Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mengenal KonMari, Metode Merapikan Rumah yang Menyenangkan

Myles Bannister

Jika Anda kesulitan saat membereskan rumah, metode KonMari bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda! Mari ketahui aturan-aturan dalam menjalankan metode beres-beres rumah yang unik ini melalui ulasan berikut!

Apa itu Metode KonMari?

Metode KonMari adalah metode merapikan rumah yang pertama kali digagas oleh seorang ahli gaya hidup asal Jepang, Marie Kondo, pada tahun 2011 dalam buku best seller-nya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up.

Metode ini mengajarkan Anda untuk membereskan rumah dengan mendengarkan keinginan diri sendiri. Dengan demikian, aktivitas yang mungkin terasa “berat” ini dapat terasa lebih menyenangkan.

Teknik ini secara umum terdiri dari dua kegiatan inti, yaitu decluttering (menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi digunakan) dan organizing (mengatur kembali barang-barang yang Anda perlukan).

Cara Menerapkan Metode KonMari

Membereskan rumah sebenarnya membutuhkan teknik khusus agar sesuai dengan keinginan dan tujuan Anda. Oleh karena itu, Anda tidak bisa hanya melakukannya begitu saja.

Jika Anda belum tahu harus memulai dari mana, Anda dapat mencoba metode konmari dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Memiliki komitmen

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin membereskan rumah adalah memiliki komitmen. Jadikan aktivitas merapikan rumah sebagai prioritas utama yang harus segera dilakukan sehingga tidak ada alasan untuk menundanya.

Dengan memiliki niat dan tujuan yang jelas, Anda akan lebih mudah memperoleh energi dan motivasi untuk merapikan rumah.

Setelah menemukan motivasi, merapikan rumah dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan sehingga Anda tidak akan terlalu terbebani untuk melakukannya.

Selain itu, pastikan untuk tidak melakukan kerja setengah-setengah saat merapikan rumah. Metode ini tidak menyarankan tindakan tersebut karena hal tersebut akan mengganggu proses kebersihan yang Anda inginkan.

2. Bayangkan gaya hidup ideal

Aturan kedua adalah membayangkan gaya hidup ideal dari masing-masing anggota keluarga. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui apa yang membuat seluruh anggota keluarga merasa nyaman.

Pikirkan tentang jenis rumah yang ingin Anda tinggali dan bagaimana Anda ingin hidup di dalamnya. Gambarkan dengan detail gaya hidup ideal Anda.

Jika perlu, Anda bisa membuat sketsa gambar. Dengan begitu, kebersihan dan kerapian rumah bukan hanya menjadi angan-angan semata.

3. Pisahkan barang yang tidak diperlukan

Jika Anda menganggap membereskan rumah hanya tentang merapikan barang-barang, itu adalah pandangan yang salah. Ingatlah dua aturan utama dalam metode KonMari, yaitu decluttering dan organizing.

Jadi, sebelum mengatur lokasi barang-barang sesuai keinginan, utamakan untuk memisahkan barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

Fokuslah pada barang-barang yang masih berguna, tetapi buanglah barang-barang yang sudah tidak Anda butuhkan lagi dengan penuh rasa syukur.

Bagi sebagian orang, membuang barang tertentu mungkin sulit dilakukan. Namun, hal ini akan membantu Anda menetapkan prioritas dalam hidup.

Jika Anda melepaskan barang yang tidak pernah Anda gunakan, hal tersebut akan memberikan pemahaman bahwa Anda tidak memiliki tujuan seperti itu dalam hidup Anda.

4. Rapikan barang berdasarkan kategori

Setelah memilah barang-barang yang masih berguna dan yang tidak, saatnya Anda menyusun barang-barang Anda. Metode KonMari mengajarkan untuk menyusun barang-barang berdasarkan kategorinya, bukan lokasinya.

Memang benar bahwa Anda akan meletakkan jenis barang yang sama di beberapa tempat yang berbeda. Namun, hal ini hanya akan membuat Anda merepotkan diri sendiri.

Jika Anda merapikan setiap jenis barang secara terpisah di tempat yang berbeda, Anda akan mengulangi pekerjaan yang sama di banyak lokasi. Siklus ini tidak akan pernah berakhir.

Oleh karena itu, rapikan barang-barang berdasarkan kategori berikut:

  • Pakaian.
  • Buku.
  • Kertas.
  • Komono (barang-barang lain selain yang telah disebutkan dan barang-barang sentimental).
  • Barang-barang sentimental, yaitu barang-barang yang memiliki makna tersendiri dalam hidup Anda.

5. Lakukan sesuai urutan

Cara merapikan rumah secara efektif berikutnya menurut metode KonMari adalah dengan memperhatikan urutannya. Setelah mengelompokkan barang-barang berdasarkan kategorinya, lakukan kerapian sesuai dengan urutannya.

Anda bisa memulai dengan merapikan pakaian, lalu melanjutkan dengan buku, kertas, komono, dan terakhir barang-barang sentimental.

Selain membuat rumah terlihat rapi, cara ini juga dapat melatih kemampuan Anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

6. Spark joy

Bagi sebagian orang, konsep “jika membeli barang baru, maka singkirkan barang lama” mungkin sudah lumrah dilakukan. Namun, hal ini tidak berlaku dalam metode KonMari.

Pada metode ini, Anda akan mengenali setiap fungsi barang dan memahami apakah barang tersebut memberikan efek positif atau tidak.

Jika suatu barang dapat memicu kegembiraan (spark joy), maka barang tersebut layak untuk Anda simpan, meskipun barang tersebut mungkin sudah lama Anda miliki.

Melalui proses ini, Anda dapat mengidentifikasi dengan tepat apa yang Anda sukai dan apa yang Anda butuhkan.

Itulah penjelasan mengenai metode KonMari dan aturan-aturan di dalamnya. Jadi, jangan anggap remeh keterampilan merapikan rumah. Sebagai pemula, Anda dapat mencoba merapikan rumah dengan menerapkan metode ini. Semoga bermanfaat!

About The Author

Bahaya Radiasi HP dan Cara Mengurangi Dampaknya!

Campak – Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan & Pencegahan