Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makan Buah di Malam Hari: Bagaimana dengan Kesehatan?

Myles Bannister

Makan buah di malam hari bisa lebih sehat, tetapi juga bisa berdampak buruk pada tidur dan pencernaan. Apakah boleh makan buah di malam hari sebelum tidur? Penjelasannya ada di bawah ini!

Bolehkah Makan Buah di Malam Hari?

Makan buah di malam hari sebenarnya diperbolehkan karena cenderung tidak mengganggu tidur dibandingkan makanan olahan. Meski diperbolehkan, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Perlu diingat juga bahwa makan buah di malam hari tidak akan membuat berat badan bertambah karena buah biasanya tinggi serat dan rendah kalori.

National Sleep Foundation mengatakan, makan makanan berat sebelum tidur dapat mengganggu tidur karena proses pencernaan.

Jadi, sebaiknya hindari makanan dengan gula olahan sebelum tidur karena bisa menyebabkan penurunan energi yang cepat dan mengganggu kualitas tidur.

Jika ingin makan di malam hari, cobalah makan buah pisang karena dapat mencegah kram kaki di malam hari berkat kandungan potasiumnya. Buah yang mengandung magnesium tinggi juga bagus karena bisa membantu tubuh untuk rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Penting juga untuk menunggu beberapa jam setelah makan buah sebelum makan hidangan utama. Sebab, buah yang tinggi serat dicerna lebih cepat dibandingkan makanan kaya protein dan lemak. Sebaiknya makan buah setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Jangan lupa untuk menghindari buah-buahan yang tinggi gula terutama jika Anda menderita diabetes.

Manfaat Makan Buah di Malam Hari

Setelah seharian beraktivitas, tubuh perlu mendapatkan energi dan nutrisi pada malam hari. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Berikut adalah beberapa manfaat makan buah di malam hari:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Makan buah-buahan sebelum tidur, terutama buah-buahan yang tinggi serat seperti melon dan apel, baik untuk sistem pencernaan dan tidak mengganggu tidur.

Buah-buahan dengan kandungan kalium dan magnesium dapat mengendurkan otot-otot dan membuat tidur lebih nyenyak. Karbohidrat dalam buah juga bisa membuat mengantuk dengan memproduksi triptofan dan meningkatkannya ke otak.

2. Menurunkan Berat Badan

Tidak diragukan lagi, buah-buahan adalah pilihan yang baik untuk program penurunan berat badan yang sehat. Buah mengandung gula alami dibandingkan camilan manis yang mengandung gula kimia. Beberapa buah juga rendah kalori.

Buah-buahan juga mengandung serat tinggi yang membantu dalam menjaga berat badan ideal.

3. Mencegah Penyakit

Makan buah segar di malam hari dapat mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti diabetes, stroke, gagal ginjal, penyakit jantung, dan osteoporosis. Kandungan nutrisi dalam buah memberikan manfaat tersebut.

4. Meningkatkan Vitalitas

Buah-buahan mengandung mikronutrien dan zat gizi mikro yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah-buahan juga mengandung vitamin penting untuk fungsi normal organ dan sistem tubuh.

Nutrisi tersebut membantu meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh.

Buah yang Cocok untuk Dimakan Malam Hari

Selain pisang, ada beberapa buah lain yang cocok dikonsumsi beberapa jam sebelum makan malam, di antaranya:

1. Ceri

Sebagai camilan sebelum tidur, buah ceri bisa menjadi pilihan yang baik. Ceri mengandung melatonin yang berperan penting dalam mengatur tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa makan ceri di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Jadi, ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang sulit tidur.

2. Semangka

Semangka mengandung likopen yang membantu tidur lebih nyenyak. Likopen adalah senyawa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki banyak vitamin dan antioksidan. Jika tidak ada semangka, melon juga bisa menjadi pilihan karena memiliki manfaat yang sama.

3. Apel dan Pir

Apel dan pir adalah buah yang mudah didapatkan. Kedua buah ini juga bisa menjadi camilan ringan di malam hari, terutama saat menjalani program penurunan berat badan.

4. Alpukat

Anda bisa menikmati alpukat beberapa jam sebelum tidur. Buah ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengandung lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C yang membantu istirahat. Buah ini rendah kalori, jadi tidak perlu khawatir tentang berat badan. Cara terbaik untuk menikmati stroberi adalah mencampurnya dengan sereal tinggi protein.

Itulah manfaat makan buah di malam hari untuk kesehatan. Tetap diingat, jangan makan buah terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Anonim. 20 Surprising Health Benefits of Eating Fruit At Night Regularly. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-eating-fruit-night. (Diakses pada 29 September 2022)
  2. Chawla, Vidisha. 2019. Eating Fruits at Night – Is It Healthy for You?. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-fruits-at-night-is-it-healthy-for-you/. (Diakses pada 29 September 2022)
  3. Schuna, Carly. 2018. Is It Bad to Eat Fruit Before Bed?. https://www.livestrong.com/article/438682-is-eating-fruit-before-bed-bad/. (Diakses pada 29 September 2022)

About The Author

5 Pembakar Lemak Alami yang Cepat Turunkan Berat Badan

Fenilketonuria: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan