Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengenal Tipe Kepribadian Sanguinis yang Optimis dan Ekspresif

Myles Bannister

Teori tentang kepribadian manusia banyak sekali. Salah satu sistem kepribadian tertua di dunia adalah empat model temperamen, yang mencakup kepribadian sanguinis. Yuk, ketahui apa itu kepribadian sanguinis, ciri-cirinya, dan contohnya.

Apa Itu Tipe Kepribadian Sanguinis?

Tipe kepribadian sanguinis berasal dari sistem tipologi temperamen yang dipraktikkan dalam pengobatan Graeco-Arab dan digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dasar konsep ini terkait dengan humorisme, yaitu teori bahwa cairan dalam tubuh manusia mempengaruhi kepribadian.

Setiap orang memiliki komposisi cairan yang berbeda, dan cairan yang paling dominan menentukan tipe temperamen seseorang: sanguinis, plegmatis, koleris, atau melankolis.

Orang dengan kepribadian sanguinis biasanya ceria, optimis, dan bebas. Mereka senang petualangan dan cenderung berani mengambil risiko, tak peduli seberapa besar resikonya.

Sanguinis tidak tahan dengan kebosanan dan selalu mencari cara untuk menghibur diri. Tapi sifat ini bisa berdampak negatif terhadap hubungan dengan orang lain, termasuk hubungan romantis.

Kepribadian sanguinis cenderung menyukai kesenangan dan rentan terhadap kecanduan. Contohnya, sanguinis bisa makan terus menerus sehingga berdampak pada masalah berat badan.

Selain itu, sanguinis memiliki kreativitas yang tinggi dan bakat dalam seni. Mereka bisa sukses di bidang hiburan, pemasaran, fesyen, memasak, dan lainnya.

Ciri-Ciri Kepribadian Sanguinis

Sanguinis bisa dibilang tipe kepribadian yang paling mencolok dibandingkan dengan tipe lainnya. Berikut adalah ciri-ciri lengkap kepribadian sanguinis!

1. Sangat Sosial

Semua orang sanguinis adalah sosial. Mereka ramah dan tidak ragu untuk memulai percakapan, menunjukkan keakraban seperti berjabat tangan, pelukan, atau tepukan di punggung.

Itulah sebabnya sanguinis mudah mendapatkan teman baru. Mereka adalah ekstrovert yang pandai bergaul.

2. Optimis

Sanguinis adalah orang yang sangat optimis. Mereka melihat sisi positif dalam segala hal dan menjalani hidup dengan penuh semangat.

Namun, bukan berarti mereka menganggap situasi buruk sebagai kebaikan. Mereka hanya berpikir bahwa hidup adalah pengalaman yang menyenangkan.

3. Impulsif

Dari semua tipe temperamen, sanguinis adalah yang paling impulsif. Jika mereka menemukan sesuatu yang menarik, mereka akan langsung melakukannya tanpa memikirkan konsekuensinya di masa depan.

4. Pandai Berkomunikasi

Orang dengan kepribadian sanguinis adalah komunikator yang ulung. Mereka pandai menyampaikan maksud dan tujuan, hal yang sulit bagi banyak orang.

Tidak heran banyak sanguinis yang menjadi motivator atau ahli pemasaran. Sayangnya, mereka tidak pandai mendengarkan dan kurang terampil dalam berkomunikasi secara pribadi.

5. Selalu Mencari Kesenangan

Kesenangan selalu menjadi tujuan utama bagi sanguinis. Jika mereka merasa bosan atau tidak tertarik, sulit bagi mereka untuk fokus dan menyelesaikan tugas di hadapan mereka.

Maka dari itu, sanguinis sebaiknya mencari pekerjaan yang menyenangkan.

6. Hidup untuk Hari Ini

Sanguinis hidup untuk saat ini, bukan untuk masa lalu atau masa depan.

Sayangnya, hal ini membuat mereka kadang-kadang tidak belajar dari kesalahan masa lalu dan tidak mempersiapkan masa depan. Mereka mungkin tidak memiliki tujuan atau rencana jangka panjang.

7. Cenderung Berlebihan

Sanguinis cenderung membesar-besarkan segala hal. Mereka bersikap berlebihan saat berbicara, mengutarakan ide, atau perasaan mereka.

8. Membutuhkan Kepastian

Meskipun suka bersenang-senang, sanguinis juga membutuhkan kepastian dari orang yang mereka cintai.

Misalnya, melalui bahasa cinta seperti pemberian hadiah atau ungkapan kasih sayang. Hubungan dengan sanguinis akan langgeng jika ada waktu, perhatian, dan hadiah yang banyak.

9. Cerewet

Sebagai komunikator ulung, wajar jika sanguinis adalah orang yang cerewet dan suka berbicara dengan semua orang.

Ketika ada sanguinis di ruangan, tidak ada momen kesunyian.

10. Suka Mencari Perhatian

Sanguinis ingin mendapatkan perhatian dari orang di sekitarnya, baik itu teman maupun pasangan. Jika pasangan mereka tidak memberikan perhatian, sanguinis akan mencari yang baru.

Namun jika mereka tidak mendapatkan perhatian dari teman-temannya, mereka tidak akan memutuskan hubungan tetapi akan mencari orang lain yang memberikan perhatian lebih.

11. Ekspresif

Sanguinis tidak pernah menyembunyikan perasaannya. Mereka menyampaikan kemarahan atau frustrasi dengan cepat, sehingga orang di sekitarnya tahu apa yang mereka rasakan. Sifat ini membuat mereka terlihat tulus dalam semua tindakan mereka.

12. Humoris

Rasa humor adalah sifat umum yang dimiliki oleh sanguinis, tetapi tidak berlebihan.

Mereka suka tersenyum, tertawa, dan ingin membuat orang lain ikut tersenyum dan tertawa bersama mereka.

13. Maaf dan Lupakan

Sebagai orang yang hidup dalam momen ini, sanguinis mudah memaafkan dan melupakan. Mereka juga mengharapkan perlakuan yang sama dari orang lain.

Mereka ingin kesalahan mereka dimaafkan dengan mudah, seperti halnya mereka memaafkan kesalahan orang lain.

14. Menunjukkan Emosi

Emosi yang dirasakan oleh sanguinis sangat intens, dan mereka tidak ragu untuk menampakkannya di hadapan orang lain, baik itu emosi yang positif maupun negatif.

15. Sangat Percaya Diri

Sanguinis memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pada dasarnya, ini adalah hal positif. Namun, terlalu percaya diri sering membuat mereka terlihat sombong dan egois.

Kepribadian sanguinis adalah kepribadian ceria dan optimis. Namun, ada beberapa sifat mereka yang bisa mengganggu keseimbangan hidup. Jika Anda memiliki kepribadian ini, kenali kelebihan dan kekurangan Anda untuk menciptakan keseimbangan dalam hidup Anda dan hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda.

Referensi

  1. Brown, Ashley. 2020. 15 Benefits And Traits Of Sanguine Temperament. [Online]. Tersedia di: https://www.betterhelp.com/advice/temperament/15-benefits-and-traits-of-sanguine-temperament/. [Diakses pada 25 November 2021].
  2. Psychologia. 2020. Four Temperaments: Sanguine, Phlegmatic, Choleric, and Melancholic Personality Types. [Online]. Tersedia di: https://psychologia.co/four-temperaments/. [Diakses pada 25 November 2021].
  3. Psychologia. 2020. Sanguine Personality Traits – the Boredom Busters. [Online]. Tersedia di: https://psychologia.co/sanguine-personality/. [Diakses pada 25 November 2021].

About The Author

11 Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip

Amankah Konsumsi Kunyit untuk Ibu Hamil dan Janin?