Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Air Liur Anjing, Berbahaya atau Tidak?

Myles Bannister

Dampak air liur anjing bagi kesehatan manusia

Prof. Guy Cornelis dari Namen University, Belgia, menyebut air liur anjing mengandung bakteri capnocytophaga canimorsus. Jika luka terbuka terkena air liur anjing, dampaknya bisa berbahaya.

“Jangan sampai luka dijilat oleh anjing. Air liurnya mengandung bakteri yang bisa masuk melalui luka dan menyebabkan penyakit,” saran Prof. Cornelis.

Cornelis menyebut semua ras anjing memiliki bakteri ini di air liurnya. Bakteri ini tidak berdampak pada kesehatan anjing, tapi berpotensi membahayakan kesehatan manusia.

Bahkan, setiap tahun sekitar 24.000 orang di seluruh dunia terinfeksi bakteri ini setelah lukanya dijilat anjing, dengan kasus yang parah seperti amputasi atau kematian.

Jika terinfeksi bakteri ini, gejala pertama yang muncul mirip flu, seperti demam dan mual. Banyak yang tidak menyadari gejala yang serius, padahal infeksi bisa memburuk dalam beberapa hari saja.

Beberapa dampak lain yang terjadi jika dijilat anjing

Selain risiko terkena bakteri berbahaya, ada tiga hal lainnya yang bisa muncul akibat jilatan anjing.

Berikut adalah beberapa dampak kesehatannya:

Bisa menyebabkan infeksi parasit

Pakar kesehatan dr. Joe Kinnarney dari American Veterinary Medical Association menyebut di saluran pencernaan anjing terdapat 20-30 juta telur cacing gelang. Penularan cacing bisa terjadi saat anjing menjilati anusnya. Jika anjing menjilati kita, parasit ini bisa masuk ke dalam tubuh.

Parasit ini bisa menyebabkan masalah seperti diare, gatal-gatal, masalah kulit, demam, hingga gangguan pernapasan.

Bisa menyebabkan gangguan pencernaan

Mulut hewan, termasuk moncong anjing, memiliki banyak kuman dan virus penyebab penyakit. Beberapa jenis bakteri yang bisa muncul adalah bakteri e.coli, salmonella, campylobacter, hingga bakteri clostridium. Bakteri ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti nyeri perut, diare, demam, mual, atau muntah.

Bisa memicu kadas atau kurap

Air liur anjing mengandung glikoprotein yang bisa menyebabkan alergi, dan jilatan anjing pada kulit juga bisa menyebabkan infeksi jamur.

Apakah memelihara anjing tidak sehat?

Pakar kesehatan menyebut anjing sebenarnya bisa memberikan manfaat bagi tubuh asalkan dirawat dengan baik. Jika kita dijilati anjing, segera cuci tangan atau bagian tubuh yang dijilat dengan sabun dan air.

Jika anjing dirawat dengan baik dan kita menjaga kesehatan kita, kita akan mendapatkan peliharaan yang menghilangkan stres dan membuat kita aktif dan sehat.

Jika anjing dirawat dengan baik dan kita menjaga kesehatan kita, kita akan mendapatkan peliharaan yang menghilangkan stres dan membuat kita aktif dan sehat.

About The Author

Vulvodinia: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Komplikasi

Meptin: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll