Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

15 Manfaat Habbatussauda untuk Mengatasi Penyakit

Myles Bannister

Habbatussauda atau biji jintan hitam berasal dari tanaman Nigella sativa. Biji jintan hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, berkat kandungan serat, karbohidrat, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, B2, dan vitamin C.

Berikut beberapa manfaat habbatussauda tersebut:

1. Mengatasi Gejala Diabetes

Habbatussauda bisa membantu mengurangi gejala diabetes tipe 2, seperti gula darah tinggi dan resistensi insulin. Minyak habbatussauda juga dapat menurunkan kadar gula dan lipid dalam darah, serta memicu regenerasi sel beta pankreas.

2. Menurunkan Berat Badan

Minyak habbatussauda dapat membantu menurunkan berat badan dengan merangsang metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak, dan mengurangi pengendapan lemak.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Habbatussauda kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Minyak habbatussauda dapat mengurangi tanda penuaan kulit, melembapkan kulit, dan mengatasi kerontokan rambut.

4. Mencegah Kanker

Habbatussauda mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Meningkatkan Fungsi Hati

Minyak habbatussauda dapat mempercepat proses pengobatan pada gangguan fungsi hati dan melindungi hati dari kerusakan.

6. Mengatasi Asma

Minyak habbatussauda dapat meredakan batuk dan mengi pada penderita asma, serta meningkatkan fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma.

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Habbatussauda dapat menghambat enzim Acetylcholinesterase, yang berperan dalam fungsi memori otak.

8. Mengatasi Kejang

Minyak habbatussauda dapat mengurangi kejang pada anak-anak dengan epilepsi.

9. Mengobati Radang Sendi

Minyak habbatussauda dapat membantu mengobati radang sendi, terutama radang sendi akibat rheumatoid arthritis.

10. Mengatasi Rhinitis Alergi

Minyak habbatussauda dapat mengurangi gejala rhinitis alergi seperti hidung tersumbat dan bersin.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak habbatussauda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala sinusitis.

12. Mengatasi Infertilitas Pria

Minyak habbatussauda dapat meningkatkan kualitas dan motilitas sperma, serta meningkatkan testosteron pada pria.

13. Mengatasi Peradangan

Minyak habbatussauda memiliki sifat antiinflamasi dan dapat mengurangi peradangan seperti radang sendi.

14. Mengatasi Hepatitis C

Minyak habbatussauda dapat memperbaiki gejala dan mengurangi jumlah virus pada pasien hepatitis C.

15. Mengatasi Infeksi

Habbatussauda memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang dapat membantu mencegah infeksi.

Cara Mengonsumsi Habbatussauda

Biji habbatussauda dapat dicampurkan dalam makanan seperti roti, bagel, sup, atau bumbu masakan. Minyak habbatussauda juga dapat digunakan dalam produk untuk kulit. Konsumsi harian yang disarankan adalah sekitar satu hingga dua sendok teh. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi habbatussauda.

Referensi

  1. Axe, Josh. 2020. 9 Proven Black Seed Oil Benefits that Boost Your Health. https://draxe.com/nutrition/black-seed-oil-benefits/. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  2. Aleksic, Ana. 2020. 16 Benefits of Black Seed Oil (Nigella sativa). https://selfhacked.com/blog/black-cumin-seed-nigella-sativa-top-scientific-benefits/. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  3. Al-Mamun, Mohammad dan Nurul A. 2019. Major nutritional compositions of black cumin seeds-cultivated in Bangladesh and the physicochemical characteristics of its oil. https://www.researchgate.net/publication/330106433_Major_nutritional_compositions_of_black_cumin_seeds-cultivated_in_Bangladesh_and_the_physicochemical_characteristics_of_its_oil. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  4. Chakraborty, Priya. 2018. 10 Incredible Health Benefits Of Kalonji (Nigella Seeds). https://food.ndtv.com/food-drinks/10-incredible-health-benefits-of-nigella-seeds-kalonji-1456233. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  5. GáL, Kat. 2018. Benefits of black seed oil. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322948. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  6. Moore, Shelley. Tanpa Tahun. Nutritional Value of Black Seed. https://www.livestrong.com/article/325309-nutritional-value-of-black-seed/. (Diakses pada 18 Mei 2020)
  7. Nall, Rachel. 2017. The Health and Beauty Benefits of Black Seed Oil. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/black-seed-oil-benefits#health-benefits. (Diakses pada 18 Mei 2020)

About The Author

11 Penyebab Telinga Kanan Berdenging (Bukan Mitos)

Fenoterol: Fungsi, Efek Samping, Dosis, Cara Pakai, dll