Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Menghangatkan Makanan di Microwave Bisa Sebabkan Kanker?

Myles Bannister

Menghangatkan makanan dengan microwave lebih praktis, namun beberapa orang khawatir akan radiasi yang dapat menyebabkan kanker. Apakah hal tersebut benar?

Benarkah Penggunaan Microwave Picu Kanker?

Kanker terjadi ketika sel-sel tidak normal tumbuh di luar kendali dan menyebar ke organ tubuh lain. Radiasi energi tinggi seperti sinar X dapat menyebabkan kerusakan DNA dan meningkatkan risiko kanker. Namun, microwave menggunakan gelombang mikro yang tidak memiliki energi cukup untuk menghancurkan sel secara langsung.

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa gelombang mikro pada microwave dapat menyebabkan kanker atau menyebabkan kontaminasi radiasi pada makanan. Microwave juga dilengkapi dengan pengaman untuk mencegah bocornya radiasi elektromagnetik.

Pengaruh Penggunaan Microwave Terhadap Nutrisi Makanan

Setiap proses memasak dapat menurunkan nilai nutrisi makanan. Namun, menghangatkan makanan dengan microwave menggunakan waktu yang lebih singkat dan suhu yang lebih rendah, sehingga lebih dapat mempertahankan nutrisi dibandingkan dengan metode konvensional.

Studi menunjukkan bahwa memanaskan sayuran dengan microwave dapat mempertahankan antioksidan dan senyawa antikarsinogenik dengan lebih baik dibandingkan merebus.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Microwave

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghangatkan makanan dengan microwave:

1. Hindari Memanaskan dengan Wadah Plastik

Beberapa jenis plastik mengandung komponen yang dapat mengganggu fungsi hormon tubuh. Anda disarankan untuk menghindari memanaskan makanan dengan wadah plastik kecuali ada tanda aman untuk microwave.

2. Panaskan Makanan dengan Merata dan Hati-hati

Pastikan makanan mendapatkan panas yang merata saat menggunakan microwave. Waspada ketika memanaskan cairan agar tidak melukai kulit.

3. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Baca buku manual dan ikuti petunjuk penggunaan microwave untuk menjaga kualitas makanan dan keselamatan diri.

Microwave merupakan metode masak yang aman, efektif, dan nyaman. Belum ada bukti bahwa microwave dapat menyebabkan kanker.

Referensi

  1. Anonim. Does Radiation From Microwaves Cause Cancer? https://www.cancer.org.au/iheard/does-radiation-from-microwaves-cause-cancer . (Diakses pada 20 Februari 2023).
  2. Farnsworth, Carolyn. 2022. Do Microwaves Cause Cancer? https://www.medicalnewstoday.com/articles/do-microwaves-cause-cancer . (Diakses pada 20 Februari 2023).
  3. Gunnars, Kris. 2022. Microwave Ovens and Health: To Nuke, or Not to Nuke? https://www.healthline.com/nutrition/microwave-ovens-and-health . (Diakses pada 20 Februari 2023).

About The Author

15 Penyebab Metabolisme Lambat yang Jarang Disadari

Acarbose: Dosis, Indikasi, Efek Samping, dll