Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Buah Alpukat (No. 5 Jarang Diketahui)

Myles Bannister

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan manfaat alpukat, tunggu 4-5 hari hingga alpukat matang. Jika ingin mempercepat kematangannya, masukkan ke dalam kantong plastik bersama dengan buah-buahan seperti apel atau pisang.

Warna hitam atau ungu gelap dan sedikit lembek saat ditekan menandakan buah alpukat yang sudah matang. Pada saat ini, alpukat sudah siap dikonsumsi.

Berikut adalah manfaat buah alpukat yang bisa Anda dapatkan:

1. Meningkatkan kolesterol baik

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Alpukat kaya akan sterol tumbuhan, vitamin, dan mineral seperti vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, dan seng. Kandungan potasium juga berkontribusi pada manfaat alpukat ini.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah alpukat terutama bagi orang dewasa adalah kesehatan yang lebih baik. Orang-orang yang mengonsumsi buah alpukat biasanya memiliki pola makan sehat dan diet rendah gula.

Hal ini berpengaruh pada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, indeks massa tubuh, dan sistem metabolisme tubuh. Manfaat alpukat juga mengurangi risiko diabetes.

3. Menjaga gula darah tetap stabil

Manfaat buah alpukat berikutnya adalah kemampuannya menstabilkan kadar gula darah dan membantu melawan resistensi insulin. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi setengah alpukat saat makan siang merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit setelahnya.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh pada buah alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung lebih baik daripada menurunkan asupan lemak. Pola makan dengan lemak tak jenuh tunggal mencegah sindrom metabolik dan masalah jantung serta stroke.

5. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat buah alpukat yang jarang diketahui adalah memperkuat rambut. Campurkan alpukat yang sudah dikupas dengan jojoba oil, lalu oleskan ke rambut setelah dicuci. Tutup kepala dengan shower cap selama 15-30 menit, lalu bilas bersih.

6. Mencegah kanker

Manfaat buah alpukat dikaitkan dengan kemampuannya membantu mencegah kanker. Alpukat mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit dan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

7. Meringankan gejala arthritis

Ekstrak alpukat dan minyak kedelai yang disebut Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) dapat mengurangi osteoartritis. Campuran kedua bahan ini mengurangi rasa sakit dan memiliki efek positif pada osteoarthritis.

8. Membantu menurunkan berat badan

Alpukat membuat rasa kenyang lebih lama. Memasukkannya dalam pola makan membantu makan lebih sedikit kalori secara alami dan memudahkan untuk tetap berpegang pada kebiasaan makan yang sehat. Kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat rendah pada alpukat juga membantu penurunan berat badan.

9. Meningkatkan fungsi kognitif

Alpukat meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua. Konsumsi alpukat meningkatkan kadar lutein dan kemampuan memori.

10. Membantu perkembangan otak janin

Alpukat sangat berperan dalam perkembangan otak janin karena kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemah jenuh nabati. Asam folat pada alpukat juga penting untuk produksi sel baru dan mengurangi risiko cacat lahir.

11. Menjaga kesehatan mata

Alpukat mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang meningkatkan kesehatan mata serta menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula pada usia lanjut.

12. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Alpukat menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, meningkatkan bakteri sehat, dan mengurangi bakteri tidak sehat. Lemak pada alpukat juga menyehatkan lapisan usus dan mengurangi sembelit serta gejala sindrom iritasi usus besar.

13. Membantu menyerap nutrisi

Menambahkan alpukat atau minyak alpukat pada salad dapat meningkatkan penyerapan antioksidan. Sumber lemak sehat seperti alpukat meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat. Rutinlah mengonsumsi alpukat untuk mendapatkan khasiatnya.

About The Author

12 Sumber Protein Terbaik untuk Membentuk Otot

Mengenal Albumin, Protein Utama dalam Darah