Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengenal Vampir Facial, Perawatan Wajah Menggunakan Darah

Myles Bannister

Vampir facial telah menjadi perawatan trendi dalam beberapa tahun terakhir. Bagaimana prosedur dan manfaat dari perawatan wajah ini? Simak penjelasannya berikut!

Apa Itu Vampir Facial?

Vampir facial atau vampire facial adalah perawatan wajah yang bertujuan untuk meremajakan kulit atau lebih dikenal dengan istilah facial rejuvenating. Perawatan ini menggabungkan metode PRP (Platelet-Rich Plasma) dan microneedling. Selama perawatan ini, plasma darah pasien digunakan sebagai bahan utama.

Proses dimulai dengan mengambil darah pasien. Kemudian, plasma darah dan sel darah merah dipisahkan menggunakan teknik PRP yang telah disebutkan sebelumnya. Bagian yang digunakan untuk diaplikasikan ke wajah adalah bagian plasma darah yang mengandung growth factor. Setelah plasma darah diambil, teknik microneedling digunakan untuk mengaplikasikan plasma darah ke wajah.

Vampir facial atau vampire facial pertama kali populer karena dilakukan oleh artis Hollywood, Kim Kardashian. Hingga saat ini, perawatan ini masih tersedia di berbagai klinik kecantikan di beberapa kota besar di Indonesia.

Harga perawatan ini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada klinik kecantikan yang menyediakannya. Seperti perawatan wajah lainnya, untuk hasil maksimal, perawatan ini harus dilakukan secara reguler, sekitar setiap 4-6 minggu.

Manfaat Vampir Facial

Sebagai perawatan kecantikan yang populer dan memiliki harga tinggi, tentu saja vampir facial menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan!

1. Meremajakan kulit

Manfaat pertama dari vampir facial adalah meremajakan kulit. Kulit dapat secara alami meregenerasi dirinya sendiri, tetapi proses ini dapat ditingkatkan dengan perawatan wajah. Setelah menjalani perawatan ini, kulit mungkin sedikit memerah selama beberapa hari. Setelah itu, kulit akan mengelupas perlahan-lahan. Kulit baru yang lebih sehat akan menggantikan kulit lama.

2. Menghaluskan dan mengencangkan kulit

Vampir facial juga meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein utama yang menyusun kulit dan menjaga elastisitasnya. Setelah kulit mengelupas dan memproduksi lebih banyak kolagen, kulit yang lama akan digantikan oleh kulit baru yang lebih halus dan kencang.

3. Mengecilkan pori-pori

Manfaat lain dari vampir facial adalah membantu mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori yang terlalu besar dapat menyebabkan masalah wajah yang serius, seperti jerawat dan komedo. Setelah mengaplikasikan plasma darah dengan teknik microneedling, perawatan lain dapat membantu mengecilkan pori-pori.

4. Mengatasi masalah jerawat

Vampir facial juga diklaim mampu mengatasi jerawat. Perawatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, kulit yang terbaru juga dapat menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat jika perawatan ini dilakukan secara rutin.

Apakah Vampir Facial Aman?

Vampir facial dianggap aman karena menggunakan darah pasien sendiri yang tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi. Meskipun relatif aman, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan ini.

Berikut beberapa tips sebelum menjalani vampir facial!

1. Teliti memilih klinik kecantikan

Pilihlah klinik kecantikan dengan teliti. Harga vampir facial bervariasi, tetapi jangan tergiur dengan harga murah. Pastikan klinik kecantikan yang Anda pilih memiliki tenaga profesional yang bersertifikat dan menggunakan alat steril serta menjaga kebersihannya.

2. Memastikan kondisi kesehatan Anda

Perhatikan kondisi kesehatan Anda sebelum menjalani vampir facial. Perawatan ini menggunakan darah Anda sendiri sebagai bahan utama, jadi pastikan Anda tidak memiliki gangguan darah. Jika Anda memiliki masalah dengan darah Anda, dapat menyebabkan efek samping.

Jika imunitas tubuh sedang menurun, seperti saat sedang sakit flu atau menstruasi, growth factor dalam darah akan terfokus pada proses penyembuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Jadi, pada saat darah diambil untuk vampir facial, jumlah growth factor yang diharapkan sedikit dan tidak maksimal.

3. Kenali risiko perawatan ini

Memahami risiko perawatan kecantikan yang Anda pilih sangat penting. Meskipun perawatan ini tergolong aman, karakter kulit setiap orang berbeda, jadi reaksi dan hasilnya dapat berbeda.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, lebih berhati-hati dalam memilih perawatan kulit dan berkonsultasi dengan ahli sebelum melakukannya. Ingatlah bahwa perawatan ini tidak murah dan harus dilakukan secara teratur.

Itulah sedikit informasi tentang vampir facial. Apakah Anda tertarik untuk mencoba perawatan ini? Jangan lupa melihat beberapa tips yang telah disebutkan di atas. Selamat mencoba!

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia

About The Author

Berapa Jam Waktu Tidur yang Ideal Berdasarkan Usia?

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 26 Minggu