Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Actifed Merah: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Myles Bannister

Kenali lebih jauh tentang Actifed Merah, seperti manfaat, dosis, efek samping, dan informasi lainnya.

Kandungan dan Cara Kerja Actifed Merah

Cara kerja Actived Merah tergantung pada kandungan bahan aktif di dalamnya. Terdapat tiga bahan aktif dalam Actifed Merah, yaitu Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCl, dan Dextromethorphan Hbr.

1. Triprolidine HCl

Triprolidine HCl adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala alergi seperti hidung dan tenggorokan gatal, bersin-bersin, hidung dan mata berair, dan ruam. Triprolidine HCl bekerja dengan menghambat senyawa histamin yang memicu reaksi alergi tersebut.

2. Pseudoephedrine HCl

Pseudoephedrine HCl adalah obat dekongestan yang berfungsi untuk mengatasi hidung tersumbat dan sinus akibat infeksi. Pseudoephedrine HCl bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah yang menyebabkan hidung tersumbat.

3. Dextromethorphan HBr

Dextromethorphan HBr adalah obat yang digunakan untuk mengatasi batuk kering. Obat ini bekerja dengan menekan saraf pada otak yang memicu keinginan untuk batuk. Dextromethorphan HBr hanya efektif untuk batuk kering dan tidak dapat mengatasi batuk berdahak.

Manfaat Actifed Merah

Actifed Merah dapat digunakan untuk mengatasi gejala flu yang disertai batuk kering. Actifed Merah membantu meringankan gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, tenggorokan gatal, dan batuk kering.

Dosis Actifed Merah

Actifed Merah tersedia dalam bentuk sirup. Setiap 5 ml Actifed Merah mengandung 1,25 mg Triprolidine HCl, 30 mg Pseudoephedrine HCl, dan 10 mg Dextromethorphan Hbr.

Dosis yang disarankan adalah sebagai berikut:

  • Anak usia 2-6 tahun: 1,25 ml, 3 kali sehari.
  • Anak usia 6-12 tahun: 2,5 ml, 3 kali sehari.
  • Dewasa dan anak usia di atas 12 tahun: 5 ml, 3 kali sehari.

Petunjuk Penggunaan Actifed Merah

Actifed Merah harus digunakan sesuai petunjuk penggunaan. Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Actifed Merah dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan, tapi sebaiknya setelah makan untuk menghindari gangguan pencernaan.
  • Kocok kemasan sebelum mengonsumsi obat.
  • Gunakan obat batuk Actifed Merah sesuai dosis yang disarankan.
  • Gunakan obat batuk Actifed Merah pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jika dosis terlewat, konsumsi dosis selanjutnya sesuai jadwal.
  • Jika overdosis, segera konsultasikan ke dokter.

Petunjuk Penyimpanan Actifed Merah

Simpan Actifed Merah pada suhu di bawah 30°C, di tempat yang kering, terlindung dari cahaya matahari, jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, dan simpan dalam kemasan asli.

Efek Samping Actifed Merah

Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan Actifed Merah adalah pusing, gugup, gangguan tidur, dan mengantuk.

Efek samping yang lebih serius memerlukan penanganan medis, dan termasuk detak jantung lebih cepat, sesak napas, kehilangan kesadaran, penglihatan kabur, kejang, sulit buang air kecil, dan reaksi alergi.

Jika Anda mengalami efek samping yang berat atau reaksi alergi, hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan dengan dokter.

Interaksi Obat Actifed Merah

Actifed Merah dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti MAO inhibitor, amitriptyline, citalopram, codeine, sertaline, cetirizine, dan diphenhydramine. Diskusikan dengan dokter tentang obat-obatan yang mungkin berinteraksi dengan Actifed Merah.

Peringatan dan Perhatian Actifed Merah

Penggunaan Actifed Merah harus sesuai dengan petunjuk dan perhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki alergi terhadap bahan aktif atau non-aktif yang terkandung dalam obat ini. Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat jenis ini.
  • Gunakan dengan hati-hati pada pasien dengan masalah ginjal, hati, tekanan darah tinggi, obesitas, dan lansia.
  • Obat ini tidak disarankan untuk anak di bawah 2 tahun, wanita hamil, wanita yang sedang merencanakan kehamilan, dan ibu menyusui.
  • Obat ini dapat menyebabkan kantuk, jadi hindari mengemudi atau menggunakan mesin setelah menggunakannya.

About The Author

Beragam Cara Mendeteksi Dini Kanker Serviks