Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sound Healing, Terapi Musik yang Mengobati Masalah Fisik dan Mental

Myles Bannister

Sound healing adalah terapi yang menggunakan musik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan emosional. Terapi ini dilakukan antara pasien dengan praktisi terlatih. Terapi musik melibatkan beberapa langkah, termasuk mendengarkan musik, bernyanyi bersama musik, menari mengikuti irama musik, memainkan alat musik, dan bermeditasi. Penyembuhan dengan suara dipercaya berasal dari zaman Yunani kuno, ketika musik digunakan untuk menyembuhkan gangguan mental.

Penelitian telah mengaitkan musik dengan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat stres, hingga meningkatkan kesehatan bayi prematur.

Sound healing adalah terapi musik yang menggunakan berbagai aspek suara untuk meningkatkan kesehatan emosional dan fisik. Sesi terapi musik dilakukan satu lawan satu dengan praktisi yang terlatih. Sesi terapi mungkin melibatkan mendengarkan musik atau suara, menerapkan getaran menggunakan alat khusus, serta berpartisipasi dalam menyanyi, bergerak, atau memainkan alat musik. Terapi musik menggunakan berbagai instrumen, seperti gitar, piano, dan instrumen lainnya.

Terapi musik dapat digunakan untuk mengobati gejala dari sejumlah kondisi, termasuk depresi, gangguan kecemasan, gangguan stres pascatrauma, demensia, gangguan spektrum autisme dan kesulitan belajar, gangguan perilaku dan psikiatri, serta kanker. Manfaat lain dari sound healing meliputi mengurangi stres, mengurangi perubahan suasana hati, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan nyeri, menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan stroke, serta meningkatkan kualitas tidur.

Ada beberapa jenis terapi suara yang masing-masingnya memiliki manfaat yang berbeda, seperti meditasi terpandu, terapi musik neurologis, metode Bonny, Nordoff-Robbins, terapi garpu tala, dan entrainment gelombang otak. Setiap metode menyediakan pengalaman yang unik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Referensi

  1. Estrada, Jessica. 2020. 3 Ways to Bring Your Body Vibrational Balance Using Sound Healing Therapy. https://www.wellandgood.com/sound-healing/ (Diakses pada 30 November 2021)
  2. Martinez, Nate. 2021. What You Need To Know About Sound Healing. https://www.mindbodygreen.com/0-17515/what-you-need-to-know-about-sound-healing.html (Diakses pada 30 November 2021)
  3. Santos-Longhurst, Adrienne. 2020. The Uses and Benefits of Music Therapy. https://www.healthline.com/health/sound-healing#benefits (Diakses pada 30 November 2021)

About The Author

Tugas Penting Perawat di Rumah Sakit

Pantangan Amandel dan Tips Mengatasi Amandel