Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Air Purifier: Mengurangi Gejala Asma hingga Mengusir Nyamuk

Myles Bannister

Udara di dalam rumah yang tidak sehat seringkali disebabkan oleh ventilasi yang buruk. Hal ini menyebabkan konsentrasi debu dan partikel berbahaya lebih tinggi di dalam rumah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini, selain meningkatkan ventilasi, adalah dengan menggunakan air purifier. Apa saja manfaat air purifier bagi kesehatan? Berikut penjelasannya:

Apa Itu Air Purifier?

Sebuah air purifier adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan udara. Alat ini bekerja dengan menjebak kontaminan-kontaminan di udara, seperti debu, jamur, tungau, atau bau bahan kimia. Namun, efektivitas air purifier tergantung pada teknologi pembersih udara yang digunakan.

Seseorang mungkin membeli air purifier dengan harapan mendapatkan udara yang lebih bersih dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat Air Purifier

Sebelum membahas manfaat air purifier, penting untuk diketahui bahwa meskipun dapat memberikan udara yang lebih sehat di dalam rumah, alat ini belum tentu dapat menyembuhkan penyakit. Bukti medis yang mendukung manfaat air purifier masih terbatas. Sulit untuk memisahkan pengaruh udara di dalam rumah dengan faktor lingkungan dan genetik dalam pengobatan penyakit.

Berikut adalah beberapa manfaat air purifier bagi kesehatan:

1. Mengurangi Gejala Asma

Banyak orang tidak menyadari bahwa pemicu asma dapat ditemukan di dalam rumah. Debu, karbon monoksida, pembersih rumah tangga, cat, kosmetik, parfum, dan hairsprays adalah beberapa pemicu asma yang mungkin ada di dalam rumah. Jika tidak dihilangkan dari udara di dalam rumah, partikel-partikel ini dapat menyebabkan gejala asma, termasuk mengi.

Partikel-partikel kecil di udara dapat memiliki dampak yang besar bagi penderita asma. Oleh karena itu, penggunaan air purifier yang mampu menyaring partikel-partikel tersebut sangatlah penting dalam pengobatan asma.

Penggunaan filter udara HEPA juga dapat mengurangi polusi udara di dalam ruangan dan mengurangi risiko terkena asma atau memicu serangan asma.

2. Menghilangkan Alergen

Ketika Anda menghirup debu, serbuk sari, atau bau dari hewan peliharaan, tubuh Anda bereaksi dengan memproduksi IgE, yaitu antibodi yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan zat yang dianggap sebagai ancaman. Manfaat air purifier adalah dapat menghilangkan beberapa alergen tersebut.

3. Memerangkap Asap Rokok dan Mencegah Penyakit Paru-Paru

Menghirup asap rokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis dan penyakit jantung. Efek samping lain dari asap rokok termasuk infeksi telinga, asma, radang paru-paru, dan bronkitis.

Paparan terhadap asap rokok juga berbahaya bagi perokok pasif, terutama anak-anak yang memiliki tingkat pernapasan yang lebih tinggi dan orang lanjut usia yang berisiko terkena demensia.

Untuk mengatasi berbagai masalah ini, fungsi air purifier adalah menghilangkan asap rokok menggunakan filter HEPA dan karbon aktif. Filter HEPA dapat menyaring partikel asap rokok yang berukuran 0,3 mikron, sedangkan ukuran partikel asap rokok berkisar antara 4 hingga 0,01 mikron.

4. Menangkap Partikel Asbes dan Mencegah Pengembangan Mesothelioma

Asbes adalah mineral yang sering digunakan dalam produk sehari-hari, terutama dalam bahan bangunan. Asbes dapat menyebabkan mesothelioma, kanker paru-paru yang sangat berbahaya. Untuk mencegah penyakit ini, Anda perlu mengganti produk yang mengandung asbes dengan bahan yang lebih aman dan menggunakan air purifier.

5. Menghilangkan Gas Radon

Menghirup gas radon dapat menyebabkan perkembangan kanker paru-paru. Gas ini dihasilkan dari kombinasi uranium alami di tanah, batu, dan air. Gas radon dapat masuk ke dalam rumah melalui celah di lantai dan dinding, serta celah di sekitar pipa dan saluran udara.

Untuk mengurangi tingkat radon di dalam rumah, ada beberapa rekomendasi, seperti menyegel retakan di dinding dan lantai, meningkatkan ventilasi, atau menggunakan air purifier.

6. Mengurangi Alergi

Manfaat air purifier berikutnya adalah kemampuannya untuk mengurangi gejala alergi. Tingkat alergi dan asma yang tinggi sering terjadi di daerah yang dekat dengan jalan raya. Polutan yang ada di daerah tersebut meliputi ozon, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, dan partikel diesel.

Selain menggunakan air purifier, penting juga untuk memiliki ventilasi yang baik di rumah untuk mengurangi polusi dalam dan luar ruangan.

7. Mengurangi Kadar Karbon Dioksida

Menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida merupakan siklus alami bagi tubuh. Namun, jika Anda terkurung dalam ruangan tanpa sirkulasi udara yang cukup, Anda dapat menghirup terlalu banyak karbon dioksida, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Manfaat air purifier adalah mengurangi dan mencegah dampak negatif yang diakibatkan oleh karbon dioksida.

8. Melindungi Anak, Lansia, dan Orang Sakit Kronis dari Penyakit Pernapasan

Orang yang paling terpengaruh oleh polutan di dalam rumah adalah mereka yang menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, seperti anak-anak, orang lanjut usia, dan orang dengan penyakit kronis, terutama yang berhubungan dengan sistem pernapasan atau kardiovaskular. Manfaat air purifier adalah dapat menghilangkan sebagian besar partikel berbahaya di udara, sehingga mengurangi risiko perkembangan atau memburuknya penyakit mereka.

9. Mengusir Nyamuk

Penggunaan semprotan serangga seringkali mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Alternatif yang lebih aman adalah menggunakan air purifier yang dapat mengusir serangga, termasuk nyamuk. Selain itu, penggunaan air purifier juga dapat mengurangi risiko penularan malaria.

Itulah beberapa manfaat air purifier bagi kesehatan. Namun, klaim-klaim tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Air Purifier

Setelah mengetahui berbagai manfaat air purifier, penting untuk memilih air purifier yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa aspek teknis yang harus diperhatikan saat memilih adalah:

Cubic Feet per Minute (CFM)

CFM memberikan gambaran tentang kinerja air purifier dalam menghilangkan polutan di udara. Semakin tinggi tingkat CFM, semakin efisien air purifier dalam membersihkan udara.

Tingkat Kebisingan

Ketika memilih air purifier, penting untuk memperhatikan tingkat kebisingan yang dihasilkan. Beberapa orang mungkin tidak menyukai suara yang bising, terutama saat tidur. Pilihlah air purifier dengan tingkat kebisingan yang rendah jika Anda membutuhkan suasana yang tenang.

Clean Air Delivery Rate (CADR)

CADR mengukur kemampuan filter udara untuk mengurangi partikel asap, debu, dan serbuk sari dengan ukuran antara 0,10 hingga 11 mikron.

Kategori lain yang perlu dipertimbangkan adalah konsumsi energi, masa pakai filter, biaya penggantian filter, dan emisi ozon.

Referensi

  1. Anonim. WHAT IS AN AIR PURIFIER? https://www.rabbitair.com/pages/what-is-an-air-purifier. (Diakses pada 20 April 2020).
  2. Miller, Jen. 2020. 15 Health Benefits of Air Purifiers, According to Science (+8 Tips for Choosing the Right Air Purifier) https://www.jenreviews.com/air-purifier/. (Diakses pada 20 April 2020).

About The Author

Kriteria Sperma Sehat dan Kemampuannya Bertahan di Luar Vagina

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting? Ini Aturannya