Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cedera Meniskus

Myles Bannister

Cedera meniskus sering terjadi pada olahraga yang melibatkan gerakan berputar dan squat seperti bolabasket, sepak bola, atau bulu tangkis. Mekanisme cedera meniskus terjadi akibat gerakan berputar dan squat yang berlebihan pada sendi lutut.

Anatomi Meniskus:

Meniskus adalah bantalan fibrokatilago yang melekat pada sisi dalam (medial) dan sisi luar (lateral) tibial plateau. Meniskus ini menutupi 50% dari tibial plateau. Meniskus lateral menutupi lebih banyak permukaan tibial plateau dibanding meniskus medial, sehingga terjadi kontak langsung yang lebih banyak antara femur dan tibia pada kompartemen medial. Fungsi meniskus adalah memperlebar dan memperdalam permukaan kontak antara femur dan tibia, mengurangi stres atau tekanan pada kartilago artikuler, mendistribusikan beban yang diterima oleh sendi lutut, menjaga stabilitas sendi, serta melumasi sendi.

Vaskularisasi Meniskus:

1/3 bagian bagian luar meniskus mempunyai vaskularisasi yang baik dari kapiler-kapiler kapsul fibrosus dan membran synovial. Sedangkan bagian dalam merupakan area avaskuler (tidak ada pembuluh darah). Oleh karena itu, tear pada bagian perifer akan sembuh dengan baik, sedangkan tear pada bagian dalam akan sulit sembuh.

Gejala dan Diagnosis Cedera Meniskus:

Gejala cedera meniskus meliputi pembengkakan terutama pada bagian lutut, nyeri di sepanjang garis sendi lutut, dan lutut terasa seperti terkunci. Diagnosis cedera meniskus dapat ditegakkan dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan MRI dapat digunakan untuk membantu dalam penegakan diagnosis.

Penatalaksanaan Cedera Meniskus:

Terdapat 3 pilihan penanganan cedera meniskus, yaitu rehabilitasi non-operatif, pembedahan dengan cara membersihkan atau menghilangkan meniskus yang robek, dan pembedahan dengan cara menjahit meniskus yang robek. Pemilihan penatalaksanaan cedera meniskus didasarkan pada berat ringannya cedera, lokasi robekan meniskus, serta usia dan jenis aktivitas individu.

Komplikasi Cedera Meniskus:

Cedera meniskus yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan kartilago di tulang tibia, tulang femur, dan patella, yang mengakibatkan risiko terjadinya osteoartritis.

Kapan Dapat Kembali Bermain Setelah Cedera Meniskus?

Pada cedera meniskus ringan dengan rehabilitasi tanpa operasi, waktu penyembuhan sekitar 3-4 minggu. Sedangkan bila diperlukan operasi pembersihan meniskus yang robek, waktu penyembuhan sekitar 6-8 minggu. Untuk cedera meniskus berat yang memerlukan operasi, waktu penyembuhan sekitar 3-4 bulan.

Daftar Pustaka:

Englund M, Guermazi A, Lohmander SL. The role of the meniscus in knee osteoarthritis: a cause or consequence? Radiol Clin North Am. 2009 Jul;47(4):703-12
Everyday Sports Injury, Diagnosis Treatment and Prevention. Dorling Kindersley Ltd. 2010
Netter’s Sports Medicine. Saunders Elsevier. 2010

About The Author

Cara Merawat Gigi agar Tetap Sehat

Badan Sering Lemas Usai Bercinta, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya