Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Pahami Stadium Kanker Otak dari Awal hingga Akhir

Myles Bannister

Dalam pengobatan kanker otak, penting bagi dokter untuk mengetahui stadium atau tahap kanker yang terjadi. Berikut penjelasan mengenai tingkat stadion kanker dalam ulasan ini.

Tahap Kanker Otak dari Awal hingga Akhir

Kanker otak terdiri dari beberapa tahap, yaitu stadium 1 sampai 4. Apa yang membedakan satu tahap dengan tahap lainnya? Berikut penjelasannya:

1. Stadium I

Kanker otak stadium 1 adalah penyakit dengan tingkatan awal, ditandai oleh pertumbuhan sel tumor yang lambat.

Pada tahap ini, sel tumor bersifat jinak dan terlihat sama dengan sel sehat saat dilihat dengan mikroskop. Selain itu, jarang terjadi penyebaran ke jaringan di sekitarnya.

Meskipun beberapa penderita kanker otak mungkin merasakan gejala awal, pengobatan belum tentu diperlukan pada tahap ini. Namun, dalam beberapa kasus, pengobatan seperti operasi pengangkatan tumor dapat dilakukan sedini mungkin.

2. Stadium II

Pada tahap ini, pertumbuhan sel tumor pada kanker otak masih lambat, namun bisa menyebar ke jaringan terdekat.

Kanker otak stadium 2 juga masih memungkinkan sel tumor untuk kembali setelah perawatan. Ketika dilihat menggunakan mikroskop, sel tumor akan memiliki bentuk yang sedikit tidak normal.

Pengobatan yang biasanya dilakukan pada tahap ini adalah operasi pengangkatan tumor, sesuai dengan gejala yang dialami oleh sel otak yang terkena.

3. Stadium III

Pada tahap ini, pertumbuhan sel tumor pada kanker otak menjadi lebih cepat dan ganas, dan kanker dapat menyebar ke jaringan terdekat.

Sel tumor pada tahap ini bisa kembali setelah perawatan khusus. Ketika dilihat di bawah mikroskop, sel tumor akan terlihat tidak normal dibandingkan dengan sel sehat.

Gejala pada tahap ini akan bervariasi, sehingga pengobatan yang dilakukan juga beragam. Beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk kanker otak stadium III termasuk kemoterapi, operasi, dan radioterapi.

4. Stadium IV

Tahap ini merupakan tahap terakhir kanker otak yang sudah sangat parah. Beberapa tanda Anda mengalami tahap ini antara lain:

  • Proses pertumbuhan sel tumor yang sangat cepat dan ganas.
  • Kemampuan penyebaran yang mudah ke jaringan otak, sumsum tulang belakang, atau organ lain (metastasis).
  • Pertumbuhan sel tumor yang abnormal.
  • Perubahan bentuk sel tumor ketika dilihat dengan mikroskop.
  • Tumor yang membentuk pembuluh darah baru untuk bertumbuh secara cepat.
  • Kemungkinan muncul kembali setelah perawatan.
  • Tumor dengan sel-sel yang mati (nekrosis).

Pada tahap ini, pengobatan termasuk kemoterapi dan radioterapi. Tujuan perawatan ini adalah mengendalikan pertumbuhan sel tumor, meredakan gejala, dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Nah, itulah urutan tahapan kanker otak yang penting untuk diketahui. Semakin tinggi tahap kanker, semakin parah kondisinya.

Pada akhirnya, apapun tingkat tahapnya, penyakit kanker otak dapat mengancam nyawa, terutama jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi

  1. Anonim. 2019. Grades of brain and spinal cord tumours. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/brain-tumours/grades. (Diakses pada 6 Februari 2023).
  2. Anonim. 2021. Brain Tumor: Grades and Prognostic Factors. https://www.cancer.net/cancer-types/brain-tumor/grades-and-prognostic-factors. (Diakses pada 6 Februari 2023).
  3. Anonim. 2022. Brain cancer grades. https://www.cancercenter.com/cancer-types/brain-cancer/grades. (Diakses pada 6 Februari 2023).

About The Author

Cara Menghilangkan Nyeri Lutut secara Alami dan Medis

9 Manfaat Konsumsi Ikan Secara Rutin!