Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Lidah Kuning, Mulut Kering, hingga Penyakit

Myles Bannister

Lidah kuning sering kali tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini disebabkan oleh penyakit tertentu seperti penyakit kuning. Silakan temukan penyebab lainnya di bawah ini!

Kenapa Lidah Berwarna Kuning?

Lidah terlihat kuning biasanya karena penumpukan sel kulit mati pada papila di permukaan lidah. Kondisi ini terjadi ketika papila membesar dan bakteri di mulut menghasilkan pigmen berwarna. Terdapat penyebab lain yang perlu diperhatikan.

Berikut ini faktor lain yang menyebabkan lidah kuning:

1. Mulut kering

Mulut kering terjadi karena kurangnya air liur di mulut. Air liur membersihkan bakteri dan mencegah kerusakan gigi. Mulut kering dapat disebabkan oleh efek samping obat, sindrom Sjogren, diabetes, radiasi, kemoterapi, dan bernapas melalui mulut saat tidur.

2. Lidah hitam

Black hairy tongue adalah kondisi yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih sel kulit mati pada lidah. Pertumbuhan ini membuat papila tumbuh lebih besar. Akibatnya, bakteri, kotoran, makanan, dan zat lain dapat terkumpul di papila dan mengubah warnanya.

3. Kebersihan mulut yang buruk

Ketidakrapihan menyikat gigi dapat menyebabkan penumpukan sel kulit dan bakteri pada papila lidah. Penumpukan bakteri dapat mengubah warna lidah menjadi kuning.

4. Lidah geografis

Geographic tongue terjadi ketika lidah kehilangan papila. Ini membuat permukaan lidah terlihat seperti peta. Lidah geografis dapat membuat lidah berwarna kuning.

5. Antibiotik

Penggunaan antibiotik dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap sariawan. Sariawan dapat membuat lidah berwarna putih atau kuning.

6. Obat-obatan yang mengandung bismuth subsalicylate

Beberapa obat yang mengandung bismuth subsalicylate dapat mengubah warna lidah menjadi hitam. Obat dengan kandungan ini juga dapat menyebabkan feses menjadi gelap.

7. Obat kumur

Menggunakan obat kumur tertentu dapat mengubah warna lidah. Obat kumur resep dengan kandungan chlorhexidine dapat menodai permukaan gigi dan lidah.

8. Obat-obatan lainnya

Beberapa obat lainnya dapat menyebabkan perubahan warna kuning atau cokelat pada lidah dan mulut. Obat-obatan ini termasuk zat besi, obat psikotropika penyebab mulut kering, obat anti-malaria, kontrasepsi oral, chlorpromazine, cyclophosphamide, busulfan, obat kemoterapi, zidovudine, dan lansoprazole.

9. Asap rokok dan tembakau kunyah

Bahan kimia dari asap rokok dan tembakau kunyah dapat membuat lidah berubah warna menjadi kuning. Merokok juga meningkatkan risiko black hairy tongue.

10. Makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan lidah berubah warna menjadi kuning atau cokelat untuk sementara. Ini termasuk teh, kopi, makanan dengan pewarna kuning, dan vitamin serta suplemen dengan pewarna kuning.

11. Masalah lambung

Gastritis merupakan peradangan pada lapisan perut. Gastritis kronis dapat menyebabkan lapisan lidah menjadi kuning.

12. Kondisi autoimun

Kondisi autoimun psoriasis dapat menyebabkan kulit terkelupas dan bercak merah dengan tepi kuning pada lidah. Psoriasis oral biasanya jarang terjadi.

13. Penyakit kuning

Jaundice atau penyakit kuning menyebabkan kulit dan bagian putih mata berwarna kuning. Penyakit kuning juga dapat menyebabkan mulut menguning. Penyakit kuning membutuhkan perhatian medis segera karena dapat menunjukkan penyakit serius seperti sirosis, hepatitis, kanker pankreas, kanker hati, dan obstruksi saluran empedu.

14. Diabetes

Ada hubungan antara lapisan kuning pada lidah dengan diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan pradiabetes cenderung memiliki lidah kuning.

Itulah sejumlah penyebab lidah kuning yang mungkin jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Anonim. 2021. Yellow Tongue. https://www.medicoverhospitals.in/symptoms/yellow-tongue. Diakses pada 78 April 2022.
  2. Anonim. 2018. Yellow tongue. https://www.mayoclinic.org/symptoms/yellow-tongue/basics/definition/sym-20050595. Diakses pada 7 April 2022.
  3. Huizen, Jennifer. 2017. What you should know about yellow tongue. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320022. Diakses pada 7 April 2022.
  4. Sampson, Stacy. 2022. Why Is My Tongue Yellow? https://www.healthline.com/health/yellow-tongue. Diakses pada 7 April 2022.

About The Author

Mengapa Alkohol Membuat Rasa Hangat dan Muka Merah?

Mengenal Sukralosa: Pemanis Buatan Pengganti Gula