Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Keju untuk Kesehatan Jantung

Myles Bannister

Keju adalah makanan olahan dari susu yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, keju juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Manfaat Keju untuk Kesehatan Jantung

Keju adalah makanan olahan dari susu yang menjadi sumber protein hewani penting untuk pertumbuhan tubuh.

Keju memiliki beragam jenis dengan cita rasa yang berbeda, mulai dari cheddar hingga mozarella. Makanan ini mudah dinikmati dan populer di kalangan banyak orang.

Meskipun ada banyak jenis keju, namun secara umum kandungan gizi dalam keju sama, yaitu protein, kalsium, zinc, mineral, vitamin A, dan vitamin B12. Semua nutrisi ini baik untuk kesehatan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi sekitar 40 gram keju setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Penemuan ini didasarkan pada analisis terhadap studi observasional yang mempelajari efek makan keju terhadap risiko penyakit kardiovaskular.

Meskipun keju memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, malah dapat berdampak sebaliknya.

Hal ini karena keju juga mengandung tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Jadi, manfaat keju bagi kesehatan jantung tergantung pada jumlah yang dikonsumsi. Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 40 gram keju per hari.

Jenis Keju yang Sehat dan Lezat

Keju memiliki berbagai jenis dengan cita rasa yang berbeda. Namun, penting untuk memilih jenis keju yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis keju yang sehat dan lezat yang bisa Anda konsumsi:

1. Keju Feta

Jenis keju ini terbuat dari susu kambing dan cocok untuk orang yang intoleran laktosa. Rasa kacang dari keju ini enak tanpa menambahkan terlalu banyak lemak atau kalori.

2. Keju Cottage

Keju cottage atau paneer adalah keju yang lembut dan sedikit asam. Keju ini memiliki protein kasein dalam jumlah tinggi yang membantu pemulihan otot dan sintesis protein yang stabil.

3. Keju Parmesan

Keju parmesan biasanya ditaburkan di atas makanan tertentu sebagai pelengkap. Jenis keju rendah kalori ini sehat dan lezat. Perlu diperhatikan porsi karena keju parmesan memiliki kandungan natrium yang tinggi.

4. Keju Goat

Keju goat mirip dengan keju feta dalam hal kalori. Keju ini creamy dan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan feta. Setiap ons keju goat mengandung 5 gram protein.

5. Keju Ricotta

Keju ricotta dibuat dari susu domba dan kaya akan kalsium, protein, zinc, vitamin A, vitamin B, dan fosfor. Keju ini rendah kalori, rendah natrium, dan baik untuk kesehatan.

Referensi

  1. Anonim. 2018. Is Cheese Good For Your Heart? Study Suggests That It Is! Top 5 Healthiest Varieties Of Cheese. https://www.ndtv.com/health/cheese-for-heart-health-top-5-healthiest-varieties-of-cheese-1888799. (Diakses pada 7 Desember 2022)
  2. Torres-Gonzalez, Moises. 2019. Is Cheese Good For Your Heart?. https://www.usdairy.com/news-articles/eating-cheese-might-provide-heart-health-benefits. (Diakses pada 7 Desember 2022)
  3. Whiteman, Honor. 2017. Eating cheese every day may help to protect heart health. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320249. (Diakses pada 7 Desember 2022)

About The Author

Lapifed: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

Tidak Boleh Berlebihan, Ini 6 Bahaya Minum Susu saat Puasa