Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Spasminal – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Baca terus untuk mengetahui informasi tentang obat spasminal, termasuk harga, bentuk sediaan, indikasi, kontraindikasi, manfaat, dosis, dan efek samping.

  • Nama: Spasminal
  • Kelas Terapi: Analgesik dan Antimuskarinik
  • Monografi Obat: Alkaloid Beladona kombinasi

Bentuk Sediaan Spasminal

Obat spasminal tersedia dalam bentuk tablet. Simpan spasminal di tempat terlindung dari cahaya matahari pada suhu di bawah 30°C.

Kandungan Spasminal

Spasminal mengandung metampiron, papaverin hidroklorida, dan beladonna. Setiap tablet spasminal mengandung 500 mg metampiron, 25 mg papaverin hidroklorida, dan 10 mg ekstrak beladona.

Harga Obat Spasminal

Satu dos spasminal berisi 10 strip dengan masing-masing strip berisi 10 tablet. Harga satu tablet spasminal berkisar Rp700 hingga Rp1.000. Harga satu strip obat spasminal berkisar Rp7.000 sampai Rp10.000 dan satu dos berkisar Rp70.000 hingga Rp100.000. Survey harga secara online sebelum membeli.

Indikasi Spasminal

Gunakan spasminal untuk kolik abdomen, kolik ureter, dan nyeri akibat menstruasi. Tidak boleh digunakan pada pasien dengan glaukoma sudut sempit, ileus paralitik, miastenia gravis, stenosis pilorik, gangguan fungsi hati, tekanan darah rendah, ibu hamil, menyusui, hipersensitivitas terhadap bahan aktif spasminal.

Perhatian

Berhati-hatilah saat mengonsumsi spasminal. Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain. Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan spasminal pada anak-anak, lansia, penderita Down’s syndrome, infark miokard akut, hipertiroid, pireksia, GERD. Spasminal tidak dapat mengobati nyeri otot pada penderita rematik, lumbago, bursitis, flu, atau sakit punggung. Hindari pemakaian jangka panjang.

Manfaat Spasminal

Spasminal mengurangi nyeri otot dan mengatasi kolik dengan mengurangi motilitas usus. Manfaat spasminal adalah mengurangi gejala kolik.

Dosis Spasminal

Maksimal dosis spasminal bagi orang dewasa adalah 4 tablet sehari dalam dosis terbagi. Minum 1 tablet saat kolik dan 1 tablet lagi setelah 6 hingga 8 jam. Hentikan pemakaian jika nyeri hilang.

Efek Samping Spasminal

Spasminal dapat menyebabkan reaksi alergi, sulit buang air besar dan kecil, palpitasi, aritmia, takikardia, kebingungan pada lansia. Hentikan pemakaian jika mengalami efek samping tersebut dan konsultasikan dengan dokter.

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Spasminal. http://pionas.pom.go.id/obat/spasminal [diakses pada 5 Maret 2019]

About The Author

Kolagen: Manfaat, Sumber, Efek Samping

4 Jenis Patogen Berbahaya dan Cara Mencegahnya Masuk ke Tubuh