Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Pemicu Benjolan Abnormal di Sekitar Kemaluan

Myles Bannister

Benjolan yang terjadi di sekitar kemaluan berbagai jenisnya mulai dari gangguan kulit hingga masalah serius. Untuk lebih mengenal benjolan yang terjadi di sekitar kemaluan, simak ulasan berikut.

Jerawat

Jerawat juga bisa muncul pada kemaluan. Jerawat pada vagina biasanya berwarna merah dan terasa sakit saat terkena gesekan. Jaga kebersihan vagina agar terhindar dari jerawat, selalu basuh hingga bersih setiap usai buang air dan ganti celana dalam setiap hari.

Fordyce spots

Fordyce spots umumnya muncul saat wanita hamil. Benjolan ini berupa bintik putih atau kekuningan. Mereka yang sedang hamil, puber, atau mulai tua biasanya mengalaminya.

Infeksi akibat luka

Infeksi dapat terjadi pada vagina atau penis akibat luka, misalnya saat mencukur rambut kemaluan. Segera obati luka agar mengering dan tidak terjadi infeksi. Gunakan obat oles agar benjolan tidak muncul dan menyebabkan infeksi parah.

Hati-hati saat mencukur rambut kemaluan agar tidak melukai area tersebut. Gunakan sabun atau pelicin untuk memudahkan proses pemotongan.

Varicosities

Varicosities adalah benjolan di sekitar vulva akibat pembuluh darah yang membengkak. Kondisi ini membuat wanita hamil merasa tidak nyaman. Varicosities biasanya hilang setelah persalinan.

Rambut yang gagal tumbuh

Rambut kemaluan dapat gagal tumbuh di bagian atas kemaluan atau disekitar skrotum. Jika terjadi gangguan seperti rambut yang tidak tumbuh, benjolan akan muncul dan terasa sakit saat terkena gesekan celana dalam. Jangan menekan atau mencabut benjolan tersebut, gunakan salep untuk mengurangi ketidaknyamanan. Benjolan akan hilang dengan sendirinya setelah kering.

Kutil kelamin

Kutil kelamin sering menyebabkan benjolan di kemaluan dan disebabkan oleh infeksi HPV. Infeksi ini dapat menyebabkan masalah lain dan beberapa strainnya bisa memicu kanker. Jika pernah terkena kutil kelamin, disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kista

Jika Anda sering duduk dalam waktu lama, berhati-hatilah dengan benjolan berupa kista yang bisa muncul pada vagina. Kista bisa membesar dan mengalami infeksi. Jika kista membuat Anda tidak nyaman atau merasakan sakit, segera periksakan ke dokter untuk pengangkatan.

Kanker

Kanker dapat terjadi di permukaan kemaluan seperti penis pada pria dan vulva pada wanita. Kanker akan menyebabkan sel yang tumbuh abnormal dan muncul benjolan yang terasa sakit. Beberapa benjolan juga dapat mengeluarkan darah. Jika muncul benjolan yang abnormal, segera periksakan ke dokter.

Infeksi penyakit seks

Infeksi penyakit menular seksual juga dapat menyebabkan benjolan pada kemaluan. Benjolan ini seringkali menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Selain

herpes, infeksi sifilis juga dapat menjadi pemicu benjolan dan harus segera ditangani.

Jika baru melakukan seks yang berisiko dan muncul benjolan yang abnormal dan terasa sakit, segera periksakan diri ke dokter.

Jadi, itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan benjolan terjadi di sekitar kemaluan. Pastikan Anda memperhatikan kemaluan dengan baik dan segera memeriksakan diri jika muncul benjolan yang tidak normal. Semoga informasi di atas bermanfaat.

About The Author

Gangguan Delusi: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Review: Manfaat Tanaman Alfalfa bagi Kesehatan