Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Green coffee atau kopi hijau adalah jenis kopi yang tidak mengalami proses pemanggangan. Biji kopi ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan Green Coffee

Dalam 1 sendok (5 gram) green coffee mengandung:

  • Kalori: 20 kkal.
  • Karbohidrat: 1 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Kalsium: 50 miligram.
  • Kalium: 71 mg.
  • Kafein: 20 mg.

Kopi hijau juga mengandung asam klorogenat, senyawa yang memiliki sifat:

  • Antioksidan.
  • Antiinflamasi.
  • Antihipertensi.
  • Antiobesitas.
  • Antidiabetes.
  • Antikarsinogenik.

Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya mendukung program diet, berikut adalah beberapa manfaat lain dari green coffee:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi kopi hijau menjadi pilihan yang tepat bagi penderita hipertensi. Kandungan asam klorogenat dalam kopi hijau dapat menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah Kanker

Biji kopi hijau mengandung nutrisi penting dan antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit kronis lainnya. Asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah pembentukan sel tumor dan risiko beberapa jenis kanker.

3. Sumber Antioksidan

Green coffee mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini memiliki banyak efek positif bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dalam kopi hijau dapat melawan radikal bebas dan memperlambat penuaan dini serta mencegah kanker.

4. Mencegah Diabetes

Zat yang terkandung dalam kopi hijau membantu menurunkan kadar gula darah. Tubuh dengan kadar glukosa normal cenderung terhindar dari penyakit diabetes. Hindarilah menambahkan gula pada kopi hijau agar manfaatnya lebih maksimal.

5. Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam klorogenat dalam green coffee membantu membakar lemak di tubuh dan menekan rasa lapar. Program penurunan berat badan akan lebih efektif dengan kombinasi olahraga dan pola makan sehat.

6. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kandungan kafein dalam green coffee dapat meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat ini. Beberapa orang bisa mengalami sakit kepala akibat kandungan kafein di dalamnya.

7. Memperbaiki Mood

Kandungan kafein dalam green coffee dapat memperbaiki mood. Banyak orang merasa lebih tenang dan rileks setelah mengonsumsinya. Daya kognitif yang meningkat dan suasana hati yang baik merupakan kombinasi yang cocok untuk mendukung produktivitas.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi kopi hijau dengan dosis yang tepat membantu peningkatan metabolisme tubuh. Hal ini berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk metabolisme karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan lain-lain.

9. Menjaga Kelembapan Kulit

Rutin mengonsumsi green coffee dapat menjaga kelembapan kulit. Kopi hijau mengandung antioksidan yang menjaga elastisitas kulit dan mencegah stres oksidatif pada sel-sel kulit. Selain itu, kopi hijau juga mengandung senyawa asam lemak yang membantu menjaga kelembapan kulit.

10. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam green coffee membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit. Mengonsumsi kopi hijau dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.

11. Meningkatkan Energi

Kandungan kafein dalam biji kopi hijau dapat meningkatkan energi dan kinerja atletik. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa efektif green coffee dalam meningkatkan energi.

12. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Senyawa klorogenat dalam kopi hijau bermanfaat dalam menjaga berat badan, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

13. Detoksifikasi

Biji kopi hijau memiliki efek detoksifikasi alami dan membantu membuang racun, lemak berlebih, dan kolesterol dari tubuh. Mengonsumsi kopi hijau dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit lebih sehat.

14. Menurunkan Kolesterol Jahat

Green coffee tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Asam klorogenat di dalamnya mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Penurunan kadar kolesterol LDL akan membuat jantung dan pembuluh darah lebih sehat serta mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit terkait kolesterol.

Itulah berbagai manfaat green coffee yang bisa Anda dapatkan. Namun, sebelum mencoba, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai dosis dan kemungkinan efek sampingnya.

Referensi

  1. Anonim. 2022. Carbs in Navitas Naturals Green Coffee Powder. https://www.carbmanager.com/food-detail/md:a6014e55af11d6fe76b0a8231fed1f79/green-coffee-powder. (Diakses 20 Desember 2022)
  2. Hill, Ansley. 2019. What Is Green Coffee? All You Need to Know. https://www.carbmanager.com/food-detail/md:a6014e55af11d6fe76b0a8231fed1f79/green-coffee-powder. (Diakses 20 Desember 2022)
  3. Leech, Joe. 2020. How does green coffee bean extract work? https://www.medicalnewstoday.com/articles/318611. (Diakses 20 Desember 2022)
  4. Levy, Jillian. 2017. Green Coffee Beans: Do Benefits Outweigh Risks of This Weight Loss Supplement? https://draxe.com/nutrition/green-coffee-bean/. (Diakses 20 Desember 2022)
  5. Tadimalla, Ravi T. 2022. 6 Powerful Ways Green Coffee Beans Can Benefit Your Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-green-coffee-beans-for-skin-hair-and-health/. (Diakses 20 Desember 2022)

About The Author

7 Cara Agar Bisa Cepat Tidur saat Gelisah

Cara Menurunkan Berat Badan 6 Kg dalam 3 Minggu