Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mertigo – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Baca terus untuk informasi komprehensif tentang obat mertigo termasuk bentuk sediaan, indikasi, kontraindikasi, manfaat, dosis, dan efek samping.

  • Nama: Mertigo
  • Kelas Terapi: Mual dan Vertigo
  • Monografi Obat: Betahistin Dihidroklorida

Bentuk Sediaan Mertigo

Obat mertigo hanya tersedia dalam bentuk tablet dengan varian dosis 6 mg dan 12 mg.

Indikasi Mertigo

Mertigo digunakan untuk meredakan mual dan vertigo yang terkait dengan penyakit Meniere. Juga dapat digunakan untuk meredakan vertigo perifer dan masalah pendengaran seperti tinnitus.

Kontraindikasi Mertigo

Mertigo tidak boleh digunakan oleh individu yang alergi atau hipersensitif terhadap bahan aktif betahistin dihidroklorida. Wanita hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini. Tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 18 tahun dan penderita penyakit Parkinson yang sedang menggunakan obat monoamin oksidase. Pasien dengan asma atau riwayat tukak peptik sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi Mertigo.

Manfaat Mertigo

Mertigo memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Meredakan mual
  • Mengurangi vertigo
  • Meredakan tinnitus
  • Mengatasi masalah pendengaran akibat penyakit Meniere

Manfaat ini diperoleh karena betahistin dihidroklorida dalam Mertigo dapat meningkatkan peredaran darah di telinga, mengurangi tekanan, dan mengatasi gejala mual dan vertigo.

Dosis Mertigo

Dosis yang dianjurkan untuk Mertigo adalah 1 tablet 3 kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan hingga maksimal 4-8 tablet per hari dalam 3 dosis terbagi dengan resep dokter.

Minum Mertigo setelah makan untuk menghindari iritasi lambung. Patuhi dosis yang diberikan dan berkonsultasilah dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis serius.

Efek Samping Mertigo

Beberapa efek samping Mertigo yang umum meliputi reaksi alergi seperti mual, muntah, sakit kepala, kesulitan bernapas, ruam kulit, gatal-gatal, dan bengkak di wajah. Jika mengalami tanda-tanda reaksi alergi, segera cari bantuan medis.

Efek samping lainnya termasuk gangguan pencernaan, pruritus, perut kembung, dan bengkak, walaupun jarang terjadi.

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Drugs.com

About The Author

Mengejan Saat BAB Bisa Picu Stroke?

Bufacetin: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll