Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

13 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat dan Alami!

Myles Bannister

Mata panda atau dark circle sangat mengganggu penampilan. Mata panda membuat wajah terlihat lelah dan tidak segar. Terkadang make up pun tidak bisa menjadi solusi untuk menutupinya. Yuk, ketahui penyebab munculnya mata panda dan cara menghilangkannya berikut ini!

Penyebab Mata Panda

Mata panda tidak terbentuk begitu saja, tapi ada banyak faktor yang mungkin memengaruhinya. Penyebab mata panda dapat berbeda-beda. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari munculnya mata panda:

1. Keturunan

Mata panda dapat muncul karena faktor genetik atau keturunan. Terdapat kondisi di mana mata panda muncul di usia muda lalu hilang seiring berjalannya waktu. Namun ada juga yang semakin terlihat jelas. Penyebab ini membuat mata panda lebih sulit dihilangkan.

2. Kondisi Kesehatan Tertentu

Mata panda juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Salah satunya adalah gangguan tiroid yang bisa membuat bagian bawah mata menghitam. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mata panda.

3. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari berlebihan juga bisa menjadi penyebab mata panda. Sinar matahari menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit dengan meningkatkan produksi melanin. Kulit menjadi lebih gelap, termasuk bagian bawah mata.

4. Ketegangan Mata

Ketegangan pada mata bisa disebabkan oleh melihat layar ponsel, televisi, atau komputer terlalu lama. Mata yang menegang membuat pembuluh darah di sekitar mata membesar dan memicu terbentuknya dark circle.

5. Cara Membersihkan Wajah yang Salah

Penyebab mata panda lainnya adalah cara membersihkan wajah yang salah. Menggosok wajah terlalu keras di bagian bawah mata bisa membuat mata menghitam dan keriput. Bagian bawah mata sensitif, sehingga harus dibersihkan dengan lembut.

6. Penuaan

Mata panda bisa menjadi tanda penuaan. Usia bertambah, produksi kolagen berkurang, elastisitas kulit berkurang, dan kulit menipis sehingga terbentuklah mata panda.

7. Pola Tidur yang Salah

Mata panda berhubungan dengan pola tidur seseorang. Terlalu banyak atau bahkan kurang tidur bisa memicu mata panda. Tubuh yang terlalu lelah membuat kulit kusam dan bagian bawah mata menghitam.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Cara menghilangkan mata panda harus disesuaikan dengan penyebabnya. Setelah mengetahui penyebab, baru bisa menemukan cara menghilangkan mata panda dengan cepat. Menghilangkan mata panda juga bisa dengan cara alami. Berikut adalah cara mengatasi mata panda secara alami:

1. Teh Celup

Gunakan 2 kantung teh hijau celup. Simpan teh celup yang sudah direndam selama 5 menit di lemari es selama kurang lebih 20 menit, lalu tempelkan kantong di bawah mata selama 15-20 menit.

2. Mentimun

Mentimun memberi efek menyegarkan dan bisa menjadi pilihan cara menghilangkan mata panda. Gunakan dua irisan mentimun yang sudah didinginkan, tempatkan pada kantung mata selama 15 menit.

3. Sendok Dingin

Gunakan sendok yang sudah didinginkan. Letakkan sendok dingin pada kedua kantung mata Anda selama sekitar 10 menit, lalu tepuk-tepuk perlahan mata Anda.

4. Minyak Zaitun

Oleskan minyak zaitun di bagian bawah mata setiap sebelum tidur. Minyak zaitun merawat kulit, membantu menghilangkan mata panda, dan meratakan warna kulit di bawah mata.

5. Tomat

Gunakan irisan tomat dingin di bawah mata selama 15 hingga 30 menit setiap hari.

6. Minyak Almond

Gunakan minyak almond untuk menghilangkan mata panda. Oleskan minyak almond di bagian bawah mata untuk meningkatkan kelembapan kulit.

7. Air Mawar

Gunakan air mawar untuk menghilangkan mata panda. Rendam kapas dalam air mawar selama sekitar 3 menit, gunakan kapas untuk mengompres bagian bawah mata menggunakan air mawar tersebut dalam keadaan mata tertutup. Biarkan selama 15 menit.

8. Minyak Kelapa

Gunakan minyak kelapa di bagian bawah mata setiap malam sebelum tidur. Minyak kelapa melembabkan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

9. Aloe Vera

Pakai gel lidah buaya untuk mengatasi mata panda. Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan melembapkan kulit.

10. Krim Alpukat

Gunakan krim alpukat untuk menghilangkan mata panda dan membuat kulit kencang. Campurkan 3 irisan alpukat dengan 5 tetes minyak almond, oleskan pada kulit di bawah mata, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

11. Kentang

Gunakan kentang untuk menghilangkan mata panda. Parut kentang, oleskan pasta pada mata panda Anda, biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

12. Telur dan Lemon

Campurkan satu putih telur dengan 3-5 tetes air lemon, rendam bola kapas dalam campuran tersebut, lalu oleskan pada mata panda Anda, biarkan selama 10 menit, cuci wajah dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.

13. Perbaiki Pola Tidur

Perbaiki pola tidur Anda untuk menghilangkan mata panda. Hindari begadang karena bisa menyebabkan mata panda dalam waktu singkat.

Itu dia beberapa cara menghilangkan mata panda dengan cepat dan alami. Lakukan cara-cara di atas secara konsisten untuk hasil yang maksimal. Jika tidak berhasil, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya mata panda.

Referensi

  1. Anonim. Top 10 Causes of Dark, Under-Eye Circles And What You Can Do about Them. Diakses 13 September 2019.
  2. Anonim. 5 Natural Home Remedies to Remove Dark Circles. Diakses 13 September 2019.
  3. Dossantos, Nicole. 2017. 7 Ways to Get Rid of Dark Circles Under Your Eyes. Diakses 13 September 2019.
  4. Frothingham, Scott. 2018. Removing Dark Circles Under Eyes for Men. Diakses 13 September 2019.
  5. Jillee. 2018. How To Get Rid Of Those Dark Circles Under Your Eyes. Diakses 13 September 2019.
  6. Ojha, Somya. 2018. Everyday Habits That Cause Dark Circles Under Your Eyes. Diakses 13 September 2019.

About The Author

Parosmia: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Memahami Dopamine Detox, Puasa dari Hal yang Menyebabkan Kecanduan