Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Air Tebu: Tingkatkan Imunitas dan Energi Tubuh

Myles Bannister

Air tebu tidak hanya memberikan kesegaran dan rasa manis, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah penjelasannya.

Kandungan Air Tebu

Meskipun tebu biasanya digunakan untuk membuat gula pasir, air tebu sebenarnya lebih sehat daripada air gula biasa. Ini karena kandungan zat gizinya seperti karbohidrat, protein, dan mineral.

Dalam satu gelas air tebu (28,35 gram), terdapat:

  • Energi: 26,56 kkal
  • Karbohidrat: 27,51 gram
  • Protein: 0,27 gram
  • Kalsium: 11,23 miligram
  • Zat besi: 0,37 miligram
  • Potasium: 41.96 miligram
  • Sodium: 17.01 miligram

Selain itu, air tebu juga mengandung vitamin A, B1 hingga B6, C, dan E. Sedangkan tebu mentah adalah sumber antioksidan fenolik dan flavonoid yang baik.

Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Air tebu bukan hanya minuman segar, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaatnya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam air tebu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit, termasuk penyakit hati dan gangguan pencernaan. Antioksidan juga membantu menetralisir kadar bilirubin dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit kuning (jaundice).

2. Mengatasi Masalah Kulit

Air tebu mengandung antioksidan, flavonoid, dan senyawa fenolik yang dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegah munculnya kerutan pada kulit. Air tebu juga membuat kulit tampak glowing, lembut, dan lembap.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Air tebu membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang serta gigi. Kandungan kalsium dalam tebu membantu membangun kekuatan kerangka tubuh.

4. Menjaga Kehamilan Sehat

Air tebu mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan peluang kehamilan yang lebih cepat dan sehat. Asam folat yang terdapat dalam air tebu dapat mencegah cacat lahir seperti spina bifida dan meningkatkan kemungkinan pembuahan.

5. Mengobati Sakit Tenggorokan

Air tebu yang ditambahkan dengan jeruk nipis dan garam hitam dapat meredakan rasa gatal dan sakit di tenggorokan. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam air tebu membantu melawan infeksi virus atau bakteri.

6. Mencegah Bau Mulut

Air tebu membantu mencegah bau mulut dan memperkuat gigi. Kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam tebu membantu membangun enamel gigi.

7. Mengontrol Kadar Gula pada Penderita Diabetes

Air tebu masih bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam jumlah yang terbatas. Indeks glikemik air tebu rendah sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Air tebu membantu mengurangi berat badan dengan mengandung serat larut yang membantu mengontrol berat badan dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

9. Membuang Racun Dalam Tubuh

Air tebu membantu membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu penurunan berat badan.

10. Membantu Penyembuhan Luka

Air tebu membantu meningkatkan pemulihan luka dengan kandungan sukrosa yang dapat menyembuhkan berbagai jenis luka.

11. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh

Air tebu membantu membuat organ-organ tubuh lebih kuat dan berfungsi dengan baik.

12. Membantu Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Air tebu membantu menjaga kesehatan ginjal dan mencegah masalah kesehatan terkait dengan infeksi saluran kemih.

13. Membantu Melawan Kanker

Air tebu diyakini dapat mencegah munculnya kanker prostat dan kanker payudara karena kandungan flavonoidnya.

14. Mengatasi Jerawat

Air tebu efektif dalam mengatasi jerawat karena mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) yang membantu meregenerasi sel kulit dan mengangkat sel kulit mati.

15. Meningkatkan Energi

Kandungan gula alami dalam air tebu dapat meningkatkan energi tubuh secara instan dan menggantikan gula yang hilang dalam tubuh.

Ingat, meskipun air tebu memiliki banyak manfaat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena mengandung gula yang tinggi. Dalam satu gelas air tebu terdapat sekitar 50 gram gula. Oleh karena itu, tetap konsumsi air tebu dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Referensi:

  1. Anonim. 2023. Cane Sugar: Are There Health Benefits? Diakses dari https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cane-sugar pada 20 Maret 2023.
  2. Anonim. 2021. Added Sugars. Diakses dari https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/sugar/added-sugars pada 20 Maret 2023.
  3. Choudhary, Tanya. 2019. Top 23 Benefits Of Sugarcane Juice For Skin And Health. Diakses dari https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-sugarcane-juice-for-skin-hair-and-health pada 20 Maret 2023.
  4. Malik, Kriti. 2018. 6 Health Benefits of Sugarcane Juice: A Promise of Good Health. Diakses dari https://food.ndtv.com/health/6-health-benefits-of-sugarcane-juice-a-promise-of-good-health-1270503 pada 20 Maret 2023.

About The Author

11 Cara Menghilangkan Stretch Mark (Medis & Alami)

Dehidrasi: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan, dll