Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Susu Bisa Menurunkan Berat Badan?

Myles Bannister

Cara Susu Menurunkan Berat Badan

Anggapan bahwa susu bisa membuat berat badan naik karena kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya, susu mengandung kalori, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Namun, penelitian telah membuktikan bahwa rutin minum susu bisa membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D yang tinggi di dalam susu efektif dalam menurunkan berat badan.

Dalam penelitian tersebut, partisipan yang minum susu secara rutin mengalami penurunan berat badan sebanyak 5,4 kg dalam 6 bulan. Sedangkan partisipan yang tidak rutin minum susu hanya mengalami penurunan 3,1 kg dalam 2 tahun.

Penelitian juga menunjukkan bahwa susu bisa membantu mengenyangkan perut dengan hormon peptide YY, sehingga kita tidak mudah merasa lapar di antara jam makan. Oleh karena itu, susu direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah sarapan pagi atau setelah berolahraga.

Konsumsi susu sekitar 250 ml setiap hari. Pilihan susu bisa berupa susu dengan kandungan lemak atau susu skim dengan kalori lebih rendah. Susu cokelat juga direkomendasikan karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan dapat membantu proses pemulihan tubuh setelah berolahraga.

Susu Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Pakar kesehatan Douglas Goff dari Human Nutraceutical Research Canada menyebut konsumsi susu yang tinggi protein saat sarapan pagi dapat mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

Susu berprotein tinggi juga membantu mengendalikan nafsu makan dan membantu tubuh mengolah glukosa, gula, dan lemak dengan lebih efektif.

Bolehkah Susu Dikonsumsi Saat Perut Kosong?

Tidak semua orang terbiasa minum susu setelah sarapan pagi. Ada yang mengonsumsi susu saat perut kosong. Namun, hal ini bisa menyebabkan asam lambung naik bagi sebagian orang.

Asalkan tidak mengalami masalah asam lambung atau intoleransi laktosa, susu dapat dikonsumsi saat perut kosong. Asupan nutrisi dari susu akan diserap lebih baik oleh tubuh dan memberikan energi. Namun, disarankan untuk mengombinasikan susu dengan makanan seperti roti atau biskuit untuk mencegah kenaikan asam lambung.

Sumber:

  1. 2019. Weight loss: How milk can help you lose weight quickly. timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/weight-loss-how-milk-can-help-you-lose-weight-quickly/photostory/71793078.cms. (Diakses pada 31 Oktober 2019).

About The Author

Manfaat dan Sumber Polifenol Terbaik untuk Tubuh

Kista Epididimis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Komplikasi