Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Myles Bannister

  1. Nama: Fludane
  2. Kelas Terapi: Antihistamin
  3. Monografi Obat: Klorfeniramin maleat kombinasi

Indikasi Fludane

Obat fludane digunakan untuk mengatasi batuk, pilek, flu, dan demam. Penggunaan obat fludane juga bisa untuk mengatasi urtikaria, reaksi anafilaktik, gigitan dan sengatan serangga, serta insomnia.

Obat ini juga bisa dipakai untuk mengatasi muntah, bersin-bersin, sakit kepala, dan kongesti saluran pernapasan.

Kontraindikasi Fludane

Penggunaan obat fludane tidak dianjurkan bagi penderita asma, bayi prematur, retensi urin, hipertrofi prostat, penyakit hati, epilepsi, glaukoma sudut sempit, obstruksi pyloroduodenal, gangguan ginjal, dan porfiria.

Bentuk Sediaan Fludane

Obat fludane tersedia dalam bentuk kaptabs dan sirup. Kaptabs mengandung klorfeniramin maleat, paracetamol, phenylpropanolamine HCl, dan dextromethorphan. Sirup mengandung semua kandungan kaptabs kecuali dextromethorphan.

Manfaat Fludane

Obat fludane meredakan bersin-bersin, sekresi nasal, batuk, pilek, flu, urtikaria, serta tanda-tanda reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, mual, dan muntah. Fludane juga bermanfaat bagi penderita insomnia.

Dosis Fludane

Dosis fludane kaptabs untuk orang dewasa adalah 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari, sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun adalah 1/2 kaplet sebanyak 3 kali sehari. Dosis fludane sirup untuk orang dewasa adalah 4 sendok takar sebanyak 3 kali sehari, sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun adalah 2 sendok takar sebanyak 3 kali sehari.

Efek Samping Fludane

Beberapa efek samping fludane yang perlu diwaspadai adalah rasa kantuk, gangguan pada saluran pencernaan, kelemahan otot, sakit kepala, hipotensi, tinnitus, kelainan darah, palpitasi, takikardi, aritmia, retensi urin, dan reaksi alergi. Segera hubungi bantuan medis jika mengalami tanda-tanda reaksi alergi berat atau pandangan kabur.

Sumber: BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id

About The Author

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Tubuh

Muntah Kuning atau Kehijauan Terasa Pahit, Berbahayakah?