Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengenal Manfaat Susu Kambing bagi Ibu Hamil serta Risikonya

Myles Bannister

Minum susu kambing saat hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu serta mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Ada beberapa manfaat susu kambing yang sebaiknya diketahui oleh ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Kambing?

Minum susu kambing aman dilakukan saat hamil di segala usia kehamilan karena tidak mengandung senyawa berbahaya untuk janin. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi susu yang baru diperah, baik susu kambing maupun susu sapi. Susu yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus melalui proses pasteurisasi agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin. Jika susu kambing sudah memenuhi standar tersebut, konsumsinya justru bermanfaat untuk kehamilan.

Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil

Susu kambing memiliki nilai gizi yang tinggi dan dapat membantu memenuhi nutrisi ibu hamil. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan protein, lemak, kalori, dan vitamin B2 yang lebih tinggi. Selain itu, susu kambing juga mengandung asam lemak esensial dan vitamin A yang dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Beberapa manfaat susu kambing untuk ibu hamil antara lain mendukung perkembangan sistem saraf janin, memenuhi kebutuhan protein, lebih kecil berisiko menyebabkan alergi, menjaga kadar kolesterol tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin D, melancarkan sistem pencernaan, dan menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Potensi Risiko Minum Susu Kambing saat Hamil

Terlepas dari manfaatnya, minum susu kambing saat hamil juga memiliki potensi risiko. Beberapa risiko bahaya konsumsi susu kambing selama kehamilan antara lain meningkatkan berat badan jika dikonsumsi dalam porsi berlebihan, memicu gangguan pencernaan jika ibu hamil memiliki intoleransi laktosa.

Tips Aman Konsumsi Susu Kambing saat Hamil

Untuk mengoptimalkan manfaat susu kambing, perhatikan beberapa tips berikut: hindari mengonsumsi susu kambing secara berlebihan, minum tiga cangkir susu per hari selama kehamilan, perhatikan kebutuhan nutrisi, hindari susu yang tidak dipasteurisasi, dan perhatikan aturan minum susu saat hamil.

Referensi

  1. Tian, C. 2022. Drinking Milk During Pregnancy — Is It Good? https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-milk-during-pregnancy-is-it-good-for-you/. (Diakses pada 4 April 2023).
  2. Dasher, Eva. 2021. Protein During Pregnancy. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/protein-in-your-pregnancy-diet_1690. (Diakses pada 4 April 2023).
  3. Malachi, Rebecca. 2023. Milk During Pregnancy: Which Type Is Best For You And Why? https://www.momjunction.com/articles/types-milk-can-consumed-pregnancy_0076537/. (Diakses pada 4 April 2023).
  4. WebMD Editorial Contributors. 2022. Goat Milk: Are There Health Benefits? https://www.webmd.com/diet/goat-milk-are-there-health-benefits. (Diakses pada 4 April 2023).

About The Author

CT Scan: Penggunaan, Prosedur, Persiapan, Risiko

Apakah Wanita yang Sudah Melakukan Sterilisasi Masih Bisa Hamil?