Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengonsumsi Udang dalam Kondisi Mentah: Aman atau Berbahaya?

Myles Bannister

Tradisi Makan Udang di Seluruh Dunia

Udang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Dalam beberapa budaya seperti Jepang dan Tiongkok, udang banyak dikonsumsi mentah dengan menambahkan cuka atau bumbu untuk menghilangkan bau amis. Namun, mengonsumsi udang mentah dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berbagai Risiko Makan Udang Mentah

Makan udang mentah sangat berisiko bagi kesehatan tubuh. Udang yang berasal dari peternakan seringkali mengandung bakteri berbahaya seperti Vibrio dan Bascillus. Mengonsumsi udang mentah juga dapat membuat tubuh rentan sakit dan mengandung cemaran logam yang berbahaya.

Cara Menurunkan Risiko Makan Udang Mentah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko makan udang mentah, seperti membeli udang yang segar, menyimpan udang mentah dalam suhu dingin selama beberapa hari, dan membersihkan udang secara terpisah.

Mengolah Udang yang Sehat dan Benar

Jika Anda ingin mengonsumsi udang mentah, pastikan untuk memperhatikan kebersihan dan kesegaran udang. Jangan menyimpan udang mentah terlalu lama dan olah udang hingga matang namun tidak terlalu berlebihan. Juga, perhatikan kemungkinan alergi terhadap udang.

Sebelum mengonsumsi udang, penting untuk mempertimbangkan risiko yang ada dan memastikan udang yang dikonsumsi adalah segar dan bersih.

Sumber:

  1. McCabe, Susan. 2019. Can You Eat Raw Shrimp?. https://www.healthline.com/nutrition/can-you-eat-raw-shrimp. (Diakses pada 12 Desember 2019)
  2. Anonim. What Happens When You Eat Raw Shrimp?. https://www.reference.com/world-view/happens-eat-raw-shrimp-30b02832d501444f. (Diakses pada 12 Desember 2019)

About The Author

Mengenal Diet GM yang Diklaim Turunkan Berat Badan dalam 7 Hari

Resep Bekal Makan Siang Suami yang Praktis dan Lezat