Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Review: Manfaat Tanaman Alfalfa bagi Kesehatan

Myles Bannister

Tanaman Alfalfa (Medicago sativa) adalah tanaman legum yang telah digunakan sebagai pakan ternak dan memiliki manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari tanaman Alfalfa:

Kandungan Gizi Tanaman Alfalfa

Tanaman ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein. Dalam 1 cangkir (33 gram) Alfalfa, terdapat:

  • Kalori: 7,6
  • Protein: 1,3 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 0,7 gram
  • Serat: 0,6 gram
  • Gula: 0,1 gram

Selain itu, Alfalfa juga mengandung vitamin dan mineral seperti Vitamin B1, B2, C, K, tembaga, folat, zat besi, magnesium, dan mangan. Tanaman ini juga mengandung senyawa bioaktif seperti alkaloid, kumarin, flavonoid, dan fitoestrogen yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kesehatan dari Tanaman Alfalfa

Selain digunakan sebagai pakan ternak, tanaman Alfalfa juga digunakan dalam pengobatan alternatif untuk memperbaiki berbagai masalah kesehatan. Beberapa manfaat kesehatannya antara lain:

1. Menurunkan Kolesterol

Alfalfa mengandung senyawa tanaman yang disebut saponin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Meredakan Radang Sendi

Tanaman Alfalfa dapat meredakan radang sendi dan kondisi peradangan lainnya karena kandungan vitamin C, vitamin B, serta senyawa kalsium dan antioksidan.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ekstrak kecambah Alfalfa dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan pencegahan infeksi. Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya merangsang aliran darah ke daerah luka dan mempercepat penyembuhan.

4. Membuang Racun di Tubuh

Alfalfa memiliki sifat diuretik yang dapat membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh dan mengurangi kelebihan garam, lemak, dan air berlebih dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kecambah Alfalfa mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin B dan E juga berperan dalam mengontrol metabolisme dan senyawa antioksidan di seluruh tubuh.

6. Meredakan Gejala Menopause

Alfalfa kaya akan senyawa fitoestrogen yang dapat mengurangi gejala menopause yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen.

7. Meningkatkan Produksi ASI

Alfalfa dapat membantu merangsang produksi ASI pada ibu menyusui.

8. Mengontrol Gula Darah

Alfalfa memiliki sifat anti-diabetes dan diuretik yang dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Alfalfa mengandung kalium dan zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

10. Antikanker

Alfalfa mengandung fitoestrogen yang dapat membantu tubuh melawan kanker.

Efek Samping yang Perlu Diperhatikan

Kecambah Alfalfa mentah yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memiliki efek samping yang berbahaya. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain gangguan keseimbangan asam amino dalam tubuh dan dapat menyebabkan peradangan serta gejala lupus.

Untuk mencegah efek samping yang merugikan, Alfalfa harus disiapkan dengan benar dan dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Referensi:

  1. Anonim. 2022. Health Benefits of Alfalfa. [https://www.webmd.com/diet/health-benefits-alfalfa](https://www.webmd.com/diet/health-benefits-alfalfa) (Diakses pada 11 Oktober 2022)
  2. Cervoni, Barbie. 2022. What Is Alfalfa?. [https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-alfalfa-4584280](https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-alfalfa-4584280) (Diakses pada 11 Oktober 2022)
  3. Jones, Taylor. 2021. Alfalfa. [https://www.healthline.com/nutrition/alfalfa](https://www.healthline.com/nutrition/alfalfa) (Diakses pada 11 Oktober 2022)
  4. Koganti, Sindhu. 2022. 16 Potential Benefits Of Alfalfa For Skin, Hair, And Health. [https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-alfalfa-for-skin-hair-and-health](https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-alfalfa-for-skin-hair-and-health) (Diakses pada 11 Oktober 2022)
  5. Staughton, John. 2020. 9 Wonderful Benefits Of Alfalfa. [https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/alfalfa.html](https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/alfalfa.html) (Diakses pada 11 Oktober 2022)

About The Author

Pemicu Benjolan Abnormal di Sekitar Kemaluan

Hiperpnea: Pengertian, Penyebab, Cara Mengatasi, dll