Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

15 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Myles Bannister

Menerapkan cara menjaga kesehatan mata untuk mencegah katarak dan penyakit mata lainnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sehari-hari agar tetap sehat. Baca terus untuk informasi lengkapnya!

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga mata tetap sehat dan terhindar dari masalah penglihatan sangatlah mudah bila dilakukan secara rutin dan telaten. Cara sederhana seperti mengubah gaya hidup dan menjaga pola makan sehat.

Berikut adalah sejumlah cara menjaga kesehatan mata:

1. Rutin Periksa Mata Setiap 12 Bulan

Rutin memeriksakan mata setiap 12 bulan sekali sangatlah penting. Masalah penglihatan yang tidak segera ditangani bisa berkembang semakin parah.

Beberapa pemeriksaan kesehatan mata yang dijalani adalah:

  • Berkonsultasi dengan dokter spesialis mata tentang riwayat medis pribadi dan keluarga.
  • Tes penglihatan untuk melihat adanya rabun dekat, rabun jauh, astigmatisme, dan presbiopia.
  • Tes untuk melihat seberapa baik mata berfungsi.
  • Tekanan dan tes saraf optik untuk memeriksa glaukoma.
  • Pemeriksaan eksternal dan mikroskopis mata.

2. Menggunakan Kacamata Anti-UV

Menggunakan kacamata anti-ultraviolet (UV) saat beraktivitas di luar ruangan dapat mencegah kerusakan mata akibat sinar UV.

Kacamata yang tepat, seperti yang terbuat dari polycarbonate, dapat melindungi mata dengan lebih baik. Pastikan kacamata yang digunakan dapat memantulkan radiasi sinar ultraviolet paling tidak 98%.

3. Asupan Nutrisi yang Cukup

Menjaga asupan nutrisi bisa mencegah atau memperlambat degenerasi makula dan pertumbuhan katarak. Makan makanan yang kaya vitamin (A, C, dan E), mineral (zinc), dan antioksidan.

Makanan yang baik untuk kesehatan mata antara lain wortel, stroberi, paprika merah, brokoli, bayam, jeruk, dan ubi. Juga dianjurkan mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon dan biji rami.

4. Penuhi Asupan Karotenoid

Karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Karotenoid dapat ditemukan di sayuran hijau seperti brokoli, zukini, dan telur. Juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Karotenoid membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di mata dan menyerap sinar ultraviolet dan cahaya biru.

5. Penggunaan Cahaya yang Cukup

Penggunaan cahaya yang tepat saat bekerja penting untuk mencegah kelelahan mata. Gunakan lampu meja bercahaya lembut dari arah samping saat bekerja menggunakan komputer. Kurangi kecerahan monitor untuk kenyamanan mata.

6. Menggunakan Filter Monitor

Gunakan filter glass monitor untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi dari monitor komputer atau smartphone. Pastikan filter yang digunakan mampu mengurangi pengaruh radiasi.

7. Posisikan Kertas Kerja dan Komputer dengan Tepat

Posisikan kertas kerja dalam jarak yang seimbang dengan monitor ketika bekerja di depan komputer. Hal ini membantu mengurangi upaya memfokuskan pandangan.

8. Istirahatkan Mata

Istirahatkan mata selama beberapa saat setelah seharian berada di depan layar komputer. Tutup mata selama lima detik atau fokus pada objek yang jauh selama beberapa menit setiap 30 menit.

9. Gunakan Lensa Kontak Berkualitas

Pilih lensa kontak berkualitas dan gunakan dengan benar. Hindari memegang lensa kontak dengan tangan kotor dan gantilah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan oleh produsen atau dokter.

10. Rajin Merawat Lensa Kontak

Rawat lensa kontak dengan baik. Bilas hingga bersih setiap kali akan dipakai atau dilepas. Ganti cairan lensa saat menaruh lensa di tempatnya sebelum tidur.

11. Mengganti Lensa Kontak sesuai Jadwal

Jangan memakai lensa kontak lebih lama dari yang dianjurkan. Risiko infeksi semakin tinggi jika lensa kontak dipakai terlalu lama.

12. Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Hindari merokok untuk melindungi kesehatan mata.

13. Pertahankan Kebugaran Tubuh

Olahraga secara teratur membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit seperti diabetes yang dapat merusak penglihatan.

14. Dapatkan Udara Segar

Udara segar membantu memasok oksigen ke kornea mata. Pastikan mata dapat mendapatkan udara segar sebanyak mungkin.

15. Hindari Menggosok Mata

Jangan menyentuh atau menggosok mata ketika terasa gatal atau perih. Hindari menggosok mata agar tidak menyebabkan infeksi.

Bagaimana Cara Tes Kesehatan Mata?

Memeriksakan mata ke dokter spesialis mata adalah cara yang paling tepat untuk memastikan kesehatan mata. Dokter dapat mendiagnosis kondisi mata dan memberikan saran yang sesuai.

Beberapa tes kesehatan mata yang umum dilakukan adalah:

  • Aplination Tonometry untuk mengukur tekanan mata.
  • Topografi kornea untuk memeriksa permukaan mata.
  • Fluorescein angiogram untuk melihat peredaran darah di retina.
  • Tes pupil dilatasi untuk melihat tanda-tanda penyakit.
  • Pemeriksaan pembiasan untuk mendapatkan resep kacamata.

Referensi

  1. Anonim. 2018. How to Keep Your Eyes Healthy. [Online] Tersedia di: https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight#1 [Diakses pada 15 Mei 2020]
  2. Anonim. 2018. A Glossary of Eye Tests and Exams. [Online] Tersedia di: https://www.webmd.com/eye-health/eye-tests-exams#1 [Diakses pada 15 Mei 2020]
  3. Roland, James. 2017. 10 Ways to Improve Your Eyesight. [Online] Tersedia di: https://www.healthline.com/health/how-to-improve-eyesight#stay-fit [Diakses pada 15 Mei 2020]
  4. Malik, Usman. Tanpa Tahun. 20 Tips for Optimal Eye Health. [Online] Tersedia di: https://irisvision.com/20-tips-for-optimal-eye-health/ [Diakses pada 15 Mei 2020]

About The Author

Gangren: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Manfaat Gula Merah bagi Kesehatan