Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

15 Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi) yang Efektif

Myles Bannister

15 Buah Penurun Darah Tinggi yang Efektif

Menurunkan darah tinggi dengan buah penurun tekanan darah tinggi dapat menggantikan obat atau digunakan sebagai terapi pendamping. Jika Anda menderita hipertensi, pilihlah buah yang tidak hanya menyediakan vitamin dan mineral tetapi juga membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Berikut adalah daftar buah penurun darah tinggi atau hipertensi yang terbukti efektif:

1. Buah berry

Salah satu buah penurun darah tinggi adalah buah berry.

Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, dan cranberry adalah contoh dari jenis buah berry. Buah berry mengandung tinggi serat, mineral, dan antioksidan yang dapat menjaga tekanan darah Anda.

Semua jenis berry baik dikonsumsi, tetapi jika Anda menginginkan yang kaya flavonoid terbaik, maka pilihlah blueberry. Blueberry bisa dimakan langsung atau dicampurkan dengan oatmeal sebagai sarapan.

2. Buah bit

Buah bit juga efektif dalam menurunkan darah tinggi.

Buah bit dikenal sebagai buah yang baik untuk darah karena mengandung senyawa nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah. Buah bit dapat diolah menjadi salad atau dipanggang. Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi buah bit adalah dengan meminum air perasan buah bit yang dihancurkan menggunakan blender.

3. Kiwi

Buah kiwi juga bisa menurunkan darah tinggi.

Buah kiwi mengandung banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, buah kiwi juga kaya vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

4. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium.

Kandungan kalium dalam pisang lebih tinggi daripada kiwi. Pisang sangat cocok sebagai buah penurun tekanan darah tinggi karena kandungan kalium yang tinggi.

5. Jeruk

Jeruk adalah buah yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Jeruk mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kesehatan. Konsumsi jeruk secara rutin dapat memelihara kesehatan secara menyeluruh.

6. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak yang sehat.

Alpukat juga mengandung kalium dan masuk dalam daftar buah penurun darah tinggi. Kandungan terbaik alpukat terdapat pada bagian daging buah yang dekat dengan kulitnya.

7. Melon

Melon adalah buah penurun tekanan darah tinggi yang enak dan efektif.

Melon kaya kalium, vitamin A, vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, dan serat.

8. Anggur

Anggur baik untuk kesehatan, terutama untuk darah tinggi.

Anggur dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi karena kandungan kalium yang dapat menekan kelebihan natrium dalam tubuh.

9. Semangka

Semangka mengandung senyawa L-citrulline yang dapat membantu relaksasi pembuluh darah, sehingga baik untuk menurunkan darah tinggi. Semangka juga baik untuk penderita anemia.

10. Nanas

Nanas adalah buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah nanas mengandung enzim bernama bromelain yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah.

11. Tomat

Tomat memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Tomat juga mengandung likopen yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

12. Delima

Delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan kalium dan polifenol dalam delima dapat menurunkan tekanan darah dan berfungsi sebagai antioksidan.

13. Pepaya

Pepaya baik untuk saluran pencernaan.

Konsumsi pepaya secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium yang tinggi.

14. Mengkudu

Mengkudu dikenal sebagai buah penurun darah tinggi.

Mengkudu mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. Penelitian telah menunjukkan manfaat mengkudu dalam menurunkan tekanan darah.

15. Aprikot

Aprikot dapat dinikmati dalam bentuk buah kering.

Kandungan kalium dalam aprikot tiga kali lebih tinggi dari pisang.

Itulah 15 buah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, tidak semua kasus tekanan darah tinggi dapat diatasi hanya dengan buah-buahan. Jika Anda mengalami gejala tekanan darah seperti sakit kepala, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan terapi obat yang tepat.

Selain mengonsumsi buah penurun darah tinggi, penderita hipertensi juga disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan garam tinggi, makanan kalengan, makanan dengan kandungan gula tinggi, dan minuman berkarbonasi.

Selain mengonsumsi buah penurun darah tinggi, penderita hipertensi juga disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan garam tinggi, makanan kalengan, makanan dengan kandungan gula tinggi, dan minuman berkarbonasi.

About The Author

Bronkitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

9 Tanda Anda Harus Konsultasi ke Psikiater Secepatnya