Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tak Disangka, 13 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Myles Bannister

Kiwi sangat populer sebagai salah satu jenis buah dengan rasa yang enak. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C dan serat. Konsumsi buah ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah manfaat buah kiwi bagi kesehatan:

Manfaat Konsumsi Buah Kiwi

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah kiwi adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan dalam buah kiwi membantu menurunkan tekanan darah. Menjaga tekanan darah tetap stabil dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Kiwi juga tinggi serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein). Penurunan jenis kolesterol ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang terkait dengan aterosklerosis, yaitu kondisi di mana arteri jantung mengeras.

2. Melawan Radikal Bebas

Antioksidan dalam buah kiwi membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat berkontribusi pada masalah kesehatan seperti penyakit Alzheimer. Selain itu, kiwi juga dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA dan mencegah penyakit terkait kerusakan DNA.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah kiwi dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Kiwi mengandung sekitar 230 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan zeaxanthin dan lutein dalam buah kiwi berfungsi sebagai antioksidan yang membantu membentuk vitamin A. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko katarak serta penyakit mata lainnya. Selain itu, kandungan tembaga dalam buah kiwi juga penting untuk mendukung fungsi mata.

5. Mengobati Asma

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah kiwi dapat membantu mengurangi gejala asma, terutama pada anak-anak. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

6. Mencegah Pembekuan Darah

Konsumsi buah kiwi dapat membantu mencegah pembekuan darah dan mengatur tekanan darah dengan mengurangi jumlah lemak dalam darah. Konsumsi 2-3 buah kiwi setiap hari dapat menggantikan fungsi aspirin sebagai pengencer darah dan meningkatkan kesehatan jantung dalam periode waktu tertentu.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur orang dewasa yang mengalami masalah tidur. Kandungan antioksidan dan serotonin dalam buah kiwi diduga menjadi faktor penyebab peningkatan kualitas tidur.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan folat dalam buah kiwi memberikan manfaat bagi ibu hamil. Folat penting untuk melindungi janin dari berbagai masalah perkembangan.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Konsumsi kiwi dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaga struktur kulit. Buah kiwi mengandung vitamin C yang membantu dalam sintesis kolagen.

10. Mengatasi Rambut Rontok

Kandungan zinc dalam buah kiwi membantu memperbaiki jaringan rambut serta mengatur kelenjar minyak di sekitar folikel rambut. Konsumsi kiwi dapat membantu mencegah rambut rontok.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kiwi mengandung air dan serat tinggi, tetapi rendah kalori. Oleh karena itu, buah ini dapat menjadi camilan sehat selama program diet.

12. Menjaga Kesehatan Tulang

Konsumsi kiwi baik untuk kesehatan tulang karena kandungan vitamin K, kalsium, dan fosfor di dalamnya. Vitamin K membantu mencegah osteoporosis dan berperan dalam pembekuan darah.

13. Melancarkan Pencernaan

Buah kiwi kaya serat makanan yang membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Selain itu, kiwi juga mengandung enzim aktinik yang membantu memecah protein dalam usus dan mencegah perut kembung setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kiwi yang dapat Anda dapatkan. Mulai sekarang, jangan ragu untuk menambahkan buah ini dalam menu makanan Anda, Teman Sehat!

About The Author

9 Ciri-Ciri Wanita Orgasme yang Wajib Diketahui Oleh Pria

Sumagesic: Fungsi, Dosis, Efek Samping, dll