Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Aldisa Sr – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Mari kita bahas lebih lanjut tentang obat Aldisa Sr, termasuk indikasi, kontraindikasi, bentuk sediaan, manfaat, dosis, dan efek sampingnya.

Indikasi Aldisa Sr

Obat Aldisa Sr digunakan untuk meredakan gejala rinitis alergi seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, pruritus, rinorea, dan gejala terkait.

Pasien yang membutuhkan efek antihistamin dan dekongestan dari Loratadin dan Pseudoefedrin Sulfat dapat menggunakan Aldisa Sr untuk mengatasi gejala yang dialami.

Kontraindikasi Aldisa Sr

Aldisa Sr tidak boleh digunakan oleh pasien yang alergi atau hipersensitif terhadap salah satu atau kedua kandungan obat ini. Pasien dengan tekanan darah tinggi, stroke, sedang menjalani terapi antidepresan penghambat Monoamin Oksidase, atau yang peka terhadap obat simpatomimetik juga tidak boleh mengonsumsi Aldisa Sr.

Bentuk Sediaan Aldisa Sr

Aldisa Sr tersedia dalam bentuk kapsul. Tiap kapsul mengandung 5 mg Loratadin dan 120 mg Pseudoefedrin Sulfat.

Manfaat Aldisa Sr

Aldisa Sr dapat membantu meredakan sumbatan hidung, bersin-bersin, pruritus, rinorea, dan gejala rinitis alergi lainnya. Selain itu, dapat juga mengatasi sakit tenggorokan, gatal-gatal pada hidung, mata berair dan merah.

Namun, manfaat ini hanya dapat dirasakan jika Aldisa Sr dikonsumsi sesuai dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

Dosis Aldisa Sr

Pasien dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun disarankan untuk mengonsumsi 1 kapsul Aldisa Sr dua kali sehari.

Efek Samping Aldisa Sr

Sebaiknya perhatikan efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi Aldisa Sr. Efek samping yang umum termasuk mulut kering, sakit kepala, rasa kantuk, dan insomnia.

Beberapa efek samping jarang yang mungkin terjadi antara lain rasa gelisah, mual, batuk, pusing, gatal-gatal, kelelahan, sakit perut, vertigo, ruam, nafsu makan meningkat, dan jerawat.

Ada juga efek samping yang lebih serius seperti sakit mata, sakit telinga, hipertensi, hemoroid, masalah pada lidah, anoreksia, urtikaria, penurunan libido, hipoestesia, hiperkinesia, rinitis, faringitis, takikardia, atralagia, disfonia, dan bronkopasme.

Pastikan untuk mengikuti dosis yang direkomendasikan oleh dokter dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi Aldisa Sr, terutama jika Anda memiliki kontraindikasi terhadap Loratadin dan Pseudoefedrin Sulfat.

Hentikan pengobatan dengan Aldisa Sr jika tidak ada perubahan dalam tiga hari atau jika mengalami efek samping yang telah disebutkan.

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Sanbe Farma. Aldisa Sr. https://www.sanbe-farma.com/public/product_brosur/Insert_ALDISA_SR.pdf

About The Author

Pengobatan Gastritis

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi