Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

13 Cara Mengatasi Bersin (Medis & Herbal)

Myles Bannister

Sedang mencari cara mengatasi bersin? Bersin adalah situasi yang dialami semua orang, terutama saat flu atau terpapar debu. Bersin adalah respons alami tubuh terhadap pemicu tertentu. Bersin terus-menerus sangat menjengkelkan. Simak cara mengatasi kondisi ini!

Penyebab Bersin-Bersin

Bukan tanpa alasan mengapa Anda bersin. Bersin disebabkan oleh beberapa faktor. Mengetahui penyebab bersin menjadi penting karena berkaitan dengan cara mengatasi bersin tersebut.

Penyebab bersin yang umum adalah:

  • Infeksi virus atau bakteri (flu, sinusitis)
  • Reaksi alergi
  • Paparan cahaya terang
  • Udara kering
  • Olahraga berlebihan
  • Penggunaan obat-obatan (pil KB, anti-depresan, dekongestan nasal)

Cara Mengatasi Bersin Terus-Menerus

Bersin memberikan rasa lega, tapi juga mengganggu jika terjadi terus-menerus. Berikut beberapa tips mengatasi bersin terus-menerus:

1. Vitamin C

Vitamin C membantu mengatasi bersin akibat infeksi virus atau bakteri seperti flu dan sinusitis. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh sehingga virus dan bakteri penyebab flu dapat diatasi.

Vitamin C efektif melawan infeksi virus flu menurut Journal of Pharmacy and Pharmacology. Pastikan mengonsumsi cukup vitamin C untuk mempercepat penyembuhan bersin.

2. Antihistamin

Jika bersin disebabkan reaksi alergi seperti debu atau serbuk sari, konsumsi obat antihistamin membantu meredakan gejala alergi termasuk bersin. Beberapa jenis antihistamin yang diresepkan yaitu loratadine dan cetirizine.

3. Menghindari Paparan Cahaya Terang

Orang dengan bersin fotik bersin ketika terpapar cahaya terang seperti sinar matahari. Hindari paparan cahaya terang dengan menggunakan payung atau kacamata hitam saat di luar ruangan.

4. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara seperti debu, asap rokok, dan asap kendaraan dapat menyebabkan bersin. Hindari paparan polusi udara dengan menggunakan masker hidung. Ini tidak hanya mengatasi bersin, tapi juga mencegah masalah kesehatan seperti asma dan kanker paru-paru.

5. Spray Khusus Hidung

Penyebab bersin dapat berupa benda asing di hidung. Menggunakan spray khusus hidung membantu membersihkan hidung dan menghentikan bersin. Semprotkan cairan capsaicin ke hidung, namun konsultasikan ke dokter mengenai penggunaan cairan ini.

6. “Menggaruk” Langit-Langit Mulut

Menggaruk langit-langit mulut dengan lidah membantu mengatasi bersin yang mengganggu selama 5-10 detik.

7. Berbicara

Mitos yang beredar mengatakan bahwa berbicara dapat mengalihkan keinginan untuk bersin. Namun, ini belum didukung oleh bukti ilmiah. Konsultasikan pada dokter mengenai cara ini.

8. Mencubit Hidung

Mencubit hidung dapat mengatasi bersin yang mengganggu. Cubit bagian pangkal hidung antara kedua mata.

9. Mengurangi Intensitas Olahraga

Jika Anda bersin saat berolahraga, kurangi intensitas atau pilih olahraga yang ringan. Istirahat sebelum bersin semakin parah.

Cara Mengatasi Bersin dengan Bahan-Bahan Herbal

Selain cara di atas, bersin dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Berikut beberapa bahan herbal yang bisa mengatasi bersin:

1. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat antihistamin yang dapat mengatasi bersin akibat alergi. Minum teh chamomile secara rutin untuk menurunkan kadar histamin dalam tubuh.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat antibiotik dan dapat melawan infeksi virus penyebab flu. Hirup aroma bawang putih untuk meredakan bersin.

3. Jahe

Jahe mengandung senyawa gingerol yang efektif melawan virus penyebab flu. Konsumsi teh jahe atau hirup aromanya untuk mengatasi bersin.

4. Madu

Madu mengandung zat antibakteri yang membantu meredakan bersin akibat infeksi. Konsumsi madu 3 kali sehari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah bersin kembali.

Tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bahan herbal untuk mengatasi bersin. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh!

Referensi

  1. Kim, H. et al. (2015). Red ginseng and vitamin C increase immune cell activity and decrease lung inflammation induced by influenza A virus/H1N1 infection. Journal of Pharmacy and Pharmacology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/jphp.12529?referrer_access_token=POAd9SQBaxQJK_UQOSE49Yta6bR2k8jH0KrdpFOxC66Fa1kqNt4DEow2m9j_viwKyRlJUGu1MXYkw42OL-IJbDdbQIY4_-8pbWHmf9hbSkF88OKILEmMEsmbTNNG8cN5XAd60wFQFhDLV-bWVwKMsg%3D%3D (diakses pada 26 Agustus 2019)
  2. Fletcher, J. (2018, March 24). What to do when you can’t stop sneezing. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321305.php (diakses pada 26 Agustus 2019)
  3. O’Keefe Osborn, C. (2017). How to Stop Sneezing. Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-sneezing#1 (diakses pada 26 Agustus 2019)

About The Author

14 Buah untuk Bayi yang Aman Dikonsumsi

14 Manfaat Berhenti Merokok bagi Kesehatan