Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

13 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan (Aman)

Myles Bannister

Seorang wanita yang baru melahirkan biasanya ingin tahu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Mengapa perhatian terfokus pada ukuran perut? Karena walaupun bayi sudah lahir, bentuk perut masih seperti ketika sedang hamil.

Penyebab Perut Tetap Besar Pasca Melahirkan

Normal jika perut tetap besar setelah melahirkan. Hal ini terjadi karena ukuran perut membesar selama kehamilan sesuai dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Setelah melahirkan, perut tidak langsung mengecil begitu bayi dilahirkan. Perlu waktu bagi perut untuk beradaptasi dari ukuran yang besar dan secara bertahap mengecil.

Selain itu, seluruh sel dalam tubuh cenderung membesar dan membengkak, termasuk tangan, perut, dan kaki. Ini adalah perubahan normal setelah melahirkan.

Berapa Lama Ukuran Perut Kembali Normal?

Waktu yang diperlukan untuk tubuh pulih setelah melahirkan bervariasi tiap wanita.

Rahim akan mengecil dan kembali ke kondisi sebelum hamil setelah melahirkan. Proses ini memerlukan waktu sekitar 6-8 minggu yang dipengaruhi oleh perubahan hormonal.

Mengembalikan ukuran perut setelah melahirkan tidak bisa dilakukan dengan cepat. Dibutuhkan beberapa minggu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Kecepatan pengecilan perut setelah melahirkan tergantung pada faktor-faktor berikut:

  • Bentuk dan ukuran tubuh sebelum hamil
  • Kenaikan berat badan selama kehamilan
  • Genetika
  • Aktivitas fisik pasca melahirkan

Mengenali Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Perlu diketahui bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk pulih setelah hamil, terutama perut. Beberapa pakar merekomendasikan menunggu 6 minggu sebelum memulai program mengecilkan perut jika melahirkan normal tanpa komplikasi, atau menunggu 8 minggu jika melahirkan dengan operasi sesar.

Berikut beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang dapat dicoba:

1. Waktu Tidur yang Cukup

Mendapatkan tidur yang cukup terlihat mudah, tetapi sulit dilakukan ketika baru melahirkan. Upayakan untuk berbagi tugas dengan pasangan agar Anda dapat mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tidur yang berkualitas berhubungan dengan kesehatan jangka panjang karena tidur memengaruhi hormon dalam tubuh. Tidur yang cukup juga membantu menjaga berat badan sehat dan membantu penurunan berat badan.

2. Menyusui Bayi

Menyusui adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan membangun hubungan dengan bayi. Pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan, menyusui dapat membantu penurunan berat badan.

3. Mengontrol Stres

Tingkat stres yang rendah dapat membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan. Ketika stres muncul, cobalah untuk menutup mata dan bernapas dalam-dalam beberapa kali, diikuti dengan bernapas sambil menggerakkan tubuh seolah-olah menarik tulang rusuk ke dalam dan mengeluarkan napas selama 6-8 detik.

4. Menjaga Tubuh Tetap Aktif

Olahraga dapat membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Pilih jenis olahraga yang tidak terlalu menguras energi dan fokus pada postur tubuh yang baik sepanjang hari.

Memperkuat otot core sangat penting untuk meratakan perut. Gerakan plank dan variasinya dapat membantu memperkuat otot core tubuh. Sertakan perut saat melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Asupan yang Sehat

Makan makanan yang sehat dapat membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah:

  • Sereal tinggi serat untuk menjaga pencernaan tetap lancar
  • Sebanyak mungkin sayur dan buah
  • Oatmeal
  • Yogurt rendah lemak dengan tambahan granola atau buah kering

6. Membatasi Asupan Gula

Mengurangi asupan gula dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di perut. Cobalah untuk meningkatkan asupan protein dan sayuran karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Tetap Terhidrasi

Asupan cairan penting untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Kehilangan cairan dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, kelemahan, dan kelelahan.

8. Mengurangi Konsumsi Kafein

Konsumsi minuman berkafein dapat meningkatkan dehidrasi. Itu sebabnya sebaiknya mengurangi kafein setelah melahirkan.

9. Hindari Minuman Berkalori Tinggi

Hindari minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda, minuman berenergi, minuman kopi berbasis susu, dan minuman beralkohol.

10. Meningkatkan Asupan Protein

Protein membantu memperbaiki dan membangun otot, dan juga membuat Anda kenyang lebih lama. Mengonsumsi protein berkualitas tinggi dapat membantu mengurangi lemak perut.

11. Membatasi Karbohidrat Olahan

Membatasi karbohidrat olahan dapat membantu mengurangi lemak di sekitar perut. Batasi konsumsi roti putih dan pasta.

12. Meningkatkan Asupan Asam Lemak tak Jenuh Tunggal

Meningkatkan asupan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi berat badan. Asam lemak tak jenuh tunggal banyak ditemukan dalam minyak zaitun, minyak kedelai, kanola, alpukat, kacang, dan minyak wijen.

13. Makan Lebih Lambat

Makan dengan perlahan membantu otak memberikan sinyal kenyang, sehingga Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori. Makan dengan cepat juga dapat menyebabkan masukan udara berlebih dan perut kembung.

Apakah Harus Menggunakan Korset Setelah Melahirkan?

Beberapa wanita memilih menggunakan korset untuk mengikat perut dalam waktu yang lama agar ukuran perut yang besar bisa disembunyikan.

Penggunaan korset boleh-boleh saja, tetapi tidak boleh berlebihan. Hindari penggunaan korset yang terlalu ketat dan pasangkan di bagian bawah perut agar tidak menekan dinding perut.

Kesimpulannya, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Fletcher, Jenna. 2019. 18 ways to get a flat stomach. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324636#cardio. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  2. Lewis, Rhona. 2019. Saying Adieu to Your Postpartum Belly (but Celebrating It, Too). https://www.healthline.com/health/womens-health/postpartum-belly#losing-belly-weight. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  3. Rennie, Kelly. 2020. How To Lose Belly Fat After Giving Birth – 7 Effective Tips. https://www.bellybelly.com.au/post-natal/how-to-lose-belly-fat-after-having-a-baby/. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  4. Ziel, Erica. 2019. Fastest Way to a Flat Stomach After Pregnancy. https://www.livestrong.com/article/182655-fastest-way-to-a-flat-stomach-after-pregnancy/. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  5. Anonim. 2018. Why To Wear A Postpartum Girdle?. https://www.pregworld.org/why-to-wear-a-postpartum-girdle/. (Diakses pada 2 Juni 2023)

About The Author

10 Cara Mengatasi Rasa Haus saat Puasa Ramadan

Gaya Berhubungan Intim: dari yang Biasa Hingga ‘Menantang’!