Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

13 Cara Merawat Rambut Kering yang Wajib Diketahui Wanita

Myles Bannister

Cara Merawat Rambut Kering yang Mudah dan Praktis

Perawatan rambut kering bisa disebabkan oleh penggunaan produk rambut yang keras, sering mencuci rambut, penggunaan alat pengatur rambut dan catok, pewarnaan rambut, dan kekurangan gizi.

Rambut kering membuat wanita tidak percaya diri karena rambut menjadi sulit diatur dan bermasalah. Rambut menjadi kering karena kulit kepala tidak menghasilkan cukup minyak untuk melembapkan rambut. Hal ini semakin terjadi seiring bertambahnya usia.

Berikut adalah beberapa cara merawat rambut kering:

1. Sampo

Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Gunakan sampo khusus untuk perawatan rambut rusak dan kering.

Hindari keramas setiap hari, keramaslah 2 hari sekali. Jika rambut kotor karena aktivitas di luar ruangan, keramas setiap hari diperbolehkan. Gunakan juga kondisioner untuk menjaga kelembapan rambut.

2. Vitamin rambut

Gunakan vitamin rambut untuk memberikan nutrisi pada rambut. Pilih vitamin rambut yang sesuai dengan kondisi kerusakan rambut.

Gunakan vitamin rambut yang mengandung vitamin E dan B3 untuk rambut dengan kulit kepala kering. Gunakan vitamin rambut yang mengandung vitamin C untuk rambut kasar dan bercabang. Gunakan vitamin rambut yang mengandung biotin untuk rambut rontok.

3. Peralatan rambut

Hindari penggunaan hair dryer. Jika ingin rambut cepat kering, gunakan kipas angin. Gunakan catokan dengan bijak untuk menghindari kerusakan rambut.

Batasi penggunaan peralatan rambut yang bisa membuat rambut kering.

4. Sisir

Menyisir rambut dengan perlahan untuk menghindari kerusakan rambut. Gunakan sisir dengan jarak kerenggangan yang besar untuk memudahkan menyisir rambut.

5. Pewarna rambut

Pilih pewarna rambut yang aman dan tidak merusak rambut. Baca aturan pemakaian dan keamanan penggunaan di kemasan produk dengan seksama.

Lakukan uji tempel pada kulit sebelum menggunakan pewarna rambut. Jika timbul gatal atau gejala aneh, jangan menggunakan pewarna rambut.

6. Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak zaitun melembutkan, mempertahankan kelembapan, dan memperkuat batang rambut.

Selain minyak zaitun, gunakan minyak esensial lain seperti minyak kelapa dan minyak almond untuk membuat rambut mengilap dan lembut. Minyak esensial lavender membantu mengatasi ketombe dan menyehatkan rambut.

Caranya, oleskan minyak ke rambut, tutup kepala dengan handuk atau shower cap, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

7. Telur

Gunakan telur untuk merawat rambut kering. Telur mengandung lesitin yang membantu memperbaiki dan menguatkan rambut.

Caranya, campur telur, minyak zaitun, dan madu. Aduk hingga rata. Oleskan ke kulit kepala dengan rambut yang sedikit basah. Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit, kemudian keramas. Lakukan ini seminggu sekali.

10. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin A, E, dan lemak jenuh yang memperbaiki rambut rusak dan menguatkan batang rambut.

Lumatkan alpukat matang dan tambahkan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke rambut setelah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan ini seminggu sekali.

11. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang baik untuk merawat rambut kering.

Campur gel lidah buaya dan minyak kelapa. Oleskan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan semalaman. Pagi harinya, bilas dengan sampo. Lakukan ini seminggu sekali.

12. Gunakan penutup kepala

Gunakan topi saat terpapar sinar matahari. Gunakan penutup kepala untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam di laut atau kolam renang.

13. Potong ujung rambut

Potong ujung rambut secara teratur untuk menjaga kesehatan rambut. Lakukan ini setiap dua hingga tiga bulan.

Itulah beberapa cara merawat rambut kering. Selamat mencoba!

Itulah beberapa cara merawat rambut kering. Selamat mencoba!

About The Author

Siapa yang Hidup Lebih Lama, Orang Kaya atau Orang Miskin?

Obimin AF: Informasi Tentang Manfaat, Dosis, dan Efek Samping