersih micellar mengangkat kotoran yang terperangkap di pori-pori dan lapisan kulit yang lebih dalam.

2. Melembapkan Kulit

Pembersih micellar mengandung pelembap seperti gliserin yang membantu menghidrasi kulit. Pembersih ini membuat kulit sehat, halus, dan cerah.

3. Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Produk micellar water cocok untuk jenis kulit kering, sensitif, berminyak, atau normal. Kandungan pelembap gliserin dalam produk ini aman dan tidak menyebabkan iritasi.

4. Mencerahkan Kulit

Micellar water dapat menghilangkan kotoran, noda, dan membuat kulit wajah lebih cerah.

5. Menghapus Make Up

Produk micellar water efektif untuk menghapus make up termasuk yang tahan air. Pembersih ini juga menyegarkan kulit setelah menggunakan riasan.

6. Perawatan Kulit Serbaguna

Micellar water dapat digunakan sebagai pembersih kulit, penghapus make up, pelembap, dan toner. Produk ini juga mudah digunakan dan tidak perlu dibilas.

Cara Menggunakan Micellar Water

Anda dapat menggunakan micellar water sebagai perawatan kulit rutin di pagi hari, penghapus make up, memperbaiki make up, atau sebagai toner. Caranya adalah dengan menuangkan pembersih ke kapas dan mengusapkannya dengan lembut di wajah.

Efek Samping Micellar Water

Micellar water cocok untuk semua jenis kulit dan umumnya tidak memiliki efek samping. Namun, pilihlah merek dagang yang tepat dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Jika perlu, konsultasikan dengan profesional kesehatan dan kecantikan kulit untuk mendapatkan produk terbaik.

Referensi

  1. Garnierusa. 2020. What is Parisian water?. https://www.garnierusa.com/tips-how-tos/what-is-micellar-water. (Diakses pada 8 Juli 2020).
  2. Johnso, Dana Elizabeth. 2017. 6 Ways to Use MicellarWater in Your Skin Care Routine. https://www.dermstore.com/blog/how-to-use-micellar-water/. (Diakses pada 8 Juli 2020).
  3. Link, Rachael, MS, RD. 2020. 5 Benefits and Uses of MicellarWater. https://www.healthline.com/nutrition/micellar-water-benefits. (Diakses pada 8 Juli 2020).
  4. Leighton, Mara. 2018. Parisianwater lifts impurities out of your skin like a magnet — here’s how it works, plus a guide to the best ones. https://www.businessinsider.com/what-is-micellar-water-2018-6?r=US&IR=T. (Diakses pada 8 Juli 2020).

About The Author

Sering Haus di Malam Hari? Cek Penyebabnya di Sini

Mengenal Sindrom Geriatri pada Lansia & Penanganannya