Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Fungsi dan Bagian-Bagian Sumsum Tulang Belakang

Myles Bannister

Sumsum tulang belakang, juga dikenal sebagai medulla spinalis, adalah bagian yang mengisi rongga ruas-ruas tulang belakang. Meskipun lebarnya hanya seukuran jari kelingking manusia dewasa, sumsum tulang belakang memiliki peran penting dalam sistem saraf pusat bersama dengan otak.

Perlindungan sumsum tulang belakang berasal dari ruas-ruas tulang belakang yang melingkunginya. Namun, jika terjadi cedera pada tulang belakang, sumsum tulang belakang dapat mengalami kerusakan yang berdampak pada penerimaan rangsang sensoris dan penyampaian perintah ke saraf motorik. Akibatnya, gerak refleks tubuh menjadi terhambat.

Walaupun begitu, ada pengobatan yang dapat membantu memulihkan fungsi sumsum tulang belakang secara bertahap. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir berlebihan terhadap kemungkinan gangguan pada sumsum tulang belakang.

Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Mengumpulkan dan Mengirim Informasi ke Otak

Sumsum tulang belakang mengumpulkan informasi dari sistem saraf yang dilindungi oleh ruas-ruas tulang belakang. Informasi ini kemudian dikirim ke otak untuk diproses dan memberikan respon.

2. Menerima Pesan dari Otak

Sumsum tulang belakang juga menerima pesan atau perintah dari otak. Komunikasi antara sumsum tulang belakang dan otak berjalan dua arah.

3. Menjadi Jalan Pintas bagi Gerak Refleks

Sumsum tulang belakang berperan sebagai jalan terpendek bagi gerak refleks. Pada kondisi tertentu yang membutuhkan respon cepat, impuls saraf perjalanan lebih singkat melalui sumsum tulang belakang daripada melalui otak.

4. Mendistribusikan Perintah ke Saraf Motorik

Setelah menerima pesan, sumsum tulang belakang mengirimkannya ke saraf motorik yang selanjutnya akan memberikan perintah pada organ-organ gerak seperti otot dan kelenjar endokrin.

Bagian-bagian Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang terdiri dari beberapa bagian penting, yaitu:

1. Substansi Gracia

Substansi gracia adalah lapisan dalam sumsum tulang belakang yang berwarna kelabu. Di dalamnya terdapat soma sel yang berisi axon yang tidak dilapisi oleh selaput myelin. Pada substansi gracia terdapat canal pusat di bagian tengahnya.

2. Substansi Alba

Substansi alba adalah lapisan luar sumsum tulang belakang yang berwarna putih. Di dalamnya terdapat serabut saraf asosiasi yang dibungkus oleh selaput myelin. Serabut-serabut saraf ini berperan dalam pengiriman pesan antara substansi gracia dengan akar-akar saraf.

Dampak Ketika Sumsum Tulang Belakang Bermasalah

Jika terjadi kerusakan pada sumsum tulang belakang, akan terjadi gangguan pada penerimaan rangsang sensoris, penyampaian perintah ke saraf motorik, dan gerak refleks tubuh. Namun, dengan adanya pengobatan yang tepat, fungsi sumsum tulang belakang dapat pulih secara bertahap.

Sumber:

  1. Gunadarma: Anatomi Sistem Saraf Pusat. http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/psikologi_faal/bab4_anatomi_sistem_saraf_pusat.pdf [diakses pada 14 Februari 2019]
  2. Unila: Sistem Saraf. http://staff.unila.ac.id/gnugroho/files/2013/11/Sistematika-Saraf.pdf [diakses pada 14 Februari 2019]

About The Author

Mudah dan Praktis, Ini 7 Resep Kue Lebaran

Kista Pilonidal: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan