Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Berbagai Jenis Minuman Keras dan Kadar Alkoholnya

Myles Bannister

Alkohol adalah bahan aktif utama dalam minuman populer seperti bir, wine, dan liquors. Semua minuman ini mengandung alkohol dengan kadar yang berbeda-beda. Berikut penjelasan mengenai kadar alkohol dalam minuman keras:

Minuman Keras dan Kandungan Alkoholnya

Minuman keras, minuman suling, atau spirit adalah minuman beralkohol yang mengandung etanol yang dihasilkan dari penyulingan. Etanol diproduksi melalui fermentasi biji-bijian, buah, atau sayuran.

Berikut ini jenis minuman keras yang umum di pasaran:

1. Bir

Bir adalah minuman beralkohol yang paling populer di dunia. Biasanya, bir memiliki ABV (alcohol by volume) antara 4% hingga 6%. Namun, ada beberapa bir dengan konsentrasi alkohol yang lebih tinggi atau lebih rendah.

2. Wine

Seperti bir, wine (anggur merah) adalah minuman keras yang populer di seluruh dunia. Kadar alkohol dalam wine umumnya kurang dari 14%. Namun, sparkling wine seperti champagne memiliki kandungan alkohol sekitar 10% hingga 12%.

Beberapa jenis wine seperti Port, Madeira, Marsala, Vermouth, dan Sherry memiliki ABV sekitar 20%.

3. Brandy

Brandy adalah anggur suling yang berasal dari Belanda. Selain dari anggur, minuman ini juga bisa dibuat dari buah seperti apel atau plum. Kadar alkoholnya biasanya berkisar dari 40% hingga 60%.

4. Rum

Rum dibuat dengan memfermentasi dan menyuling tetes tebu atau sari tebu. Minuman ini memiliki rasa manis dan pedas. Kandungan alkohol di dalamnya biasanya berkisar antara 40% hingga 75%.

5. Gin

Gin dibuat dengan menciptakan neutral spirit yang kemudian disuling dengan penambahan tumbuhan seperti biji-bijian, beri, rempah-rempah, atau akar.

Kadar alkohol dalam gin umumnya sekitar 40%.

6. Wiski

Whiskey atau wiski dibuat dari biji-bijian yang difermentasi, biasanya menggunakan barley, jagung, rye, atau wheat. Wiski biasanya memiliki kandungan alkohol 40% hingga 68%.

7. Vodka

Vodka dibuat dari neutral spirit. Minuman ini biasanya tidak berasa. Vodka umumnya memiliki kandungan alkohol 40% atau lebih.

8. Tequila

Tequila adalah jenis mezcal yang terbuat dari tanaman agave. Konsentrasi alkohol tequila biasanya sekitar 40% hingga 55%.

9. Absinthe

Absinthe adalah minuman keras yang terbuat dari daun dan rempah-rempah. Minuman ini memiliki konsentrasi alkohol sekitar 40% hingga 90%.

10. Everclear

Everclear adalah minuman beralkohol dengan kandungan alkohol yang tinggi. ABV minimumnya 60%, tetapi ada yang mencapai 75,5% hingga 95%.

Demikianlah berbagai jenis minuman keras yang perlu diketahui. Penting untuk dipahami bahwa semua jenis minuman beralkohol dapat menimbulkan masalah kesehatan dan penurunan kesadaran. Apabila Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami kecanduan terhadap minuman beralkohol, segera konsultasikan pada tenaga medis profesional untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Referensi

  1. Anonim. Types of Alcohol Guide: Different Types of Liquor & Spirits. https://home.binwise.com/guides/types-of-alcohol. (Diakses pada 22 Oktober 2021).
  2. Yerby, Nathan. 2021. Types Of Alcohol. https://www.alcoholrehabguide.org/alcohol/types/. (Diakses pada 22 Oktober 2021).

About The Author

Teknik Menahan Kencing pada Wanita untuk Dapatkan Orgasme

Mitos dan Fakta Larangan Saat Haid