Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Myles Bannister

Menggunakan Hijab Ternyata Menyehatkan

Salah satu fungsi hijab menurut pandangan Islam adalah melindungi wanita dari kesalahan dan bahaya, termasuk pelecehan dan pelecehan seksual yang umum terjadi di masyarakat saat ini. Hijab juga mengirim sinyal kepada pria bahwa pemakainya adalah wanita sederhana dan pendiam yang tidak boleh diganggu.

Selain itu, wanita Muslim yang menggunakan hijab juga mendapatkan manfaat kesehatan. Berikut adalah manfaat hijab, seperti dilansir dari quranreading.com pada Jumat, 19 Januari 2018:

1. Higienis

Wanita Muslim diwajibkan mengenakan hijab atau penutup kepala ketika melayani masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kemurnian. Banyak pekerja di berbagai profesi seperti perawat, pekerja makanan cepat saji, pekerja restoran dan server, dokter, penyedia layanan kesehatan, dan lainnya, menggunakan ‘kerudung’ sebagai bagian dari pakaian kerja mereka. Dengan begitu, hijab memiliki banyak manfaat kesehatan.

2. Mempertahankan suhu tubuh

Memakai hijab bisa mencegah hilangnya suhu panas tubuh saat cuaca dingin, sehingga suhu tubuh tetap stabil. Hal ini didukung oleh tes medis yang menunjukkan bahwa sekitar 40-60 persen panas tubuh hilang melalui kepala. Oleh karena itu, menggunakan penutup kepala saat musim dingin atau musim hujan sangat penting dari segi kesehatan.

3. Melindungi dari polusi

Menggunakan hijab dapat menjauhkan rambut Anda dari paparan polusi saat berada di luar ruangan, seperti pada jalanan yang penuh dengan asap kendaraan. Hijab juga melindungi rambut dari debu serta paparan langsung sinar matahari yang dapat merusak rambut.

4. Mencegah kerusakan akibat sinar matahari

Hijab dapat melindungi sebagian besar kulit Anda dari sengatan sinar matahari berbahaya, sehingga organ tubuh Anda tetap terlindungi dan kulit Anda terhindar dari keriput.

Mengenakan hijab tidak hanya tidak memiliki kekurangan, tetapi juga memberikan banyak manfaat dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, sebagai wanita muslim yang menggunakan hijab, Anda juga mendapatkan keuntungan dari segi kesehatan.

Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut bagi wanita yang menggunakan hijab:

Keramas secara teratur

Idealnya, keramas dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Pilihlah sampo yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya, yang dapat memperbaiki kerontokan rambut. Gunakan juga kondisioner untuk menjaga kelembutan, keharuman, dan kekuatan rambut.

Gunakan masker rambut dan hair tonic

Dengan menggunakan masker rambut seminggu sekali, Anda dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Pilihlah masker rambut alami seperti sari alpukat untuk rambut kering dan sari jeruk nipis untuk rambut berketombe dan berminyak. Oleskan masker setelah keramas, biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk rambut yang lebih kuat, gunakan serum antirontok atau hair tonic.

Rajin menyisir rambut

Sisir rambut minimal empat kali sehari. Saat menyisir, pijatlah kulit kepala untuk melancarkan peredaran darah. Pilihlah sisir plastik dengan gigi yang jarang, untuk mencegah kerontokan rambut. Jangan menarik garis belahan rambut hanya pada satu sisi, karena hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Hindari menggunakan hijab saat rambut basah

Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kelembaban rambut yang dapat menyebabkan kerontokan. Setelah keramas, biarkan rambut kering secara alami. Gunakan handuk untuk membungkus rambut sebentar, kemudian biarkan rambut kering dengan sendirinya. Hindari juga menyisir rambut saat masih basah. Jika harus menggunakan hair dryer, aturlah suhu rendah dan jaga jarak 10-15 cm dari rambut.

Pilih model rambut yang praktis

Jika memiliki rambut terlalu panjang, kepala akan terasa panas karena sirkulasi udara yang terhambat. Sebaiknya rambut tidak melebihi panjang 60 cm.

Pilih bahan hijab yang nyaman

Jilbab dengan bahan katun atau kaus merupakan pilihan terbaik untuk penggunaan sehari-hari. Bahan ini memiliki pori-pori yang dapat melancarkan sirkulasi udara pada rambut. Gantilah jilbab setiap hari.

Hindari menggunakan jilbab dengan warna gelap

Warna hitam lebih mudah menyerap panas, sehingga membuat rambut terasa lebih panas. Saat memilih ciput (kerudung dalam), pilihlah warna terang atau putih.

Gunakan mode hijab yang praktis

Hindari menggunakan jilbab dengan tumpukan yang berlebihan agar kulit kepala tidak berlebihan berkeringat, yang dapat menyebabkan ketombe. Pada siang hari, gunakan kerudung dengan dua lapisan maksimal. Namun, bagi wanita yang bekerja di ruangan ber-AC, gunakanlah hijab dengan bahan tebal untuk melindungi kepala dari hembusan AC yang dapat menyebabkan kekeringan pada rambut.

Istirahatkan rambut dengan tidak mengikatnya

Ketika berada di rumah dan tidak ada yang melihat Anda, biarkan rambut terurai agar rambut dapat bernapas. Dengan memberi istirahat pada rambut, kelembaban kulit kepala penyebab ketombe dan kerontokkan rambut dapat dikurangi.

About The Author

Pengobatan Autisme dengan Terapi Obat dan Tanpa Obat

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan