Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Rambutan untuk Kesehatan (Pria Wajib Baca)

Myles Bannister

Manfaat Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Kendati buah ini memiliki rasa manis dan kandungan getah yang berpotensi menimbulkan radang tenggorokan, namun hal tersebut tertutupi oleh melimpahnya khasiat rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini. Ini beberapa manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Rambutan memiliki kandungan vitamin C yang banyak, yakni mencapai 40 persen untuk setiap 100 gram-nya. Persentase ini setidaknya telah memenuhi 66% dari angka kebutuhan gizi harian yang disarankan.

Namun, vitamin C dalam rambutan juga memiliki manfaat untuk jantung. Penyakit jantung dapat dicegah dengan memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan.

2. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat rambutan juga bisa dirasakan oleh Anda yang mengalami gangguan fungsi ginjal. Rambutan memiliki kandungan fosfor yang berfungsi untuk menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan mineral pada rambutan berfungsi untuk menjaga agar ginjal dapat bekerja dengan baik.

3. Mengobati Morning Sickness Khusus Ibu Hamil

Morning sickness adalah gejala awam yang dialami oleh para ibu hamil berupa rasa pusing, mual, dan lemas. Mengonsumsi rambutan bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gejala morning sickness tersebut. Kandungan zat besi pada rambutan dapat membantu mengatasi rasa pusing, mual, dan letih yang dialami oleh para bumil.

4. Membentuk dan Menguatkan Tulang

Rambutan dapat membantu membentuk dan menguatkan tulang-tulang. Kandungan zat fosfor pada rambutan sangat baik untuk tulang. Sehingga, rambutan dapat menjadi pilihan buah yang cocok untuk membantu menguatkan tulang.

5. Mengatasi Hipertensi

Rambutan juga bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi hipertensi atau darah tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah menjadi normal.

6. Penambah Energi

Mengonsumsi rambutan dapat meningkatkan energi tubuh. Rambutan mengandung karbohidrat dan protein yang memang berfungsi untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

7. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan buah rambutan mencakup vitamin B yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, Anda dapat beraktivitas dengan semangat dan penuh tenaga.

8. Bisa Turunkan Berat Badan

Rambutan terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam rambutan dapat membantu melancarkan pencernaan serta memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

9. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C pada rambutan dapat menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan kolagen. Selain itu, biji rambutan juga dapat digunakan sebagai bahan masker untuk merawat kecantikan kulit.

10. Mencegah Kanker

Rambutan memiliki zat anti kanker yang dapat menghalau pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

11. Mengatasi Sembelit

Rambutan juga bisa mengatasi sembelit. Kandungan serat dalam rambutan dapat membantu melancarkan gerakan peristaltik yang berkaitan dengan proses pencernaan.

12. Mencegah Diabetes

Kulit rambutan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kali ini berkaitan dengan penyakit diabetes. Kandungan fenolik pada kulit rambutan mampu menurunkan kadar glukosa darah yang menjadi penyebab utama munculnya diabetes.

13. Meningkatkan Kualitas Sperma

Vitamin C pada rambutan dapat memengaruhi peningkatan jumlah dan kualitas sperma. Mengonsumsi rambutan secara rutin dapat mempercepat terjadinya kehamilan.

Kandungan Buah Rambutan

Buah rambutan memiliki kandungan zat bergizi yang banyak, rendah kalori, serta kaya akan serat sehingga sangat aman dan menyehatkan untuk tubuh. Setiap 100 gram buah rambutan mengandung 84 kalori, 28 persen zat besi, dan 40 persen vitamin C. Selain itu, kandungan rambutan juga terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak.

Rambutan dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mengobati penyakit, hingga meningkatkan kesuburan. Mengonsumsi rambutan secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik. Tetapi, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan asupan nutrisi lainnya juga. Semoga bermanfaat.

About The Author

Alprostadil: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

Apa itu MRI? Apakah memiliki fungsi dan efek samping?