Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

15 Buah Penurun Kolesterol yang Bisa Anda Coba

Myles Bannister

Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Sebelum menjelaskan mengenai buah penurun kolesterol, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua buah bisa membantu menurunkan kolesterol. Berikut adalah buah penurun kolesterol yang bisa Anda coba:

1. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C, kalsium, dan pektin yang tinggi, sehingga bisa menurunkan kolesterol pada tubuh. Jeruk juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Anggur

Anggur mengandung quercetin dan flavonoid yang melawan peradangan, mencegah penggumpalan darah, dan menurunkan kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kolesterol LDL.

3. Apel

Apel mengandung pektin, karoten, dan serat larut air yang memperbaiki pencernaan, meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan beta-sitosterol yang menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat juga memberikan rasa kenyang lebih lama dan menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin C, E, pektin, flavonoid, karotenoid, selenium, dan likopen, yang menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Buah ini juga menurunkan tekanan darah.

6. Stroberi

Stroberi dan buah sejenis seperti blueberry dan blackberry menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Pisang

Pisang mengandung serat yang mengurangi kadar kolesterol jahat dan menghambat pertumbuhan plak di pembuluh darah. Pisang juga mengurangi masalah pada jantung dan organ-organ tubuh.

8. Buah zaitun

Buah zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang meningkatkan kadar kolesterol baik. Zaitun juga mengandung antioksidan hydroxytyrosol yang baik untuk kesehatan jantung.

9. Tomat

Tomat mengandung likopen yang mengurangi kolesterol LDL dan memberikan manfaat pada penderita kolesterol tinggi serta penderita maag.

10. Pisang

Vitamin dan serat pada pisang menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan tekanan darah.

11. Semangka

Semangka mengandung likopen yang menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

12. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C, E, dan likopen yang menghambat oksidasi kolesterol di pembuluh darah.

13. Pir

Pir mengandung serat larut air dan pektin yang membersihkan usus dan melancarkan buang air besar.

14. Mangga

Mangga mengandung vitamin C yang mencegah kolesterol teroksidasi dan serat yang mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah pada tahap pencernaan.

15. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, E, dan polifenol yang meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi pembekuan darah.

Itulah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Menurunkan kolesterol secara alami harus dilakukan secara konsisten. Jika kadar kolesterol masih tinggi meski sudah mengonsumsi beberapa buah ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

About The Author

Posisi Lotus: Meningkatkan Gairah dengan Cepat bersama Pasangan

Difteri Pada Anak