Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Sindrom Zollinger Ellison: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Obat

Myles Bannister

Sindrom Zollinger Ellison adalah masalah sistem pencernaan yang ditandai dengan adanya tumor di pankreas atau di duodenum. Tumor tersebut disebut gastrinoma.

Gastrinoma menghasilkan hormon gastrin yang merangsang produksi asam lambung berlebih. Ini dapat menyebabkan tukak lambung, diare, dan masalah pencernaan.

Sindrom Zollinger Ellison jarang terjadi, hanya 1 kejadian dari 1 juta orang. Namun, Sindrom Zollinger Ellison bisa menimbulkan komplikasi berbahaya dan dapat terjadi pada semua usia.

Penyebab Sindrom Zollinger Ellison belum diketahui secara pasti. Beberapa faktor risiko termasuk riwayat keluarga dan usia 30-50 tahun.

Gejala Sindrom Zollinger Ellison mirip dengan gejala tukak lambung. Gejala yang biasa terjadi termasuk sakit perut, perut kembung, sendawa, sensasi terbakar, mual, dan diare.

Diagnosis Sindrom Zollinger Ellison melibatkan pengecekan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, tes darah, endoskopi gastrointestinal bagian atas, dan tes pencitraan. Komplikasi Sindrom Zollinger Ellison dapat berupa penyakit kanker.

Pengobatan Sindrom Zollinger Ellison bertujuan untuk menurunkan kadar asam lambung yang berlebih dan menghilangkan tumor. Pengobatan meliputi obat inhibitor pompa proton dan tindakan untuk mengatasi tumor seperti embolisasi, obat tumor, kemoterapi, dan operasi.

  1. MayoClinic: Zollinger-Ellison Syndrome
  2. NIDDKGov: Zollinger-Ellison Syndrome
  3. NORD-ORG: Zollinger-Ellison Syndrome
  4. PancreasFoundation: ZOLLINGER-ELLISON SYNDROME/GASTRINOMA
  5. WebMD: What Is Zollinger-Ellison Syndrome?
  6. MedicalNewsToday: What is Zollinger-Ellison syndrome?

About The Author

5 Penyebab Bayi Cegukan dan Tips Mengatasinya