Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Fungsi Kaporit dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Myles Bannister

Berenang memiliki manfaat untuk kesehatan, tapi jika memikirkan bahaya kaporit untuk kesehatan, tentunya semua orang akan memilih olahraga lain dibandingkan berenang. Lalu mengapa kaporit masih selalu digunakan di setiap kolam renang? Apa fungsi kaporit di kolam renang? Apakah kaporit berbahaya bagi kesehatan kita? Simak penjelasan berikut!

Fungsi Kaporit

Kaporit atau kalsium hipoklorit adalah jenis zat desinfektan air. Kaporit berbentuk padatan putih atau kuning dan memiliki bau klorin yang kuat. Fungsi kaporit adalah membunuh patogen berbahaya dalam air dan menjernihkan air di kolam renang. Konsentrasi kaporit harus mematuhi aturan yang ditetapkan.

Bahaya Kaporit

Kaporit yang digunakan dengan takaran yang sesuai tidak berbahaya. Namun, jika kaporit digunakan berlebihan, dapat menyebabkan gas klorin berlebihan yang berbahaya jika tertelan atau terhirup. Selain itu, kolam renang juga dapat terkontaminasi oleh urine dan keringat, menghasilkan zat berbahaya lain. Bau kaporit yang menyengat juga mengindikasikan adanya urine. Berikut adalah bahaya dari kaporit yang perlu diwaspadai:

1. Iritasi mata

Urine yang terkontaminasi dapat memicu iritasi pada mata karena natrium triklorida terbentuk dalam air kolam renang.

2. Mengganggu sistem pencernaan

Kaporit pada kolam renang dapat mengganggu sistem pencernaan jika tertelan dalam jumlah banyak dan bercampur dengan zat lainnya.

3. Merusak kesehatan gigi dan mulut

Penggunaan kaporit dapat merusak kesehatan gigi dan mulut karena pH air kolam renang yang tinggi.

4. Mengganggu sistem pernapasan

Berenang di kolam renang dengan kaporit dapat meningkatkan risiko terkena asma dan gangguan pernapasan lainnya karena paparan gas klorin.

5. Tidak baik untuk kulit

Kaporit berlebihan dan reaksinya dengan zat lain dapat menghasilkan zat berbahaya yang tidak baik untuk kulit, terutama di bawah paparan sinar matahari.

Tips Menghindari Bahaya Kaporit

Untuk berenang dengan aman, Anda dapat mengikuti tips berikut:

  • Pilih waktu berenang ketika kolam renang baru dibuka agar air belum terkontaminasi.
  • Pilih kolam renang indoor dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Gunakan kacamata renang dan penyumbat hidung.
  • Bilas tubuh dengan air bersih sebelum dan sesudah berenang.
  • Gunakan pelembab atau body butter untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Batasi waktu berada di kolam renang.

Kaporit dapat berbahaya, tetapi dengan penggunaan yang tepat, kaporit juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan saat berenang. Jadilah pengguna kolam renang yang cerdas dan bijak agar terhindar dari bahaya kaporit.

About The Author

Cefaclor: Fungsi, Dosis, Efek Samping, dll

Doxazosin: Fungsi, Dosis, Efek Samping, Cara Pakai, dll